17
Okt

Tips Untuk Memilih Jasa Desain Rumah Profesional

Tips Untuk Memilih Jasa Desain Rumah Profesional

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Apabila Anda hendak membangun rumah atau bangunan lainnya, baik untuk keperluan pribadi maupun bisnis, tentunya sangat bijaksana bila Anda mempekerjakan seorang arsitek berpengalaman untuk membantu Anda. Tidak hanya bangunan Anda akan tampak lebih bagus, arsitek dapat membantu Anda dalam mewujudkan bangunan yang berfungsi dengan baik dan efisien, menghindarkan Anda dari masalah-masalah yang tidak Anda inginkan di kemudian hari. Bangunan adalah sebuah investasi jangka panjang karena biaya pembuatannya yang tidak murah. Bahkan tidak jarang, rumah yang hendak Anda bangun akan Anda tinggali seumur hidup. Dampak yang Anda rasakan akan sangat panjang. Biasanya rata-rata biaya desain arsitek hanya lebih kurang 5% dari total Rencana Anggaran Biaya (RAB) rumah Anda, sebuah investasi kecil yang sangat layak untuk mendapatkan kualitas rumah yang jauh lebih besar nilainya. Berikut ini tips untuk memilih jasa desain rumah profesional.

1. Gunakan Jasa Desain Profesional

Bekerja dengan seorang profesional adalah pilihan tepat jika anda tidak ingin direpotkan dengan berbagai hal sepele. Selain itu, biasanya seorang profesional desainer juga akan memberikan hasil yang maksimal dan sesuai dengan apa yang kita harapkan.

Mereka juga cenderung bisa membantu kita untuk mempermudah dalam memilih gaya desain yang praktikal, mengaplikasikan ide, dan handal dalam penawaran harga.

2. Lihat Hasil Kerjanya

Sedapat mungkin, cari contoh hasil karya desainer tersebut sebelum memutuskan untuk menggunakan jasanya.

Kebanyakan para penyedia layanan jasa desain rumah memiliki ciri khas masing-masing dalam mengolah ide desain. Bila memiliki situs, kita bisa melihat contoh hasil karya desainer tersebut di dalam situs mereka. Atau bila tidak, kita dapat menghubungi dan menanyakan bila ada brosur atau portfolio yang dapat kita lihat sebagai contoh. Dengan mengetahui dan melihat langsung desain-desain contoh yang ada akan memudahkan kita dalam memilih jenis desain yang kita inginkan.

Selain itu, penyedia jasa juga akan lebih mudah dalam menterjemahkan ide yang kita miliki apabila terdapat contoh-contoh yang mungkin sesuai dengan apa yang tergambar di otak kita.

3. Perhatikan testimoni

Pada umumnya, penyedia jasa desain rumah akan mendapatkan feedback atau testimoni dari orang-orang yang pernah menggunakan jasanya. Perhatikan dengan seksama dan cobalah mencari tahu beberapa informasi dari orang-orang yang pernah menggunakan jasa penyedia desain rumah untuk mengetahui secara pasti tingkat kepuasan yang mereka dapatkan.

Walaupun tidak bisa dijadikan sebagai tolak ukur, namun testimoni merupakan salah satu bagian penting dari pertimbangan yang kita lakukan sebelum memutuskan menggunakan jasa seseorang atau profesional untuk menangani desain rumah yang kita inginkan.

4. Lakukan pertemuan

Agar lebih yakin, kita bisa melakukan pertemuan untuk mengetahui sejauh mana penyedia jasa bisa menangkap ide-ide yang kita miliki, termasuk juga bagaimana mereka merespon dan menuangkan ide tersebut diatas kertas.

Hal tersebut sangat penting mengingat beberapa orang memiliki perspektif yang berbeda dalam menangkap sebuah ide. Selain itu, dengan bertemu langsung dan bertatap muka dengan para profesional yang menyediakan jasa desain rumah, akan memberikan kita kesempatan untuk menilai sejauh mana kita memiliki kecocokan dengan orang tersebut apabila bekerja sama di kemudian hari.

Bila terdapat kendala dalam hal komunikasi, kemungkinan besar desain rumah yang kita rencanakan akan menjadi sebuah pekerjaan yang lama atau sebaliknya menjadi kurang menyenangkan.

5. Cek harga yang ditawarkan

Setiap penyedia jasa desain rumah biasanya mematok tarif yang berbeda-beda untuk layanan yang mereka tawarkan. Ada banyak faktor yang melatarbelakangi perbedaan harga tersebut.

Walau demikian, penting bagi anda untuk mengetahui perkiraan harga yang akan dipatok untuk jasa desain rumah yang kita inginkan, sehingga kita bisa mengantisipasi biaya yang harus dikeluarkan.

6. Sesuaikan dengan keahlian

Seorang arsitek terkadang memiliki keahlian tersendiri. Ada beberapa arsitek yang sangat ahli dalam mendesain eksterior sebuah rumah namun memiliki kelemahan ketika mendesain interior. Ada pula para profesional yang mengkhususkan diri dalam menerima tipe proyek tertentu, misalnya: rumah tinggal dan apartemen, perkantoran, desain interior, pertamanan, sarana hiburan, dsb.

Jadi, sebisa mungkin pastikan anda memilih seorang arsitek yang bidang keahliannya sesuai dengan kebutuhanmu.

7. Estimasi waktu

Faktor waktu merupakan faktor yang harus dipertimbangkan saat memilih penyedia jasa desain rumah. Anda tentu perlu tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh mereka untuk menyelesaikan proyek desain rumah anda. Dengan demikian, hal ini akan memudahkan kita dalam merencanakan segala sesuatu yang berhubungan dengan pelaksanaan proyek, dari tahap awal konsep desain hingga pelaksanaan pembangunan proyek tersebut.

8. Ketersediaan revisi

Jangan lupa menanyakan kontinuitas dari pekerjaan yang sudah berjalan. Apakah tersedia waktu untuk revisi. berapa biaya tambahan apabila terdapat revisi, dan lain-lain. Hal ini cukup penting, karena pada umumnya akan terjadi perubahan dari ide desain awal, misalnya karena adanya masukan-masukan yang baik untuk diterapkan. Demikian beberapa tips dalam mempertimbangkan keputusan untuk menggunakan jasa desain rumah. Anda tidak perlu merasa terburu-buru dalam mengambil keputusan. Dan jangan ragu-ragu untuk bertanya apabila ada hal yang kurang jelas, supaya tidak menyesal di kemudian hari.