05
Mei

Tips Untuk Membuat Ruang Baca yang Nyaman

Tips Untuk Membuat Ruang Baca yang Nyaman

ARSITEK INDO KONTRAKTOR | Anda memiliki hobi membaca tetapi belum memiliki ruangan khusus untuk membaca?. Ruang khusus baca harus memiliki kriteria, ,misalnya adanya cahaya yang cukup untuk membaca. Nah pada artikel di bawah ini akan di bahas mengenai tips membuat runag baca yang nyaman. Mau tahu apa saja ? Selamat membaca !

1. Pilih Tempat yang Terkena Cahaya Matahari Langsung dan Berjendela

Source: pinterest.com

Coba bikin pojok bacamu di tempat yang dekat dengan jendela sehingga ada cahaya matahari langsung.

Cahaya matahari akan membuat reading corner-mu terasa terang dan luas. Sinar matahari juga membuatmu merasa nyaman.

Kalau takut kepanasan, kamu nggak perlu menempatkan pojok baca itu di bawah jendela langsung, tapi bisa berseberangan saja. Atau jika terlalu silau, kamu bisa tambahkan gorden putih yang ringan.

Selain untuk mendapatkan cahaya, kamu juga bisa melihat pemandangan di luar terutama saat hujan, malam hari, atau saat matahari terbenam di mana langit terlihat sangat indah.

Baca Juga : Pemakaian Kaca Untuk Kamar Mandi

2. Pakai Banyak Bantal

Source: sneakpeakdesign.com

Bantal akan menimbulkan rasa nyaman bagi ruang dudukmu. Kamu bisa pakai berbagai macam ukuran dan bentuk bantal untuk memiliki pojok baca yang nyaman.

Jangan cuman taruh satu bantal, kecuali kamu duduk di sofa yang hanya muat satu bantal.

Lalu, jika pojok bacamu berwarna netral seperti putih atau beige, kamu bisa memilih bantal yang bercorak dan colorful.

Kalau pojok bacamu berupa bangku panjang, kamu bisa bikin bantal sepanjang bangku untuk dijadikan alas duduk agar terasa lebih nyaman.

Selain itu kamu bisa juga pakai bantal-bantal tersebut untuk kamu dudukin, sandarin, atau hanya kamu taruh di sisi kanan kiri untuk membuat dudukmu terasa lebih nyaman.

3. Pakai Selimut

Source: pinterest.com

Membaca sambil selimutan itu enak banget, kan? Rasanya hangat terutama ketika kita mendekati musim hujan seperti sekarang ini.

Coba sediakan selimut di pojok bacamu. Kamu bisa memasang selimut itu untuk dekorasi sofa dan kursi pojok bacamu, atau kamu bisa sampirkan saja di kepala kursi atau sofa.

Coba cari corak yang nyaman dilihat mata. Pilih warna yang gelap atau warna netral dengan motif yang tidak ribet dan masih selaras dengan warna dari hiasan atau furnitur pojok bacamu.

Kalau mau, kamu bisa pakai selimut rajut ataupun yang berbahan lembut namun agak tebal, karena akan terasa nyaman banget.

Baca Juga : Membersihkan Noda Cat Pada Kaca

4. Pakai Karpet Tebal

Source: pinterest.com

Kalau kamu duduk di kursi atau sofa, sering kali kakimu akan kamu taruh di lantai, kan? Agar kakimu tetap nyaman dan berasa hangat, pakai karpet aja di bawahnya.

Pilih bahan karpet yang tebal dan fluffy. Pakai warna yang lembut dan memberikan kesan tenang dan nyaman seperti warna pastel, cokelat, warna biru, ungu tua dan merah tua.

Kamu bisa juga pakai karpet bercorak kalau pojok bacamu memiliki tema bohemian.

Source: pinterest.com

Kamu bisa juga pakai karpet yang sangat tebal sebagai pengganti kursi, kalau lebih suka pojok baca bergaya lesehan.

Letakkan karpet tebal ini di pojok ruangan, lalu pasang saja bantal-bantal sebagai sandaran. Opsi tambahan, gunakan kanopi dari kain dan gantung di atas area karpet bacamu sehingga terasa lebih intimate walaupun tidak ada kursinya.

Baca Juga : Membuat Ruang Tamu Minimalis

5. Pakai Kursi yang Nyaman

Source: pinterest.com

Ada beberapa kursi pilihan yang kamu bisa pilih untuk reading corner. Jika reading corner-mu berada di bawah jendela, kamu bisa pakai bangku panjang custom made yang dibikin sepanjang lebar jendela.

Selain itu, kamu juga bisa pakai kursi biasa ataupun sofa yang nyaman. Pastikan kursi itu cukup besar dan nyaman, dengan dudukan yang empuk namun tetap menjaga postur tubuhmu.

Kalau bisa, kursinya memiliki extension juga agar kakimu bisa selonjor ketika membaca.

Source: pinterest.com

Kalau mau kursi yang ringan kamu bisa juga pakai kursi rotan. Taruh bantal besar di bagian duduknya agar kamu tidak kesakitan ketika duduk berlama-lama.

Kalau kamu mau pilihan yang lebih playful, kamu bisa pakai kursi gantung maupun bean bag.

Jangan lupa taruh meja dan lampu baca di samping kursi ya, boleh pake meja kopi kecil kok untuk menaruh air minummu selama kamu lagi baca. Stay hydrated!

6. Beri Dekorasi Artsy

Source: pinterest.com

Agar kamu makin betah di pojok bacamu, kamu harus menghiasnya. Coba pasang berbagai hiasan dinding maupun hiasan dekorasi artsy lainnya yang kamu suka.

Jadikan pojok bacamu sebagai escape space-mu. Buat seindah dan senyaman mungkin dengan dekorasi favoritmu.

Kamu bisa saja mengecat pojok bacamu dengan warna yang lain dari ruangan rumah atau kamarmu. Pilih warna yang membuat kamu merasa tenang. Lalu pajang foto-foto, art prints, peta, lukisan dan dekorasi lain di dinding.

Kamu bisa juga beri dekorasi lain seperti patung kecil, miniatur, hingga lampu tumblr dan sebagainya di meja atau rak buku. Bikin ruangan itu semenarik mungkin!

Baca Juga : Kelebihan Dan Kekurangan Memasang Karpet Pada Tangga

7. Dekat dengan Rak Buku

Source: pinterest.com

Lebih baik lagi kalau kamu menempatkan pojok bacamu di samping atau di depan rak bukumu agar kamu tidak kesulitan dalam meraih buku. Buku juga akan menimbulkan suasana yang hangat layaknya perpustakaan.

Untuk tempat baca di bawah jendela, kamu bisa bangun rak buku di bawah bangkumu ataupun mengapit kanan kiri jendelamu. Bikin bangku itu jadi perabotan multifungsi dengan menjadikanya rak buku.

Kalau kamu ternyata pembaca kindle atau perangkat e-book lain, coba tumpuk buku dan majalahmu yang ada di rumah, dan taruh di dekat kursi baca sehingga tetap kelihatan itu tempat membaca buku, walaupun kamu membaca e-book.

Selain itu, buku bisa menjadi dekorasi tersendiri terutama jika diatur dengan rapi berdasarkan warna, ataupun jika kamu memiliki banyak koleksi buku vintage yang akan membuat ruanganmu berasa hangat dan klasik.