kontraktor jogja
04
Apr

Tips Rumah Sejuk Tanpa AC

kontraktor jogjaTIPS RUMAH SEJUK TANPA AC

Kontraktor Jogja – Jika kita akan membuat ruangan rumah kita saejuk, pasti yang pertama kali terlintas adalah dengan penambahan AC bukan? Lantas bagaimana jika rumah tanpa AC? Anda bisa juga loh mendesain rumah yang sejuk tanpa AC, mengingat AC tidak baik untuk kesehatan si penghuni rumah, kami Kontraktor Jogja akan memberikan beberapa ulasan mengenai tips rumah sejuk tanpa AC.

Cara Mendesain Rumah Sejuk Tanpa AC

Penggunaan air conditioning yang berlebihan tidak hanya membuat biaya listrik menjadi lebih besar dari sebelumnya, namun juga sebenarnya tidak baik bagi lingkungan. Sudah bukan rahasia umum lagi jika air conditioning akan mengeluarkan zat berbahaya yang dapat merusak lapisan ozon dan juga pemasan global. Untuk itu penggunaannya harus lebih ditekan lagi. Akan tetapi jika tidak menggunakan penghawaan buatan, rumah akan terasa begitu panas pada siang hari. Lalu apa yang dapat Anda lakukan untuk membuat ruangan dingin tanpa AC? Apakah hal tersebut memungkinkan atau tidak? Jawabannya tentu saja iya! Berikut ini adalah beberapa tips dan trik membuat ruangan dingin tanpa ac yang dapat Anda lakukan, simak!

  1. Tutup tirai

Menutup tirai atau bisa juga berupa gordyn merupakan salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga suhu udara di dalam ruangan. Sebab dengan penggunaan tirai, maka jumlah cahaya yang masuk ke dalam akan tersaring secara perlahan. Maka dari itu suhu udara di dalam ruangan tidak akan mengalami perubahan secara signifikan. Terdapat macam-macam gorden rumah dan beberapa jenis tirai jendela yang dapat Anda gunakan sesuai dengan jenis dan modelnya.

  1. Menggunakan kipas angin

Jika dibandingkan dengan air conditioning, penggunaan listrik yang dikonsumsi oleh kipas angin masih jauh lebih rendah. Maka dari itu, penggunaannya masih dianjurkan untuk membuat udara di dalam ruangan tetap dingin. Agar lebih sejuk lagi, Anda juga dapat meletakkan semangkuk es dingin dihadapan kipas angin. Dengan bantuannya, udara sejuk akan menyebar di dalam ruangan secara perlahan.

Ada juga yang berpendapat untuk memutarkan kipas angin berlawanan dengan arah jarum jam. Konon putaran yang berlawanan ini dianggap akan menghasilkan udara yang terasa jauh lebih dingin.

  1. Mengganti seprai kamar tidur

Tips lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengganti seprai kamar atau ruang tamu Anda. Bahan tekstil berupa lembaran flannel dan selimut bulu merupakan jenis material terbaik yang memiliki sifat isolasi. Sedangkan bahan kapas akan memungkinkan untuk menjaga permukaan kain lebih dingin dan segar.

  1. Fokus pada suhu tubuh

Zaman dahulu kala sebelum teknologi kipas angin dan air conditioning diciptakan, orang-orang masih dapat bertahan hidup dari teriknya sinar matahari. Rahasia dari hal ini adalah dengan banyak-banyak meninum minuman dingin dan segar untuk membuat tubuh serasa lebih bugar. Anda juga dapat mengenakan baju yang bertekstur lebih sejuk supaya keringat yang dihasilkan bisa terserap dengan baik.

  1. Menggunakan exhaust fan

Tidak semua ruangan memiliki bukaan seperti jendela, contohnya adalah kamar mandi. Untuk memberikan penghawaan tambahan pada ruang ini, maka Anda perlu memasangkan exhaust fan. Benda ini dapat membantu menarik udara panas dan menggantikannya dengan udara yang lebih segar.

  1. Membiarkan udara malam hari masuk

Apabila pada siang hari suhu udara sangat panas, maka kebalikannya, pada malam hari justru suhu udaranya sangat dingin. Anda dapat memanfaatkan kondisi ini dengan membiarkan udara malam masuk sebanyak-banyaknya ke dalam rumah. Sehingga pada saat siang tiba rumah tidak akan terasa terlalu panas

  1. Ventilasi silang

Ventilasi silang merupakan salah satu ciri-ciri rumah sehat yang sebenarnya wajib untuk di terapkan. Dengan adanya sirkulasi pertukaran udara yang baik, rumah akan tetap terasa sejuk meski udara sangat panas di luar rumah. Selain itu terdapat banyak fungsi ventilasi rumah dan macam-macam ventilasi rumah yang dapat Anda gunakan.

  1. Menanam pohon

Area hijau di dalam area rumah sangat dibutuhkan, tidak hanya untuk menjaga keseimbangan lingkungan namun juga dapat membuat udara lebih sejuk. Penanaman pohon teduh yang rindang akan membantu menghalau sinar matahari masuk ke dalam rumah. Anda juga dapat menanam berbagai jenis bunga untuk taman sebagai penghiasnya.

Demikianlah beberapa tips dan trik untuk membuat ruangan dingin tanpa AC yang baik dan benar, serta wajib Anda ketahui dan pelajari. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Terima kasih sudah mengunjungi website kami Kontraktor Jogja. Semoga bermanfaat dan sukses selalu 🙂

JASA ARSITEK DAN KONTRAKTOR  merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di  WA : 0857 4300 6666