27
Mar

Tips Pemasangan Marmer Sistem Kering

Tips Pemasangan Marmer Sistem Kering

Tips Pemasangan Marmer Sistem Kering – Marmer menjadi material yang kerap sekali dicari untuk lantai. Pemasangan marmer ini terdapat berbagai cara, salah satunya adalah pemasangan marmer sistem kering. Pada sistem kering marmer akan ditahan dengan kawat angkur. Teknik ini dilakukan untuk pemasangan marmer pada dinding. Untuk pemasangan marmer sistem kering, anda perlu memperhatikan langkah – langkah berikut ini.

  1. Mempersiapkan alat dan bahan

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan alat dan bahan apa saja yang dibutuhkan pada saat proses pemasangan. Tentunya material marmer yang diinginkan, nat, kawat angkur, angkur, paku dan sebagainya. Gunakan pula alat kebersihan rumah berupa lap kering untuk membersihkan pada proses akhir. Jangan lupa gunakan sarung tangan dan kacamata pelindung supaya proses pekerjaan berjalan lebih aman.

  1. Mempersiapkan marmer

Sebelum hendak memasang marmer pada dinding, Anda juga perlu memastikan material marmernya. Apakah terdapat kerusakan dan keretakan di dalamnya atau tidak. Sebab jika tidak dipastikan, pada saat proses pemasangan nanti kemungkinan marmer akan pecah. Perhatikan juga bagian permukannya dan pastikan tidak ada goresan yang merusak keindahan marmer.

  1. Menyocokan tekstur serta warna

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, marmer terdiri dari berbagai variasi macam dan warna. Bahkan meskipun berwarna putih, kerap kali marmer yang satu tidak sama dengan yang lainnya karena guratan urat sering kali berbeda-beda. Karena itulah sebelum pemasangan Anda perlu memastikan keseragaman warna dan letak motif. Alur setiap marmer berbeda dan perlu kesinambungan supaya terlihat selaras satu sama lain, bukan terpisah dan terkesan asal dipasang.

Cara melakukannya dapat dilakukan dengan menggelar marmer pada lantai, lalu berikan kode pada ujung marmer sesuai dengan urutan pemasangan. Atau juga bisa ketika hendak dipasang, mengikuti urutan marmer yang sudah gelar pada lantai supaya selaras dan sesuai.

  1. Persiapan dinding

Ketika persiapan marmer sudah selesai, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan dinding yang akan dipasang. Caranya adalah dengan menggunakan leveling untuk memastikan permukaan dinding merata dan tidak ada bagian yang menonjol. Apabila ternyata ditemukan bagian dinding yang menonjol, maka kemungkinan besar marmer dapat retak dan pecah. Hal ini harus segera di tangani. Jangan lupa untuk memastikan apakah dinding sudah di scred sebelumnya dan dalam keadaan kering atau tidak.

  1. Menggambar pola di dinding

Kemudian pada bagian dinding yang akan di pasang, gambarlah sebuah pola yang sudah Anda rencanakan sebelumnya. Anda dapat menggunakan tali berkapir untuk menuangkan pola dalam dinding supaya lebih mudah.

  1. Membuat tanda

Pada tahap inilah yang membedakan pemasangan dinding marmer dengan lantai. Setelah selesai menggambar pola, maka Anda perlu membuat tanda untuk memasang kawat angkur mengikuti pola yang sudah digambar sebelumnya. Tanda itu dibuat sebagai tempat paku ditancapkan untuk memasangkan kawat. Jangan lupa buat juga tanda dimana angkur harus dipasang.

  1. Proses pemasangan

Dari tanda-tanda yang sudah dibuat, pasangkan kawat angkur dengan paku yang sesuai dengan tanda yang sudah terbuat. Setelah itu, lubangi marmer untuk digunakan sebagai pengait angkur yang sudah terpasang.

  1. Mengisi celah nat

Pada saat proses pemasangan marmer, biasanya terdapat celah-celah antara marmer satu dengan yang lainnya. Celah itu kemudian ditutup dengan nat yang warnanya disesuaikan dengan warna marmer. Selanjutnya tunggu sampai nat sudah mengering. Proses ini dapat memakan waktu sekiatr 24 jam, batu kemudian Anda dapat membersihkan marmer dari kotoran yang menempel.

JASA ARSITEK DAN KONTRAKTOR  merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di  WA : 0857 4300 6666