27
Apr

Tips Merawat Dinding Rumah

TIPS MERAWAT DINDING RUMAH

Sumber : rumahokie.com

ARSITEK INDO KONTRAKTOR | Dinding perlu di rawat sobat, walaupun hal yang sepele merawat dinding diperlukan. Karena jika tidak dirawat kemungkinan besar dinding anda akan berjamur bahkan mengelupas. Jika anda ingin merawat dinging rumah anda, mari simak informasi di bawah ini. Kami berikan tips bagaimana merawat dinding rumah yang benar. Selamat Membaca !

Membersihkan Dinding Dari Debu

Semakin lama dinding tidak dibersihkan maka semakin banyak debu yang menumpuk. Terutama adalah sarang laba-laba yang menempel di setiap sudut langit-langit rumah dan sudut lantai rumah.

Anda dapat menggunakan sapu bergagang panjang untuk membersihkan sarang laba-laba yang menempel pada bagian atas dinding. Sedangkan pada bagian bawah gunakan sapu biasa. Namun untuk lebih efektif, Anda dapat menggunakan vacuum cleaner sehingga semua bagian permukaan dinding rumah dapat bersih dari debu.

  • Perhatikan Pemasangan Hiasan Dinding

    Baca Juga : Cara Menghilangkan Jamur Di Dinding

    Hiasan dinding berfungsi untuk memperindah dinding dan juga ruangan. Namun keberadaan hiasan dinding dapat menyebabkan dinding kotor. Ketika hiasan dinding dipindah maka dinding akan terdapat noda bekas hiasan dinding.

    Noda yang ada adalah lubang kecil karena tekanan hiasan atau luka akibat bingkai hiasan dinding yang menempel pada permukaan dinding. Agar dinding tidak menjadi rusak karena hiasan dinding maka merawat dinding rumah dengan melapisi karet atau bantalan pada bagian bingkai hiasan dinding. Sehingga dinding menjadi terlindungi dari tekanan bingkai.

Menghilangkan Noda Pada Dinding

Dinding juga sering kotor karena noda makanan. Segera hilangkan dengan membersihkan noda sesegera mungkin. Setiap kali Anda melihat ada noda pada dinding jangan hanya membiarkan.

Perhatikan noda apa yang mengotori dinding Anda. Jika noda yang tidak mengandung komponen minyak maka dapat dibersihkan dengan menggunakan lap atau kain yang telah dibasahi oleh air.

Sedangkan noda yang lebih mengandung minyak maka bersihkanlah menggunakan sabun cuci piring tanpa menambahkan air. Lebih baik gunakan spon yang biasa digunakan untuk cuci piring. Bagian tekstur spon yang kasar dapat cepat menghilangkan noda pada bagian dinding yang kotor.

Baca Juga : Tips Merapikan Hiasan Dinding Rumah

  • Menghilangkan Noda Permanen Pada Dinding

Memiliki anak kecil yang sedang melakukan eksperimen dengan melukis di dinding memang biasa terjadi. Dinding pun menjadi terlihat tidak indah akibat krayon, pastel, atau spidol yang mengotori dinding.

Noda tersebut termasuk noda permanen namun tetap dapat dihilangkan. Cukup gunakan sabun cuci piring dalam jumlah yang agak banyak pada lap bertekstur kasar. Tidak perlu menambahkan tetes air dan gosokan berulang-ulang pada noda permanen. Jika cat mengelupas maka jangan malas untuk mengecat ulang bagian dinding yang terkelupas.
Baca Juga : Konstruksi Bangunan Pada Dinding

Perhatikan Percikan Cat Dinding

Ketika mengecat dinding, tentu ada percikan cat yang jatuh ke lantai. Segera bersihkan percikan cat agar tidak permanen. Selain itu akan membuat tampilan bawah dinding menjadi tidak indah. Percikan berupa titik akan menggumpal dan sulit dihilangkan. Sehingga perlu segera menghilangkan percikan yang jatuh.

Dinding seakan terlihat bersih jika tidak diperhatikan secara seksama. Keberadaan noda harus segera dihilangkan dengan tips tepat di atas merawat dinding rumah. Tanpa langkah yang tepat maka dinding rumah menjadi kotor. Biasakan untuk selalu menjaga kebersihan seluruh ruangan teurtama dinding.