20
Jun

Tips Menata Rumah Dengan Konsep Open Plan

Tips Menata Rumah Dengan Konsep Open Plan

Tips Menata Rumah Dengan Konsep Open Plan – Konsep open plan ini sering digunakan pada kawasan perumahan modern. Yang sudah pasti tidak asing lagi dengan jenis konsep ini. Karakteristik konsep ini adalah dengan ruangan yang luas dan nantinya akan bisa digunakan untuk ruangan multifungsi, sehingga akan menghemat budget.

Dekorasi ruang tamu yang meliputi pemilihan dan penataan furnitur, elemen dekoratif, serta pemilihan warna cat rumah harus dapat menyiasati resiko yang muncul dari konsep open plan ini.

1. Gunakan Furnitur Sebagai Pembatas Ruang Tamu

Jika kamu menginginkan sedikit privasi pada ruang tamu yang langsung terhubung dengan ruangan lain, maka dekorasi ruang tamu yang bisa dicoba adalah menjadikan lemari atau rak display, rak-rak buku, ataupun meja konsol sebagai sebuah pembatas ruangan. Selain itu, dekorasi ruang tamu menggunakan mini bar atau island bar juga bisa dijadikan sekat ruangan antara ruang tamu dengan ruangan lainnya.

2. Perhatikan Bentuk dan Letak Sofa

Untuk dekorasi ruang tamu dengan konsep open plan, kamu bisa menggunakan sofa dengan bentuk L. Bentuknya yang menyiku bisa dengan mudah disesuaikan dengan ragam kebutuhan ruangan. Misalnya, pada dekorasi ruang tamu, sofa berbentuk L bisa kamu tempatkan di sudut ruangan atau di tengah ruangan, dihadapkan ke arah focal point ruang tamu, yaitu TV, atau menyamping dengan jendela.

Sebaiknya sofa tidak membelakangi dinding pada dekorasi ruang tamu terbuka, melainkan memusat ditengah ruangan. Untuk membuat kesan ini pada ruang tamu, kamu bisa menyusun beberapa sofa kecil membentuk huruf U, dengan sofa utamanya membelakangi ruangan lain.

3. Pasang Rug atau Karpet untuk Menandakan Wilayah Ruang Tamu

Penggunaan karpet pada dekorasi ruang tamu yang tidak bersekat sangat penting. Karpet dapat menjadi penanda batas antar ruangan. Sesuaikan warna atau corak karpet dengan dekorasi ruang tamu seperti sofa, coffee table, dan dengan dekorasi ruangan terdekatnya, supaya prinsip harmoni pada kesatuan ruang tetap terjaga.

4. Terapkan Perpaduan Warna yang Senada dengan Ruangan Lain

Konsep dekorasi ruang tamu pada ruangan terbuka adalah bagian dari dekorasi ruangan secara keseluruhan. Konsep dekorasi ruang tamu dapat dibuat lebih mengalir salah satunya melalui warna. Buatlah seakan dekorasi ruang tamu melanjutkan tema dekorasi ruangan-ruangan disekitarnya.

Kamu bisa memberanikan diri menerapkan konsep dekorasi ruang tamu yang kontras dengan ruangan lain, tetapi jangan sampai melenceng jauh dari kesatuan desain secara keseluruhan. Agar dekorasi ruang tamu terlihat seimbang dengan ruangan lain, pilihlah warna cat dinding yang netral, mainkan kontras warna melalui warna sofa, gorden, karpet dan chusion.

5. Lengkapi Dekorasi Ruang Tamu Terbuka dengan Beragam Aksesoris

Setelah furnitur tersusun rapi, kini giliran pernak-pernik dipasang untuk melengkapi dekorasi ruang tamu yang ada. Pada dekorasi ruang tamu terbuka, meskipun tidak dekat ke dinding, kamu tetap bisa memasang artwork dan kolase bingkai foto, lho. Kamu bisa memasangnya pada bagian belakang lemari yang kamu jadikan penyekat. Cermin yang dipasang berhadap-hadapan juga bisa memberikan kesan ruang tamu yang lebih luas.

JASA ARSITEK DAN KONTRAKTOR  merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di  WA : 0857 4300 6666