30
Apr

Trik Memilih Cermin Untuk Ruangan

TRIK MEMILIH CERMIN UNTUK RUANGAN

ARSITEK INDO KONTRAKTOR | Dalam pemilihan cermin pada rumah anda, anda harus memerhatikan bebrapa hal. Karena jika anda salah dalam memilih cermin tersebut anda akan tampak tidak cocok dengan ruangan anda. Pada informasi di bawah ini akan di bahas mengenai bagaimana trik memilih cermin untuk ruangan yang sesuai. mari simak ulasan di bawah ini. Selamat Membaca !

Tentukan Ukuran Cermin Sesuai Kebutuhan

Besar kecilnya ukuran cermin yang harus Anda pilih tergantung pada konsep dan desain rumah Anda. Jika Anda merupakan penggemar rumah berdesain minimalis, ada baiknya untuk memilih cermin berukuran sedang hingga besar yang ditempatkan di ruang utama untuk membuat kesan ruangan yang tampak lebih besar dan megah. Bila rumah Anda sudah memiliki area yang relatif luas, percantik ruangan di rumah Anda dengan cermin hias berukuran sedang.

Supaya mendapat cermin dengan ukuran tepat, Anda dianjurkan mengukur area yang akan dipasangi cermin sebelum membeli atau memesannya. Tidak ada salahnya juga untuk mengukur area cermin dua kali untuk memastikan ukuran cermin Anda sesuai kebutuhan agar tidak perlu repot-repot mengembalikan barangnya jika ternyata tidak pas ketika dipasang.

Baca Juga : Tips Membersihkan Cermin

Pilih Warna Bingkai Cermin yang Selaras dengan Ornamen di Sekitar Ruangan

Ketika memilih cermin sebagai dekorasi ruangan, Anda harus mempertimbangkan faktor keselarasan dengan benda-benda yang ada di sekitarnya, misalnya dinding, meja, atau ornamen lain yang diletakkan di area cermin. Pemilihan warna bingkai cermin yang selaras dengan benda-benda di sekitarnya akan menciptakan harmoni yang sedap dipandang mata.

Agar lebih aman dan cocok dengan segala macam konsep, Anda dapat memilih bingkai cermin berwarna natural seperti hitam, cokelat, atau silver.

Pilih Bentuk dan Gaya Cermin yang Mempertegas Konsep Rumah Anda

Bentuk dan gaya pada cermin juga turut menyumbang peran dalam menciptakan karakter pada rumah Anda. Jika Anda pecinta desain vintage, cermin antik berbentuk oval yang memiliki ornamen pada bingkainya dapat Anda pilih sebagai elemen untuk menciptakan kesan klasik pada ruangan. Sebaliknya, jika Anda lebih menyukai konsep desain kontemporer, cara paling tepat untuk mempertegas desain tersebut adalah dengan meletakkan cermin berbentuk lingkaran maupun segi empat di ruang utama rumah.

Pilih Cermin Sesuai Kebutuhan Ruangan

Cermin yang Anda letakkan di ruang utama tentunya berbeda bukan dengan cermin rias atua cermin kamar mandi Anda? Untuk itu, Anda perlu menyesuaikan cermin sesuai dengan tempat dan kebutuhannya.

Cermin rias lazim diletakkan di kamar seseorang. Ukuran cermin rias pun bervariasi, ada yang berukuran setengah badan, ada pula cermin yang dapat membantu kita melihat tampilan seluruh tubuh. Ketika memilih cermin rias besar yang diletakkan di sudut ruangan, kita harus mengetahui ukuran kamar kita agar cermin tersebut tidak membuat kamar terlihat semakin sempit.

Jika ukuran kamar cenderung minimalis, cermin dinding berbentuk oval maupun segi empat merupakan pilihan terbaik.

Bagaimana dengan cermin kamar mandi? Meskipun hanya diletakkan di kamar mandi, bukan berarti pemilihannya pun bisa dilakukan sembarangan. Karena diletakkan di tempat lembab, pastikan cermin dapat dibersihkan dengan mudah dari noda atau uap air. Hal yang sama pun berlaku saat memilih cermin wastafel.

Perawatan adalah hal utama yang menentukan daya tahan sebuah benda, termasuk cermin. Sifatnya yang mudah pecah membuat kita harus ekstra hati-hati ketika meletakkan ataupun membersihkannya. Berikut ini ada beberapa kiat yang dapat diterapkan dalam merawat cermin di rumah Anda agar awet dan tetap berkilau ketika dipajang di ruangan.

Baca Juga : Membuat Ruang Tamu Minimalis

Bersihkan Cermin dari Debu Setiap Hari

Cermin sangat rawan dihinggapi berbagai macam kotoran dan debu. Itulah sebabnya kita dianjurkan untuk membersihkannya secara teratur. Salah satu caranya adalah dengan rutin membersihkan debu dari cermin menggunakan kemoceng atau lap kering, terutama pada cermin hias yang biasa diletakkan di ruang tamu atau ruang keluarga.

Karena cermin di ruang tamu berada di ruangan yang sering dilewati dan dilihat orang, wajib hukumnya untuk menjaga cermin agar selalu bersih dan berkilau. Setidaknya, bersihkan cermin menggunakan kemoceng atau lap kering setiap harinya agar cermin tampak kinclong.