24
Okt

Tips Menghindari Rumah Lembap Saat Musim Hujan

Tips Menghindari Rumah Lembap Saat Musim Hujan

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Saat musim hujan, rumah biasanya menjadi lembab karena udara yang dingin. Jika dibiarkan terus-menerus, rumah yang lembap bisa memberi pengaruh buruk terhadap kesehatan. Rumah yang lembap berpotensi menjadi tempat berkembangbiaknya virus, bakteri, tungau, serta jamur. Akibatnya, risiko anggota keluarga terinfeksi penyakit pun meningkat. Rumah yang lembap tidak boleh disepelekan. Berikut ini tips menghindari rumah lembap saat musim hujan.

Pasang Dehumidifier

Musim Hujan Tiba, Hindari Rumah Lembap Lewat 5 Tips Ini!

Dehumidifier atau alat pengontrol kelembapan dalam ruang adalah cara paling mudah untuk mengatur kelembapan di rumah. Alat ini akan mendeteksi tingkat kelembapan udara dan menyerapnya ke dalam mesin untuk menghasilkan udara ruang dengan tingkat kelembapan yang normal. Dehumidifier juga membantu membuat kualitas udara di dalam rumah jadi lebih baik dan mencegah ruangan terasa pengap akibat udara yang lembap.

Pasang Exhaust Fan

Musim Hujan Tiba, Hindari Rumah Lembap Lewat 5 Tips Ini!

Alat berikutnya yang dapat membantu mengurangi kelembapan ruang ada exhaust fan. Meski bukan secara langsung menghilangkan kelembapan, exhaust fan berfungsi untuk mengalirkan udara dari dalam ruang ke luar. Dengan adanya sirkulasi udara, khususnya pada ruang-ruang tertutup, kelembapan setidaknya dapat dikurangi. Anda bisa memasang exhaust fan di ruangan-ruangan dengan tingkat kelembapan tinggi dan biasanya tertutup seperti kamar mandi.

Rumah yang lembap juga bisa disebabkan oleh aktivitas yang terjadi di dalam rumah, salah satunya memasak. Karena itu, penggunaan cooker hood juga bisa jadi salah satu cara mengurangi kelembapan udara dalam ruang dapur.

Gunakan Produk Penyerap Air

Anda pasti tak asing dengan produk gel silika yang biasanya ada pada kotak sepatu. Anda pun bisa memanfaatkan gel silika untuk pencegahan kelembapan tinggi pada area-area tertentu ketika musim hujan. Gunakan gel silika terutama untuk melindungi benda-benda yang disimpan di dalam lemari seperti sepatu, kamera, dan benda koleksi lainnya. Gel silika akan membantu menyerap kadar air di dalam udara sehingga tempat penyimpanan terhindar dari lembap yang bisa menyebabkan barang-barang rusak.

Kurangi Tanaman dalam Ruang

Tanaman dalam ruang tentu akan mempercantik tampilan ruang. Tanaman juga memberikan kesan segar pada ruangan. Namun ketika musim hujan tiba, tanaman di dalam ruang cukup berpengaruh pada tingkat kelembapan ruang. Tanah yang ada pada pot tanaman mengandung kadar air dan dapat berevaporasi sehingga menambah kelembapan udara. Karena itu, bila di dalam rumah terdapat cukup banyak tanaman, sebaiknya kurangi terlebih dahulu agar rumah tidak jadi semakin lembap.

Buka Jendela

Musim Hujan Tiba, Hindari Rumah Lembap Lewat 5 Tips Ini!

Inilah cara yang paling sederhana untuk mengurangi kelembapan di dalam rumah. Menjaga sirkulasi udara dan memastikan ada cahaya matahari yang masuk ke dalam ruma