30
Mar

Yuk Ketahui 5 Material Genteng Yang Sering Digunakan

Yuk Ketahui 5 Material Genteng Yang Sering Digunakan

6 Masalah Dengan Atap Genteng Beton Dan Tanah Liat | RenovRumah

Kontraktor JogjaKamu harus bisa memilih genting mana yang sesuai dengan kebutuhan. Pasalnya, beberapa varian genting menawarkan ketahanan yang bisa mencapai 100 tahun bahkan lebih. Tetapi, varian lain memiliki keunggulan tampilan yang menarik namun umurnya relatif lebih singkat. Untuk itulah kamu harus mengetahui genting seperti apa yang benar-benar hunian butuhkan. Yuk Ketahui 5 Material Genteng Yang Sering Digunakan

 

1. Genteng Tanah Liat

Genteng clay atau tanah liat adalah jenis genteng yang umum digunakan di Indonesia. Dulu, bentuk dan warna genteng tanah liat sangat terbatas sehingga memberikan kesan kuno dan membosankan. Namun, kini genteng tanah liat diproduksi dengan berbagai model dan warna yang modern. Jadi, jangan khawatir, karena pilihan jenis genteng ini akan tetap cocok untuk rumah minimalis Anda.

Bobotnya juga tak berat, lebih kuat, dan tahan api. Sayangnya, ketahanan dan kecantikan eksterior jenis genteng ini masih bergantung terhadap cara pemasangannya. Kalau memasangnya tidak benar, genteng ini mudah bocor dan warnanya mudah memudar.

2. Genteng Keramik

Keramik biasanya memang dijadikan bahan membuat tatakan meja atau lantai, tapi kali ini juga dapat jadi opsi genteng rumah Anda. Dengan komposisi warna yang unik atau selaras, Anda dapat membuat ‘topi’ rumah lebih menarik.

Ini lebih cocok untuk Anda yang punya rumah cukup tinggi atau beberapa lantai. Bahan ini dapat membantu menahan terjangan sinar panas matahari. Alhasil rumah tidak akan begitu panas , meskipun sangat terik di luar sana.

3. Genteng Metal

Genteng ini terbuat dari lembaran metal yang di-press membentuk pola seperti genteng. Jenis genteng ini tentunya sangat ringan dan menghemat struktur hunian. Selain cocok dengan tampilan minimalis rumah Anda, jenis genteng metal ini juga tahan lama. Kekurangan dari jenis genteng ini adalah materialnya yang mudah menyerap panas dan berisik saat terkena hujan. Nah, jika tak ingin permukaan genteng menjadi mengkilap, menyerap panas, dan berisik, Anda tak perlu khawatir dan urung memilih genteng metal. Tinggal pilih yang sesuai untuk rumah Anda.

READ  7 Desain Rooftop Kece, Jadi Solusi Hunian Terbatas!

4. Genteng Kaca

Anda bisa memasangnya di dapur, misalnya genteng kaca sangat cocok untuk rumah minimalis karena rumah pun jadi lebih terang dan tampak luas. Satu lagi, Anda juga bisa menghemat listrik. Genteng tak hanya berfungsi sebagai penutup hunian, tapi juga memberikan karakteristik sendiri untuk rumahnya.

5. Genteng Kanopi Baja Ringan

Jika Anda memiliki ruang terbuka ekstra di sekitar rumah yang mau dijadikan sebagai tempat bersantai, penggunaan genteng ini juga banyak oleh orang Indonesia. Selain harga murah, ketahanan dan pilihan warna yang unik bisa jadi opsi.

Jangan lupa untuk menimbang segi keindahan dan budget yang anda miliki ya. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.