19
Okt

Untung Mana Pakai Genteng Keramik atau Genteng Aspal

Untung Mana Pakai Genteng Keramik atau Genteng Aspal

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Sewaktu membangun rumah, tentunya genteng harus diperhatikan kualitasnya. Pemilihan genteng sangat penting dan harus tepat mulai dari bentuk konstruksi hingga pemilihan material. Hal tersebut bertujuan untuk melindungi kita beserta keluarga dari pengaruh kondisi alam dan bermacam bahaya. Apabila salah dalam memilih genteng dan tidak mengetahui jenis yang tepat untuk atap rumah maka akan berakibat sering bocor dan tidak bisa menghantar suhu dengan baik, hal tersebut akan mengganggu kenyamanan. Banyak sekali jenis genteng yang tersedia, harga genteng pun beragam. Supaya tidak salah dalam memilih genteng yang tepat untuk konstruksi atap rumah, berikut ini jenis-jenis genteng supaya lebih bijak sebelum membeli dan tidak menyesal di kemudian hari.Untung mana pakai genteng keramik atau genteng aspal? mari simak artikelnya.

Genteng Keramik

Jenis ini sangat populer di gunakan oleh masyarakat, terutama pada masyarakat di pulau Jawa.  Genteng ini dibuat dengan bahan baku tanah liat yang di cetak dan dipress, setelah itu dibakar di atas suhu 1200 derajat celcius.

Kelebihan: Jika dibandingkan dengan bitumen, harga genteng keramik cenderung lebih murah, karena bahan bakunya masih banyak ditemukan di dalam negeri.

Kekurangan : Genteng jenis ini sangatlah berat, per meter persegi genteng keramik memiliki bobot mencapai 40 kg. Hal ini tentu sangat berpengaruh kepada umur bangunan, karena semakin berat bobot atap rumah. Maka rangka atap harus semakin kuat, kalau tidak akan berbahaya pada konstruksi bangunan.

Genteng Aspal

Kendati dinamakan genteng aspal, bukan berarti genteng ini menggunakan bahan material aspal 100 persen. dalam proses pembuatannya, genteng jenis ini juga menggunakan bubuk kertas, serat organic dan resin.

Kekurangan

Dibandikan dengan genteng keramik, genteng jenis ini lebih mahal. Per meter peseginya bisa mencapai Rp 100 ribu hingga Rp 150 ribu.

Kelebihan

Berat genteng jenis ini cukup ringan per meter seginya memiliki bobot 40 kg, sangat berbeda jauh dengan genteng keramik. Karena genteng ini ringan maka tidak harus ditopang oleh struktur rangka yang kuat sehingga dapat menekan biaya produksi pembuatan rumah.

Selain itu jenis genteng ini juga memiliki model dan warna yang sangat bervaritif, mudah diaplikasikan untuk berbagai model atap dan tahan lama.