30
Okt

Trik Pemisah Antar Ruang Selain dengan Dinding

Trik Pemisah Antar Ruang Selain dengan Dinding

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Mungkin kamu juga kadang kebingungan bagaimana cara membagi ruangan seefektif mungkin dengan tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Sebenarnya, pembatas permanen berupa tembok bukanlah sebuah solusi dalam memiliki rumah ini; lebih baik dihindari. Penggunaan pembatas tembok malah akan menyusahkan kamu mengatur tata letak ruangan karena rumah telah terpartisi secara permanen. Berikut ini trik pemisah antar ruang selain dengan dinding.

Perbedaan Tinggi Lantai

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah melakukan perbedaan tinggi pada lantai. Misal, antara ruang keluarga dan ruang makan terdapat satu anak tangga untuk membedakan fungsi antar ruang ini. Cara ini sangat “halus” dan tidak akan mengorbankan luas dari ruang rumah Anda.

Gunakan Partisi

Pisahkan antar ruang Anda dengan menggunakan partisi. Partisi ini dapat berupa rak penyimpanan terbuka dengan celah-celah di antara kolomnya, pot-pot tanaman gantung, tirai putih atau potongan kayu yang didesain secara vertikal atau horizontal. Meskipun dipisah oleh partisi, pemilik rumah masih dapat mendapatkan akses visual ke ruang sampingnya.

Perbedaan Material Lantai

Trik lainnya adalah mainkan material lantai Anda. Anda bisa gunakan material yang benar-benar berbeda atau hanya pada motif dan warnanya saja. Adanya perbedaan tersebut secara tidak sadar akan mempengaruhi isyarat visual seseorang, yang menunjukkan bahwa ada yang berbeda dan akhirnya berakhir di ruang lain.

Perbedaan Tinggi Plafon

Selain pada lantai, Anda juga bisa mainkan plafon untuk mempengaruhi visual seseorang. Anda bisa menciptakan divisi antar ruang melalui permainan langit-langit yang tinggi dan lewat pencahayaan. Misal, ruang makan dibuat lebih tinggi plafonnya dibanding ruang keluarga. Dengan begitu, secara psikis orang akan merasa ruang makan lebih luas dibanding ruang keluarga. Padahal, sama saja.

READ  Tips Meletakkan Cermin di Rumah

Furnitur sebagai Pemisah Antar Ruang

Inilah trik yang paling mudah diantara trik lainnya dan paling sering digunakan oleh para pemilik rumah. Ya, furnitur misal lemari besar menjadi “alat” paling ampuh untuk memisahkan antar ruang. Pasalnya, furnitur ini memilki rangkap fungsi. Selain sebagai pemisah antar ruang tetapi juga menjadi tempat penyimpanan benda-benda.