21
Jul

Tips Merawat & Membersihkan Lantai kayu agar selalu Terlihat Mengkilap

Tips Merawat & Membersihkan Lantai kayu agar selalu Terlihat Mengkilap

Arsitek Indo Kontraktor | Jasa Arsitek dan Kontraktor – Sama seperti lantai jenis lantai lainnya, lantai kayu juga membutuhkan perawatan dan pemeliharaan agar selalu bersih dan bertahan hingga puluhan bahkan ratusan tahun. Selain agar membuat lantai kayu selalu bersih dan awet, untuk mempertahankan kualitas dan estetika dari lantai kayu tersebut anda diharuskan untuk senantiasa merawat dan membersihkan parket tersebut. Karena tanpa perawatan yang benar, lambat laun, lantai parket kayu akan kusam dan akan kehilangan kilapannya. Beberapa teknik merawat lantai kayu ada yang hanya membutuhkan pembersihan tiap hari hingga yang membutuhkan modal sangat besar. semua tahap itu dilakukan tiap rentan waktu tertentu. Perawatan tersebut, tidak boleh anda lewatkan Jika anda ingin lantai parket kayu solid selalu terlihat Mengkilap, awet dan selalu bersih. Yuk simak Tips Merawat & Membersihkan Lantai kayu agar selalu Terlihat Mengkilap

Ada 3 Poin Penting akan kita bahas kali ini, yaitu

  • Jadwal perawatan lantai kayu agar tetap mengkilap
  • Tips Membersihkan Lantai parket kayu agar mengkilap
  • Tips menjaga lantai kayu Jati
  • Perawatan lantai WPC

Sebaiknya anda simak dengan baik ulasan kali ini karena Tips perawatan kali ini sangat padat informasi yang bermanfaat bagi anda yang menerapkan lantai parket.

1. jadwal Perawatan lantai parket kayu agar tetap mengkilap

Tentu mengetahui jadwal pembersihan lantai kayu adalah hal utama yang harus anda ketahui. karena tanpa adanya jadwal yang tepat, perawatan lantai kayu lainnya kami rasa akan sia-sia.

Jadwal pembersihan dan perawatan lantai parket terbagi menjadi 4 yaitu Jadwal harian, Jadwal Mingguan, jadwal Bulanan serta jadwal tahunan.

JADWAL HARIAN (perawatan parket)

Pembersihan harian hampir sama dengan membersihkan lantai jenis lain. membersihkan lantai pagi atau sore. Gunakan microfiber untuk mengepel lantai kayu parket agar partikel kecil dan debu bisa terangkat.

Untuk pembersihkan gunakan Lap kering agar mengurangi dampak goresan pada lantai kayu di rumah anda.

JADWAL MINGGUAN (perawatan parket)

Untuk pemeliharaan lantai kayu Mingguan bisa gunakan penyedot debu  (vacuum cleaner).

Alat ini sangat efektik membersihkan lantai kayu yang berserat sehingga kotoran disela-sela parket bisa terangkat. Berbeda dengan menggunakan sapu atau kain pel, debunya bisa terbang kemana-mana. Namun, Hati-hati menggunakan vaccum cleaner pada lantai parket karena rodanya bisa menggores lantai kayu,gunakan secara pelan-pelan. Penggunaan bisa dilakukan juga tiap hari, namun kami rasa satu pekan sekali juga sudah cukup.

READ  Tips Penting Dalam Membangun Rumah Toko (RUKO)

Merawat Lantai kayuu

JADWAL BULANAN (pengecekan lantai parket)

Jadwal bulanan ini diisi dengan kegiatan pengecekan. Cek seluruh bagian lantai kayu, jika ada yang tergores bisa di atasi dengan polish wood (Banyak dijual bebas di toko bangunan). Polish wood dapat menambal lantai kayu yang tergores juga dapat menjaga kilaunya. Hindari membersihkan lantai kayu dengan air, detergent atau lilin. Sebab penggunaannya secara terus menerus dapat menyebabkan lantai kayu cepat lapuk.

JADWAL TAHUNAN (coating ulang parket)

Jadwal Tahunan bisa diisi dengan pelapisan cairan finishing ulang. cairan Coating ini bisa membuat lantai parket yang sudah kusam bisa kembali mengkilap. Lakukan coating ulang setiap 1 atau dua tahun sekali tergantung kondisi lantai anda. Jika dirasa kilapan pada lantai sudah mulai hilang bisa dilakukan finishing / coating ulang.

2. Tips Membersihkan Lantai parket kayu agar mengkilap

Kenali Plus Minus Lantai Parket Supaya Nggak Menyesal!

setelah mengetahui Jadwal pembersihkan lantai kayu, selanjutnya anda harus memahami bagaimana cara membersihkan lantai kayu dengan benar agar kilapan pada lantai tetap terjaga.

Terdapat beberapa cara agar Lantai kayu tetap terlihat fresh meskipun sudah bertahun-tahun, berikut ini adalah beberapa uraiannya :

  • Tidak Boleh memindahkan furniture dengan cara diseret

Mengapa demikian ? karena apabila diseret maka akan timbul goresan diatas permukaan lantai kayu yang tentu saja dapat menganggu penampilannya. apabila akan memindahkan barang usahakan dengan cara diangkat.

  • Gunakan alas untuk kaki furniture

Tujuannya sama dengan point nomor 1, yaitu menghindari goresan yang akan ditimbulkan oleh bagian bawah ujung furniture yang runcing. untuk alasnya sendiri bisa memakai karpet atau material lain yang dapat dijadikan alas asalkan jangan memakai kardus hehehe.

  • Gunakan lap kering dalam Bersihkan permukaan Lantai Kayu

Maksudnya adalah jangan membersihkannya terlalu sering menggunakan lap yang basah, karena itu tidak baik untuk keawetan parket. untuk proses pembersihan sehari-hari bisa menggunakan sapu atau penyedot debu. apabila akan mengepel usahakan menggunakan lap yang tidak terlalu basah guna menjaga agar kayu tidak cepat lapuk.

  • Jangan Gunakan bahan kimia untuk membersihkan

Alasannya adalah karena bahan kimia relatif memiliki sifat korosif pada kayu sehingga tidak dianjurkan untuk memakai pembersih yang berbahan dasar kimia. gunakan saja lap yang agak sedikit basah untuk membersihkan permukaan lantai atau dengan menggunakan bahan Alami yang akan dibahas berikutnya.

  • Pembaharuan apabila warna permukaan lantai sudah terlihat kusam

Lakukan proses pengecatan ulang atau biasa disebut Re-coating. untuk proses ini anda bisa meminta bantuan kepada tenaga kerja ahli. dengan mengecat ulang permukaan lantai maka kesan fresh dan elegan akan bertahan lebih lama. pembersih lantai kayu

READ  Mengenal Jenis Dan Fungsi Gergaji

Penggunaan bahan-bahan alami sebagai pembersih lantai parket kayu bisa anda coba lakukan. Berikut Lima bahan alami ini mudah didapat dan bisa dijadikan bahan pembersih lantai yang aman dan hasilnya sama dengan pembersih dari bahan kimia.

  1. Baking Soda

    Baking soda dapat menghilangkan noda berminyak dan bergaris pada permukaan lantai. Caranya yaitu dengan ditaburi pada lantai yang kena minyak atau lantai bergaris kemudian di lap kering.

  2. Cuka

    Seperti hal nya baking soda, cuka juga bahan alami yang dapat mengangkat kotoran pada lantai. Penggunaan cuka harus dicampur dengan air, perbandingannya adalah setengah cangkir cuka untuk seember air. namu  jangan gunakan cuka secara berlebihan karena itu justru akan berdampak buruk pada kondisi lantai

  3. Teh

    Teh sangat baik untuk merawat lantai yang terbuat dari kayu. Membersihkan lantai dengan teh akan membuat lantai bebas dari kotoran dan debu membandel. Caranya sangat mudah yaitu dengan menyeduh teh panas lalu diamkan hingga dingin dengan sendirinya. Kemudian ambil kain lalu celupkan kedalam teh dan disapukan pada lantai yang kotor.

  4. Roti Gandum

    Roti gandum dapat menghilangkan noda bekas coretan tinta. Bila dirumah ada anak-anak yang senang belajar dilantai tak jarang ada goresan tinta atau sengaja digores oleh anak kita. Maka cara membersihkannya bisa menggunakan roti gandum.

  5. Olive Oil

    Mungkin kita berpendapat bahwa olive oil adalah bahan dari minyak yang jika dipakai untuk membersihkan lantai bisa tambah berminyak. Namun tidak demikian, olive oil dapat membantu membersihkan lantai kayu lebih bersih dan mengkilap. Caranya dengan dicampur cuka lalu dilarutkan. Bersihkan lantai dengan larutan tersebut,dan lihat hasilnya,lantai kayu Anda lebih awet dan tampak seperti baru.

3. Tips menjaga dan merawat lantai kayu Jati

Kayu Jati masih menjadi primadona karena texture-nya yang kuat dan memiliki senyawa alami yang dapat melindungi dari proses pembusukan sehingga awet dan tahan lama. Lantai kayu yang terbuat dari kayu Jati akan lebih indah dan kokoh dan terkesan mewah bagi pemiliknya. Khusus untuk parket Jati, ada beberapa tips yang bisa anda terapkan. Perawatan lantai kayu Jati tak jauh beda dengan merawat furniture yang terbuat dari kayu Jati. Berikut Tips khusus merawat Kayu Jati :

Persiapan awal dalam membersihkan lantai kayu Jati.
Alat yang dibutuhkan :

  1. Ember
  2. Kain
  3. Kain pel (khusus untuk lantai kayu jati)
  4. Teak oil
  5. Detergen

Cara Pakai :

  1. Larutkan 2 sdt detergen kedalam ember air hangat.
  2. Celupkan kain atau kain pel (tergantung luas area yang akan dibersihkan) dan diperas.
  3. Usapkan ke lantai secara merata dan pelan-pelan agar lantai kayu jati tidak tergores.
  4. Lap menggunakan lap kering untuk menghilangkan sisa detergen atau busa yang menempel pada lantai hingga kering.
  5. Biarkan beberapa saat aga benar-benar kering
  6. Terakhir. Agar lantai menjadi kinclong beri 1sdt teak oil menggunakan kain lembut,usap hingga merata. Teak oil selain untuk mengkilapkan lantai kayu juga untuk melindungi kayu agar awet dan tahan lama.

4. Perawatan lantai menggunakan WPC

WPC adalah alternatif selain lantai kayu solid dan wooden deck. WPC banyak digunakan untuk dekorasi rumah indoor maupun outdoor, mudah dibersihkan dan tahan lama. Karena Lantai WPC kerapkali diterapkan sebagai pengganti lantai kayu, khususnya pada bagian luar ruangan, maka kami rasa membagikan beberapa tips perawatan lantai ini juga cukup penting. Perawatan WPC sangat mudah seperti membersihkan lantai pada umumnya. Menggunakan sabun khusus pembersih lantai WPC yang lembut agar tidak tergores dan warnanya tidak pudar.

  1. Untuk noda ringan cara membersihkannya cukup dengan air saja tak perlu cairan pembersih khusus lantai.
  2. Pastikan tidak ada genangan air diatas permukaan WPC atau dibawah rangka penopang WPC. Untuk mengatasi genangan air diatas permukaan WPC cukup di lap kering dan untuk genangan dibawah rangka penopang WPC kesalahan ada pada saat pemasangan.
  3. pastikan memasang WPC dengan baik dan benar sehingga air tidak menggenang yaitu dengan memberikan ruang air agar mengalir atau permukaannya dimiringkan sehingga air mengalir sempurna.
  4. Untuk mencegah pemuaian, pada saat pemasangan disetiap sisinya diberi ruang beberapa milimeter agar pada saat kayu memuai tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Perawatan lantai kayu yang cukup memakai tenaga lebih ekstra ini kami rasa wajar bila dibandingkan dengan beragam manfaat pemakaian lantai kayu. Berikut Tips Merawat & Membersihkan Lantai kayu agar selalu Terlihat Mengkilap. Semoga bermanfaat!

READ  Panduan Memasang Wallpaper Bagi Pemula