27
Jan

Tips Punya Rumah dengan Konsep Terbuka, Wajib Lihat Dulu

Tips Punya Rumah dengan Konsep Terbuka, Wajib Lihat Dulu

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Konsep rumah terbuka menjadi salah satu desain rumah yang sedang diminati.saat ini. Suasana yang dihadirkan pada rumah terbuka membuat rumah menjadi lebih terlihat lebih luas. Definisi dari konsep rumah terbuka adalah desain yang menggabungkan dua atau lebih ruangan tanpa menggunakan sekat atau pembatas antar ruang. Konsep rumah terbuka bisa menjadi solusi bagi pemilik rumah yang tidak memiliki luas lahan yang besar. Hal ini dikarenakan, bisa membuat rumah seakan-akan lebih lapang. Sebenarnya sekarang sudah ada kontraktor rumah atau kontraktor bangunan sebagai penyedia jasa bangun rumah atau jasa renovasi rumah yang dapat membantu Anda dalam mem – bangun rumah atau me – renovasi rumah untuk mendapatkan rumah yang Anda impikan. Berikut ini tips punya rumah dengan konsep terbuka, wajib lihat dulu.

Mengatur Tata Letak dan Arah Furnitur

Cara Mengatur Tata Letak Ruang Rumah - Rancangan Desain Rumah Minimalis

Agar ruangan yang ada tidak terkesan menumpuk menjadi satu, kamu bisa atur tata letak furnitur dan arahnya dengan tepat. Biasanya konsep rumah terbuka sudah memiliki pembagian luas masing-masing area ruangan. Berikan pembatas antar ruangan dengan penggunaan furnitur. Misalnya dengan meletakkan lemari, rak, hingga sofa. Cara lain adalah dengan menggunakan dekorasi lantai, misalnya dengan karpet atau model keramik yang berbeda.

Gunakan Partisi Transparan

√ 60 Model Partisi Ruangan Murah & Viewable Banget Di 2021

Walaupun konsep rumah terbuka menawarkan ruangan satu dengan ruangan lainnya tanpa sekat, tetapi bukan berarti benar-benar meniadakan sekat. Biasanya ruangan-ruangan yang memang privasi seperti kamar tidur memiliki sekat yang menjadi pembatas. Sekat yang digunakan dengan menggunakan partisi yang transparan. Dengan hal ini, kamar tidur kamu pun tetap terlihat luas. Contohnya yaitu memisahkan area tidur dengan wardrobe.

READ  Tips Membuat Kamar Mandi Bawah Tangga Yang Minimalis dan Unik

Gunakan Warna Monokromatik

Mendekorasi konsep rumah terbuka menggunakan warna-warna monokromatik bisa menjadi tips yang harus kamu ikuti nih! Warna monokromatik adalah kombinasi beberapa warna yang bersumber dari satu warna dengan intensitas yang berbeda. Contohnya warna biru tua dengan warna biru muda yang mampu menghasilkan warna yang cantik. Salah satu tips ini menjadi pilihan yang paling aman. Kamu bisa pilih warna yang sesuai dengan keinginanmu ya!

Buatlah Tinggi Lantai yang Berbeda

10 Ide Menyulap Ruangan Menjadi Kamar Split-Level

Tips selanjutnya untuk konsep rumah terbuka adalah dengan membuat tinggi lantai yang berbeda. Hal ini tentunya digunakan sebagai pembatas ruang satu dengan ruang lainnya. Namun harus diperhatikan saat ingin membuat undakan pada lantai, jangan membuat undakan yang terlalu tinggi. Kamu harus tetap memperhatikan keamanan dan keselamatan untuk siapapun yang berada di rumah.

Tentukan Akses Ruang Gerak

Rumah terbuka membuat ruangan seolah-olah menjadi lebih luas. Namun, ada hal yang harus diperhatikan yaitu dengan menentukan akses mobilitas gerak pemilik rumah. Kamu bisa tentukan jarak yang sesuai dengan keinginanmu. Jangan terlalu luas dan jangan terlalu sempit.