25
Sep

Tips Rumah minimalis  Membuat Ruang Lebih Luas dengan Cermin

Tips Rumah minimalis  Membuat Ruang Lebih Luas dengan Cermin

Arsitek Indo Kontraktor

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Rumah merupakan suatu kebutuhan primer bagi masyarakat diberbagai kalangan seperti halnya saat ini bagi masyarakat yang tinggal di wilayah perkotaan padat penduduk tentunya mengalami permasalahan tentang tempat tinggal. Seringkali, masalah ini diakali dengan membeli atau membangun rumah kecil yang sesuai bujet sebagai hunian keluarga. Rumah minimalis menjadi gambaran terhadap ruangan yang sempit. Banyak cara bisa dilakukan untuk menyiasati ruangan yang sempit. Penempatan cermin salah satunya. Pantulan dari cermin akan memberikan ilusi seolah ruangan lebih luas dari ukuran sesungguhnya. Kesan sempit di ruangan pun bisa berkurang. Berikut ini merupakan tips rumah minimalis membuat ruang lebih luas dengan cermin:

1. Ukuran Cermin

Menginginkan kesan luas lewat cermin bukan berarti memasang cermin dengan ukuran yang sebesar mungkin. Sesuaikan ukuran cermin dengan ukuran ruangan Anda. Ukuran cermin yang ideal untuk memberikan kesan luas adalah sebesar tiga per empat dari luas bidang dinding tempat cermin dipasang. Jangan sampai cermin terlalu besar karena akan mengganggu tampilan ruang. Sedangkan cermin yang terlalu kecil pun tidak akan memberikan pengaruh ilusi luas pada ruang mungil.

2. Bentuk Cermin

Cermin yang berbentuk segi empat dan lebar adalah cermin yang disarankan. Anda bisa menyesuaikan bentuk cermin sesuai dinding rumah. Cermin berbentuk lingkaran saat ini banyak diminati. Cermin lingkaran juga memberi kesan luas dan d

3. Lokasi Pemasangan

Pemasangan cermin di ruang mungil tidak bisa sembarangan. Idealnya, cermin diletakkan di salah satu dinding saja. Usahakan cermin menghadap ke jendela atau tempat matahari masuk ke ruangan. Cahaya yang terpantul akan memberikan kesan ruang yang luas dan lebih terang. Untuk ruang mungil disarankan untuk menggunakan cat warna lembut atau wallpaper yang minim motif.

READ  Atap Rooftop Rumah Menjadi Tempat Alternatif Santai Bersama Keluarga

Letak cermin yang juga bisa jadi pilihan adalah pada pintu lemari. Saat ini, banyak dijual lemari yang memang sudah dilengkapi dengan cermin pada panel-panel pintunya. Tentu, Anda juga bisa memesan lemari custom agar ukuran dan jumlah cermin bisa diesuaikan. Dengan desain lemari seperti ini, Anda jadi tidak perlu membeli cermin secara terpisah.

4. Backsplash Cermin

Tips ini berkaitan dengan lokasi peletakan cermin. Khusus untuk di dapur, cermin untuk perluas ruangan tak hanya bisa diletakkan di dinding. Cermin juga bisa diterapkan pada bidang backsplash. Selain membantu memberikan kesan luas, bahan cermin juga relatif mudah dibersihkan, mengingat area backsplash merupakan area yang rentan kotor, khususnya dari noda percikan air atau minyak.

5.  Cermin

Selain memberikan kesan luas, peletakan cermin juga bisa membantu memperindah tampilan ruang sebagai elemen dekorasi. Untuk ruang mungil, idealnya gunakan cermin dengan bingkai yang sederhana dan hindari bingkai terlalu tebal dengan warna yang mencolok. Anda dapat menggunakan cermin tanpa bingkai untuk kesan yang lebih minimalis.