21
Feb

Tips Menata Ruang Kerja!

Tips Menata Ruang Kerja!

Kontraktor JogjaKerja di rumah memang lebih efektif karena dapat terhindar dari kemacetan yang menguras energi dan waktu. Selain itu, kamu juga bisa lebih fleksibel membagi waktu untuk mengerjakan aktivitas lainnya. Namun, hunian perlu mengakomodasi kebutuhan ruang untuk menunjang aktivitas kerja di rumah. Pasalnya, rumah tidak seperti kantor yang memang didesain secara khusus untuk bekerja. Ruang kerja di rumah perlu dibuat ergonomis dengan memperhatikan faktor apa saja yang dapat meningkatkan produktivitas dan menghindari hal-hal yang dapat memecah fokus saat kerja di rumah. Berikut kami berikan tips menata ruang kerja! Yuk, simak bersama!

dekorasi interior ruangan kerja

1. Menentukan Letak Ruang Kerja secara Tepat

kamar sebagai tempat kerja

Misalnya, Anda yang sering menerima tamu sebaiknya memiliki ruang kerja yang tidak terlalu jauh dari ruang tamu. Sedangkan Anda yang lebih suka menghabiskan waktu di kamar tidur dapat menyiapkan ruang kerja di dalam kamar tidur. Cara sederhana ini akan mendukung produktivitas Anda karena aktivitas kerja tak akan terganggu selama Anda berada di rumah.

2. Menempati Ruangan dengan Pencahayaan Alami

ruangan kerja rumah dengan cahaya alami

Sebaiknya ruang kerja Anda juga mendapatkan pencahayaan alami yang memadai. Sehingga Anda bisa bekerja dengan nyaman tanpa harus menyalakan lampu pada pagi hingga sore hari. Ruang kerja yang ditempatkan di dekat jendela juga akan membuat Anda bersemangat karena bisa bersantai sejenak di sela-sela pekerjaan sambil melihat pemandangan di luar rumah.

3. Membuat Ruang Kerja dengan Sekat Khusus

ruang kerja minimalis dengan sekat

Ruang kerja yang terlalu terbuka memang sering kali bisa mengganggu konsentrasi kerja Anda. Namun, Anda bisa menyiasatinya dengan membuat sekat khusus. Ruang kerja dengan sekat kaca, kayu, atau bahan lainnya akan terasa nyaman dan lebih tenang. Anggota keluarga maupun tamu akan merasa segan mengganggu Anda selama Anda beraktivitas di ruang kerja sebab ruangan tersebut menjadi bagian penting dari privasi Anda.

READ  5 Ide Kanopi untuk Tempat Tidur

4. Mengandalkan Desain Bergaya Minimalis

ruang kerja di rumah dengan desain minimalis

Desain ruang kerja bergaya minimalis memang paling cocok diaplikasikan pada hunian pribadi. Terutama kalau konsep interior rumah Anda minimalis dan kapasitasnya tidak terlalu besar. Konsep minimalis membuat Anda tak perlu menyiapkan budget besar demi mewujudkan gaya desain tertentu. Sentuhan warna-warna polos dan furniture yang terkesan simpel sudah lebih dari cukup untuk membuat desain ruang kerja minimalis di rumah.

5. Memilih Furniture Ruang Kerja yang Tepat

furniture untuk ruang kerja

Tidak semua furniture kantor pasti cocok ditempatkan di rumah. Oleh sebab itu, Anda harus lebih cermat memilih furniture untuk ruang kerja. Idealnya, furniture untuk ruang kerja Anda di rumah harus berukuran mungil dan desainnya tidak berlebihan. Sehingga penempatan furniture tersebut tidak membuat interior rumah terkesan semakin sempit. Pastikan bahwa ruang gerak Anda dan anggota keluarga lainnya tetap leluasa tanpa terganggu oleh ruang kerja Anda.

6. Menyiapkan Lemari Penyimpanan Sesuai Kebutuhan

rak penyimpanan dalam ruang kerja

Jangan lupa kalau ruang kerja Anda juga harus memiliki lemari penyimpanan agar Anda bisa menata dokumen dan barang-barang lainnya secara praktis. Penggunaan lemari penyimpanan juga akan mengamankan dokumen berharga Anda supaya tidak mudah tercecer. Siapkanlah satu lemari penyimpanan yang kapasitasnya sesuai dengan kebutuhan Anda. Lalu tempatkanlah lemari tersebut pada posisi yang tepat agar mudah dijangkau saat Anda sedang bekerja.

7. Menyimpan Semua Peralatan Kerja dengan Rapi

dekorasi interior ruangan kerja

Peralatan kerja, dokumen, dan benda-benda penting lainnya harus disimpan dengan rapi di ruang kerja. Oleh sebab itu, Anda juga harus menyiapkan container box atau wadah lainnya untuk menyimpan barang-barang tersebut. Sehingga barang-barang penting Anda tidak mudah kotor atau hilang karena diletakkan secara sembarangan. Usahakan agar ruang kerja Anda selalu rapi dan mendukung kenyamanan kerja Anda.

READ  Tembok Rusak Akibat Salah Pengecatan

8. Memberikan Sentuhan Dekorasi Personal

ruang kerja minimalis di rumah

Sentuhan personal tersebut akan meningkatkan semangat kerja Anda. Jangan ragu menambahkan bingkai foto, tanaman indoor berukuran mini, pajangan action figure, atau benda-benda favorit lainnya. Dengan demikian, suasana ruang kerja Anda tak akan terkesan monoton.

Nah, banyak bukan tips yang bisa Anda dapatkan. Jangan lupa untuk simak tips dan inspirasi menarik lainnya di Arsitek Indo Kontraktor.