10
Nov

Tips Pembuatan Kolam Renang di Rumah

Tips Pembuatan Kolam Renang di Rumah

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Di tengah cuaca panas, paling seru bermain air di kolam renang untuk mendinginkan suhu tubuh. Walaupun memanfaatkan kolam renang umum adalah cara termudah dan termurah, kolam renang rumah tetap terbaik dalam hal kenyamanan dan kepraktisan. Berikut ini tips pembuatan kolam renang di rumah.

Ukuran dan Layout

Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah ukuran kolam renang dan ketersediaan lahan kosong di rumah. Bila memang lahan yang tersedia tidak terlalu besar, tidak masalah bila kolam renangnya kecil. Karena yang terpenting adalah bagaimana anda menyiasatinya.

Selain itu, anda juga harus menyesuaikan layout kolam renang dengan konsep dan tema rumah. Karena layout berpengaruh pada faktor utama membuat kolam renang, jadi buatlah perencanaan secara matang.

Kedalaman Air

Tidak hanya keindahan luar dari kolam renang, keadaan fisik dari kolam renang juga harus diperhatikan. Salah satunya adalah kedalaman air. Untuk kolam renang dewasa, tingkat kedalaman airnya 1,2 meter hingga dua meter. Anda dapat menggabungkan keduanya dengan membuat ramp (kemiringan) sebagai pemisah kedalamannya. Bila anda memiliki anak-anak dirumah, tingkat kedalaman air yang disarankan sekitar 0,5 meter.

Filterisasi

Rencanakan sistem filterisasi dari awal sebelum membuat kolam renang karena terdapat beberapa tipe filterisasi yang dapat dipilih. Filter yang digunakan nantinya akan berpengaruh pada konstruksi bangunan, dan struktur kolam renang itu sendiri.

Sirkulasi Air

Air dan sistem sirkulasi juga memiliki efek tersendiri. Buatlah overflow atau tumpahan air dipinggir kolam renang, untuk menambah suasana nyaman dan rileks. Sebagai alternatif, anda dapat menggunakan batu candi yang disusun bertumpuk untuk pinggiran overflow-nya.

Anda juga harus memperhatikan keadaan air kolam renang ketika sehabis dipakai. Apakah sedikit keruh karena minyak dari lotion atau cairan lainnya.

Ketinggian dan Permukaan Lantai

Hal penting selanjutnya yang harus diperhatikan adalah tingkat ketinggian permukaan lantai. Usahakan ketinggian kolam renang tidak lebih tinggi dari pool deck. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kenyamanan dan keselamatan keluarga.

Teras Kolam /Pool Deck

Area sekitar kolam renang sama pentingnya dengan struktur fisik kolam renang itu sendiri. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah teras atau pool deck. Ada banyak ide bagi anda dalam membuat pool deck.

Beberapa diantaranya seperti dek kayu, lantai dengan batuan alam, stepping stone yang disusun artistik atau bahkan teras yang menyatu langsung dengan bangunan rumah.

Ada dua hal penting terkait pool deck ini. Pertama, teras yang dibuat haruslah anti selip dan tidak licin demi menjaga keselamatan dan kenyamanan anda dan keluarga. Kedua, kebersihan dari pool deck. Anda dapat menggunakan mesin power washer agar pool deck selalu terlihat bersih dan mengkilap. Karena kebersihan teras kolam renang juga mempengaruhi kenyamanan keluarga anda, bukan?

Vegetasi

Setelah menentukan layout dan teras kolam renang, kini saatnya anda menentukan vegetasi yang dapat mempercantik kolam renang anda. Jika anda menginginkan suasana alam yang natural, berikan sentuhan alami dengan menanam pepohonan atau tanaman rambat untuk mendampingi kolam renang tropis anda. Namun jika anda ingin menanam pohon lain, tidak masalah selama masih sesuai dengan konsep dan tema rumah anda.