18
Jul

Tips Renovasi Kamar Impian Untuk Anda!

Tips Renovasi Kamar Impian Untuk Anda!

Cara Renovasi Menjadi 2 Lantai Tanpa Bongkar Bangunan Awal

Kontraktor JogjaApakah kamu mulai bosan dengan suasana kamar tidurmu? Artinya, sudah saatnya melakukan renovasi! Renovasi kamar tidur dilakukan kerena beberapa hal, diantaranya adalah kamar tidur sudah terasa membosankan, terdapat furniture atau perabotan yang sudah rusak, ruangan terasa sempit (penuh), dan ingin menambahkan fungsi-fungsi lain di kamar seperti spaces untuk bersantai. Perubahan membawa nuansa yang berbeda, inilah sebabnya menjadi ide yang baik untuk merenovasi kamar tidur, baik itu kamar tidur anak, kamar tamu, dan kamar tidur utama Anda. Ada pilihan gaya dan dekorasi yang tak terbatas di luar sana. Anda bisa melakukan perubahan kecil di sana-sini untuk memastikan renovasi sesuai dengan gaya Anda. Jadi, dari mana Anda memulai? Sebelum itu, mari simak dulu tips renovasi kamar impian untuk Anda berikut ini.

 

Tentu saja, langkah awal dari dekorasi ulang adalah perencanaan yang matang. Terdapat beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum mengerjakan desain baru untuk kamar tidurmu.

– Ide desain: hal pertama dan paling mendasar adalah kamu memikirkan desain seperti apa yang ingin kamu buat. Kamu bisa mencari inspirasi desain lewat internet atau sosial media, seperti instagram maupun pinterest. Jika sekiranya kamu telah menemukan desain yang ingin kamu wujudkan, mulai pelajari lebih detail mengenai konsep, material, maupun furnitur yang digunakan. Buat catatan tentang segala hal yang menurutmu penting, dengan demikian kamu memiliki ide desain yang matang.

– Ukur kamarmu: setelah ide desainmu matang, selanjutnya adalah mengukur kamarmu. Hal ini akan sangat membantu dalam menganggarkan belanja material maupun furnitur tambahan untuk desain kamar barumu. Jangan lupa membuat sketsa untuk kamar barumu, meskipun sketsa kasar setidaknya bisa menjadi patokan untuk mempermudah kerjamu.

READ  Beberapa Tips Dalam Mendesain Taman Minimalis

– Perencanaan biaya: kekurangan dari mendesain ulang kamar sendiri adalah alokasi biaya yang sering tidak optimal. Fungsi dari mematangkan ide dan mengukur bidang kerja akan membantumu membuat perencanaan biaya yang lebih tepat guna. Utamakan terlebih dahulu hal-hal yang bersifat renovatif, seperti memperbaiki dinding atau lantai. Tentukan juga jenis dan banyaknya material dekoratif yang digunakan.

Jika kamu menggunakan jasa tukang, untuk pekerjaan seperti mendesain ulang kamar sebaiknya menggunakan tarif harian. Hal lain seperti, apakah kamu menggunakan furnitur lama atau menambah furnitur baru? Apakah kamu beli furnitur yang jadi atau kustom? Semua itu memerlukan perencanaan biaya serinci mungkin, tetapi jangan dianggarkan terlalu ketat. Karena pada saat dekorasi sangat mungkin terdapat biaya tambahan yang kamu tidak duga.

Aabila perencanaan yang kamu buat sudah matang, kamu bisa mulai berbelanja material dan keperluan lain untuk dekorasi kamarmu.

Sekarang memasuki tahap pengerjaan, kamu bisa memulainya dari dinding. Mengapa memulai dari dinding? Karena dinding bisa dikatakan sebagai kanvas atau wajah dari sebuah ruangan. Sehingga, dinding berperan penting sebagai warna tema interior. Pertama perbaiki dulu kerusakan yang terjadi di dinding, seperti menambal beberapa lubang dan retak, meratakan bidang dinding, maupun mengatasi rembes.

Untuk material dekorasinya sendiri, kamu bebas menentukannya sesuai dengan ide desain interior yang ditentukan. Baik menggunakan cat tembok, wallpaper, parket, maupun material pelapis dinding lain, kamu perlu memahami pengaplikasiannya dengan baik.

Tidak kalah pentingnya dengan dinding, lantai juga merupakan elemen dasar dari interior suatu ruangan. Lantai berfungsi penting untuk menyatukan desain interior kamar tidurmu. Jadi pemilihan warna, material, maupun motif harus dapat menunjang keseluruhan interior.

READ  Manfaat Mendekor Ulang Rumah

Sama seperti dinding, pertama-tama kamu harus merenovasi kerusakan yang terjadi di lantai. Baru setelah itu, kamu mengaplikasikan material yang ingin kamu gunakan, apakah lantaimu perlu tegel baru, karpet baru, maupun pelapis lantai.

Setelah itu, kamu bisa mendesain ulang pencahayaan kamarmu. Menata ulang lampu atau sumber penerangan merupakan cara yang instan untuk menghadirkan atmosfer baru di kamar tidurmu. Kamu bisa membandingkan kekurangan dan kesalahan desain lampu pada kamar tidurmu sebelumnya. Mendesain ulang pencahayaan bisa kamu mulai dengan memperbaiki beberapa kesalahan dari penataan sebelumnya.

Mungkin kamu butuh menambah beberapa instalasi kabel baru atau kamu bisa juga menggunakan lampu tidur maupun lampu duduk. Pemilihan watt, bohlam, juga warna bisa kamu padukan sesuai ide desainmu. Pastikan penerangan untuk kamar barumu merata.

Tempat tidur merupakan pusat perhatian dan fitur utama dari kamarmu, sehingga untuk nuansa baru juga bisa kamu hadirkan dengan mendekorasi ulang kasurmu. Mulai dari letak maupun bentuk ranjangmu. Jika kamu rasa tidak perlu mengganti ranjang, mengecatnya ulang merupakan cara yang cermat. Kamu bisa menambahkan beberapa bantal baru atau serasikan set sprei dengan gordenmu untuk membuat tema kamar tidur semakin menyatu.

Jika kamu merasa tidak memerlukan furnitur baru, kamu dapat mempercantiknya dengan cat ulang maupun memberi pelapis furnitur. Atau jika kamu merasa ingin mengisi kamar dengan furnitur baru, carilah furnitur yang dapat meningkatkan estetika dari desain kamar tidurmu. Kamu juga bisa mulai menata ulang letaknya agar menghadirkan kesan baru di kamar tidur.

Dan terakhir yang tidak kalah penting adalah menghias dinding untuk mempercantik interior kamarmu. Membiarkan dinding kosong merupakan kesalahan, karena dapat membuat ruangan jadi kurang hidup. Area kosong pada dinding bisa kamu jadikan ruang inspirasi, dengan memajang hiasan seperti bingkai foto, lukisan, tanaman gantung, hingga berbagai kerajinan tangan. Agar tidak merusak desain interior, sesuaikan hiasan dinding dengan tema baru yang coba kamu wujudkan untuk kamar tidurmu.

READ  Keren, Intip 6 Desain Plafon Kamar Tidur Minimalis!

Itulah tips rahasia renovasi yang bisa dicoba untuk kamar tidur Anda. Anda bisa melakukan renovasi kamar tidur sederhana dimulai dengan barang yang ada di rumah. Atur ulang setiap furniture dan barang-barang yang ada, sehingga kamar tidur jadi terasa nyaman. Semoga bermanfaat ya!