25
Jan

Tips Menciptakan Rumah Nyaman Hewan Peliharaan Kucing dan Anjing

Tips Menciptakan Rumah Nyaman Hewan Peliharaan Kucing dan Anjing

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Bagi banyak orang, hewan peliharaan seperti kucing dan anjing, menjadi bagian tak terpisahkan dari keluarga. Memiliki hewan peliharaan juga bisa jadi cara yang menyenangkan untuk memelihara kesehatan mental. Sayangnya, para pecinta binatang seringkali belum cukup jeli untuk membuat rumah mereka nyaman bagi para hewan, dan bagi diri mereka sendiri. Berikut ini tips menciptakan rumah nyaman hewan peliharaan kucing dan anjing.

Trik Menciptakan Rumah Ramah Hewan

Nah, ada beberapa trik, nih, agar rumah menjadi tempat yang nyaman bagi kucing atau anjing peliharaan. Hal ini juga berpengaruh dengan kenyamanan kita di rumah, lho!

1. Pintu kecil

tips menciptakan rumah ramah hewan - pintu kecil khusus peliharaan

Tips menciptakan rumah ramah hewan yang pertama adalah membuat pintu mungil khusus. Pintu ini akan memudahkan mereka keluar-masuk ruang tanpa harus ‘merepotkan’mu

Kamu bisa memasangnya di pintu utama menuju teras atau halaman belakang. Namun, pastikan halamanmu memiliki pagar agar si kucing atau anjing tak berkeliaran terlalu jauh.

Selain itu akan lebih baik lagi jika pintu kecil tersebut dapat dikunci agar lebih aman. Hal ini juga untuk berjaga-jaga jika ada hewan lain masuk di malam hari.

2. Perhatikan pemilihan lantai

tips menciptakan rumah ramah hewan - perhatikan pemilihan lantai

Menggunakan lantai kayu di rumah memang menawan. Namun, lantai kayu sangat rentan tergores, lho! Apalagi jika kucing atau anjingmu gemar mencakar-cakar.

Jika kamu benar-benar ingin menggunakan lantai kayu, sebaiknya pilihlah kayu dengan material  yang lebih kuat. Contohnya seperti kayu pohon ek atau mahogani.

Alternatif lainnya, nih, pilihlah lantai dari bahan batu alam atau keramik. Selain menghindari goresan, lantai ini juga akan terasa sejuk bagi hewan peliharaanmu walau cuaca panas sekalipun.

READ  Cara Agar Kaca Jendela Bersih

3. Buat spot atau ruang khusus hewan peliharaan

tips menciptakan rumah ramah hewan - ruang khusus hewan

Jika rumahmu cukup luas, ya, kamu bisa membuat ruang khusus untuk hewan peliharaanmu. Tapi, nggak masalah juga, kok, jika rumahmu berukuran minimalis!

Cukup perhatikan spot mana yang sekiranya nyaman untuk mereka. Buatlah spot tersebut semakin nyaman dengan kain, selimut, atau kardus untuk mereka santai dan istirahat.

Kamu juga bisa meletakkan berbagai mainan kucing atau anjing di sekitarnya. Tak hanya membuat mereka nyaman, hal ini juga akan mempermudahmu membereskan rumah sehingga lebih fokus.

4. Hindari pemutih atau bahan kimia yang kuat

tips menciptakan rumah nyaman untuk hewan

Kamu sering menggunakan pemutih untuk membersihkan lantai? Sebaiknya ganti saja dengan cairan pembersih yang lebih alami, seperti campuran cuka dan air.

FYI,  cakar kucing dan anjing mampu menyerap bahan pembersih lantai dengan mudah. Nah, bahan kimia di dalamnya ini berpotensi tinggi mengakibatkan iritasi atau racun bagi mereka. Duh, jangan sampai, ya!

5. Rak bermain atau tangga kecil untuk kucing

tips menciptakan rumah nyaman untuk peliharaan - tempat bermain kucing

Bagi yang memiliki kucing pasti terbiasa melihat kucing memanjat lemari, sofa, bahkan pintu. Bagi hewan berbulu itu seluruh benda di rumah bisa menjadi sarana bermainnya.

Namun, alangkah baiknya jika kamu menyediakan alat bermain yang lebih aman. Seperti rak ambalan pada gambar di atas atau tangga khusus kucing agar ia bisa memanjat lebih aman.

6. Letakkan pajangan atau hiasan dengan aman

tips menciptakan rumah ramah hewan

Jika kamu memiliki berbagai pajangan atau hiasan yang rentan pecah, letakkanlah di tempat yang tak bisa dijangkau oleh hewan peliharaanmu

Kamu bisa meletakkannya di tempat yang lebih tinggi atau di dalam lemari pajangan sehingga lebih aman.

Dengan begini, ya, kucing atau anjing peliharaanmu akan lebih leluasa bermain tanpa merusak atau menjatuhkan pajangan di rumah.

READ  Desain Carport Minimalis

7. Bersihkan bulu-bulu menggunakan vacuum cleaner

tips menciptakan rumah ramah hewan - bersihkan bulu dengan vacuum cleaner

Sebagai pemilik hewan, nih, melihat bulu-bulu bertebaran di rumah pasti sudah nggak asing lagi. Namun, hanya dengan menyapunya bukan berarti bulu-bulu tersebut sudah hilang, lho!

Agar lebih maksimal, yuk, gunakan vacuum cleaner atau penyedot debu untuk membersihkannya. Vacuum cleaner pastinya lebih optimal dalam mengangkat kotoran halus.

Bersihkanlah karpet, sofa, dan sudut-sudut rumah dengan vacuum cleaner setiap hari. Tak hanya agar rumah lebih bersih dan sehat, hal ini juga mencegah agar kucing atau anjingmu tak sengaja memakan bulu mereka kembali.

8. Perhatikan pemilihan material kain

tips menciptakan rumah ramah hewan - pilih kain berkualitas

Hindarilah menggunakan kain yang mudah ‘menarik’ bulu-bulu hewan, seperti korduroi, beludru, mohair, chenille, atau veleor.

Sebenarnya menggunakan karpet juga tak disarankan jika kamu memiliki anjing atau kucing di rumah. Sebab, karpet sangat mudah menjadi sarang bakteri, bulu, dan kotoran.

Namun, untuk alternatifnya kamu bisa pilih karpet dengan bahan yang halus. Pastikan material yang dipilih berkualitas tinggi dan tahan cakar, ya!

9. Membuat pagar khusus

tips menciptakan kenyamaan di rumah untuk hewan - buat pagar khusus

Tips menciptakan rumah ramah hewan selanjutnya adalah membuat pagar khusus. Pagar ini bergungsi untuk menghalanginya berlarian ke tempat tertentu, seperti ruang kerja, dapur, atau kamar.

Pagar khusus juga akan berguna banget jika rumahmu bertingkat. Hal ini akan meminimalisasi terjadinya cedera pada peliharaanmu akibat naik turun tangga tanpa pengawasan.

10. Jaga kebersihan dan kerapian

Selain tips-tips di atas, kebersihan dan kerapian juga penting dalam menciptakan kenyamanan bagi hewan di rumah.

Biasakanlah untuk selalu sigap membereskan barang setelah beraktivitas. Misalnya, langsung cuci piring setelah makan, atau meletakkan gelas dan peralatan lainnya dengan rapi.