22
Agu

Tips Penting Memilih Keramik Lantai Kamar Mandi

Memilih Keramik Lantai Kamar Mandi

Keramik Kamar Mandi – Lantai keramik berperan penting dalam mewujudkan kenyamanan kamar mandi. Apalagi di zaman sekarang sudah banyak desain dan motif untuk keramik lantai ini. Namun, bukan hanya sekedar faktor estetika saja yang perlu diperhatikan, melainkan faktor keamanan juga. Nah, sebelum memilih yang Anda inginkan, alangkah baiknya jika Anda menyimak tips berikut bagaimana memilih keramik lantai kamar mandi yang unik dan aman untuk kaki Anda.

Hindari Keramik yang Licin

Akhir-akhir ini, konsep kamar mandi kering gaya Barat semakin menjamur dan kerap diaplikasikan di rumah-rumah bergaya minimalis. Sesuai namanya, lantai kamar mandi tersebut dijaga dari cipratan air agar senantiasa kering, baik itu menggunakan bathub maupun bilik shower.  Meskipun begitu, penggunaan keramik yang tidak licin masih disarankan. Apalagi jika konsep kamar mandi yang digunakan adalah kamar mandi basah. Anda bisa memilih keramik yang teksturnya kasar untuk menghindari risiko terpeleset.

kreasirumah.net

Memilih Motif dan Warna Keramik

Dalam pemilihan motif dan warna keramik lantai kamar mandi, banyak hal yang harus dipertimbangkan. Anda bisa menyesuaikan motif tersebut dengan suasana kamar mandi yang Anda inginkan. Keramik yang memiliki banyak motif tidak akan terlihat membosankan. Sebaliknya, motif yang berlebihan justru akan memberikan kesan sempit. Apalagi jika dindingnya juga memiliki banyak motif.

Apabila kamar mandi Anda kurang mendapatkan cahaya matahari, memilih keramik dengan warna-warna cerah merupakan pilihan yang tepat. Warna-warna, seperti putih dan kuning, akan memantulkan kembali cahaya dan menyebarkannya ke seluruh ruangan. Penggunaan warna-warna cerah ini juga bisa menghemat listrik karena bisa mengurangi frekuensi penggunaan lampu di kamar mandi.

Menyelaraskan antara konsep kamar mandi dengan konsep rumah juga penting. Misalnya, desain rumah Anda bergaya minimalis. Jadi, alangkah baiknya jika kamar mandi Anda menerapkan desain serupa, dengan motif keramik yang lebih simpel dan mengusung warna-warna netral.

i.pinimg.com

Baca juga : Tips Mendekorasi Kamar Mandi Agar Terlihat Lebih Segar

Memilih Ukuran Keramik

Ukuran keramik untuk lantai kamar mandi juga menjadi pertimbangan. Jika kamar mandi Anda luas, bolehlah memilih keramik yang ukurannya besar-besar. Namun jika luas kamar mandi terbatas, alangkah baiknya jika memilih ukuran keramik yang kecil supaya tidak terlalu banyak melalui proses pemotongan sebelum dipasang. Banyaknya pemotongan ini akan lebih sulit lagi jika keramik yang Anda pilih merupakan keramik puzzle.

keramik lantai kamar mandi – gradiomex.com

Mudah Dibersihkan dan Dirawat

Keramik lantai kamar mandi memang rawan berlumut sehingga membuat lantai menjadi licin, meskipun Anda sudah memilih keramik yang bertekstur kasar. Untuk menghindarinya, Anda bisa memilih keramik yang mudah dibersihkan. Keramik lantai yang tekstur kasarnya terlalu dalam dapat membuat lumut atau bekas sabun susah dibersihkan. Agar awet, pilih keramik yang tidak mudah pudar warnanya dan tahan terhadap goresan ketika tertimpa benda tajam atau saat dibersihkan.

keramik lantai kamar mandi – Cloudfront.com

Mempertimbangkan Harga Sebelum Membeli Keramik Lantai Kamar Mandi

Jika anggaran Anda terbatas, harga menjadi pertimbangan utama sebelum memilih keramik lantai untuk kamar mandi. Penting pula bagi Anda untuk mengetahui harga-harga di pasaran, serta berkonsultasi kepada penjual dan rekan yang memiliki pengetahuan mengenai hal ini. Keramik yang dijual di toko biasanya sudah melalui banyak tangan sehingga harganya berlipat ganda dari harga asli. Apalagi kalau barangnya adalah barang impor.

keramik lantai kamar mandi – 2.bp.blogspot.com