28
Apr

Tips Mengecat Funiture Agar Awet

TIPS MENGECAT FURNITURE AGAR AWET

ARSITEK INDO KONTRAKTOR | Cara agar cat pada furniture anda awet dapat anda lakukan sendiri di rumah. Pada artikel di bawah ini akan di bahas mengenai tips bagaimana cat furniture anda agar awet. Mari simak ulasan di bawah ini.

Lepaskan Beberapa Item

Jika Anda ingin mengeceat furnitur seperti kursi atau bagian dalam lemari, lepaskan dahulu beberapa item seperti bantalan kursi, atau pegangan, sekrup dan sebagainya. Ini dilakukan untuk mempermudah proses pengecatan sehingga cat dapat menjangkau semua bagian yang seharusnya dicat nantinya.

Ampelas Furnitur

Sebelum proses pengecatan, wajib melalui proses pengampelasan terlebih dahulu. Gunakan ampelas halus untuk menggosok permukaan furnitur agar tidak merobek lapisan kayu.

Pengampelasan dilakukan untuk menghilangkan noda-noda yang menempel. Proses pengampelasan juga diperlukan agar cat baru dapat menempel dengan baik ke permukaan furnitur. Setelah diampelas, lap semua permukaan dengan lap bersih.

Baca Juga : Tips Agar Cat Rumah Awet

Aplikasikan Cat Dasar

Aplikasikan cat dasar ke seluruh permukaan furnitur. Anda bisa menggunakan cat dasar dengan tiner HG (high gloss). Biasanya cat dasar dengan tiner HG tahan lebih bagus dalam segala cuaca.

Untuk mengecat Anda bisa menggunakan kuas atau cat dasar semprot. Setelah itu, tutupi bagian yang tidak sempurna dan biarkan kering selama satu jam. Setelah kering ampelas lagi menggunakan sedikit air.

Cat Furnitur

Setelah aplikasi cat dasar, tinggal cat dengan cat furnitur untuk finishing. Pilih warna cat yang sesuai dengan selera atau tema ruangan.

Anda bisa menggunakan warna putih untuk memunculkan gaya shabby chic atau warna-warna cerah untu gaya pop art maupun bohemian.

Baca Juga : Cara Memilih Cat Berkualitas

Perabot yang dapat diperbarui dengan mengecat umumnya berbahan dasar kayu. Jadi, pilihlah cat khusus kayu. Sebelum mengecat, aduk cat searah jarum jam dan sebaliknya. Lalu tambahkan air sekitar 10% dari jumlah cat. Aduk 3-5 menit.

Gunakan kuas busa agar lebih rapi, tidak meninggalkan serat ijuk, benang, nilon, atau plastik. Pengecatan harus dilakukan searah serat kayu agar hasil pengecatan lebih rapi.

Proses Pengeringan

Hindari menjemur langsung di bawah terik matahari karena dapat menyebabkan penggelembungan udara akibat pemuaian material kayu, hingga mendorong lapisan cat yang belum sempurna. Penjemuran cukup dilakukan di dalam ruang berventilasi sehingga tetap ada sirkulasi udara dari luar.

Tips Ide Kreasi:

  • Sebelum mengecat ulang, sebaiknya cari referensi model terlebih dahulu. Cari warna cat furnitur yang sedang tren dan sebaiknya disesuaikan dengan tema ruang yang ingin Anda buat.
  • Jika Anda mengecat ulang furnitur kursi, Anda juga dapat mengganti bagian bantalan kursi dengan motif yang lebih up-to-date dan disesuaikan dengan cat baru sehingga semakin menambah cantik tampilan.