kontraktor jogja
17
Jan

Tips Menabung Untuk Membeli Rumah

kontraktor jogja
kontraktor jogja

TIPS MENABUNG UNTUK MEMBELIL RUMAH

Arsitek Indo Kontraktor

Setiap orang pasti ingin memiliki rumah sendiri, bukan yang hanya kontrak, kost, dsbnya. Apalagi bagi pasangan baru menikah atau yang baru akan menikah. Namun bagi beberapa orang menabung dianggap sebagai suatu hal yang susah dilakukan karena butuh kesadaran penuh dan keseriusan dalam menjalankannya. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan sebagai cara menabung untuk beli rumah agar lebih mudah dilakukan.

1. Menentukan jumlah nominal yang akan dicapai dalam menabung

Cara menabung untuk beli rumah diawali dengan menentukan jumlah nominal yang ingin Anda capai. Jumlah nominal ini disesuaikan dengan harga rumah yang ingin Anda beli. Dalam menentukan jumlah nominal ini sebaiknya Anda mendiskusikannya dengan pasangan Anda. Ingat bahwa harga tanah ataupun rumah setiap tahun akan naik maka sebaiknya Anda sedikit menaikkan target nominal.

2. Menentukan jumlah tabungan yang disisihkan setiap bulan

Cara menabung untuk beli rumah yang selanjutnya adalah dengan menghitung jumlah uang yang ditabung dari penghasilan setiap bulan. Biasanya menabung ini bisa sekitar 15-20% dari total penghasilan Anda per bulan. Besarnya jumlah tabung juga dikaitkan dengan berapa lama target Anda dalam membeli rumah. Semakin cepat Anda ingin membeli rumah maka semakin besar uang tabungan yang harus Anda simpan setiap bulan. Setelah diketahui berapa nominal uang yang harus ditabung maka Anda dan pasangan harus kompak dalam melakukannya.

3. Lunasi hutang

Cara menabung untuk beli rumah dapat berjalan dengan baik jika Anda sudah terbebas dari hutang Anda. Segera lunasi hutang Anda sehingga pikiran Anda bisa jauh lebih tenang dan fokus pada upaya menabung untuk  beli rumah.

4. Pikirkan dana tambahan

Memikirkan dana tambahan untuk menambah ruangan atau mengisi rumah adalah juga perlu dilakukan sebagai cara menabung untuk beli rumah. Jika Anda sudah menyiapkan dana tambahan ini maka setelah rumah terbeli, Anda pun bisa langsung menyulap rumah baru Anda  menjadi rumah yang nyaman yang sudah lengkap dengan perabotannya.

5. Menabung dalam bentuk emas

Jika Anda memiliki uang berlebih, sebaiknya Anda investasikan dalam bentuk logam mulia atau emas. Cara menabung untuk beli rumah menggunakan emas ini cukup menggiurkan karena emas termasuk komoditi yang nilainya selalu naik dan tidak tergerus inflasi.

6. Menabung di rumah

Selain memiliki tabungan di bank, cara menabung untuk beli rumah dapat dilakukan dengan memiliki tabungan di rumah berupa celengan. Kebiasaan menabung di rumah ini sebaiknya dilakukan oleh seluruh anggora keluarga agar jumlah tabungan cepat bertambah.

7. Batasi pengeluaran untuk berbelanja

Meski berbelanja kebutuhan sehari-hari itu penting, namun cobalah untuk berhemat dengan membeli barang-barang degan harga murah ataupun sedang diskon. Berbelanja dengan cara cermat dan bijak ini juga termasuk sebagai cara menabung untuk beli rumah.

8. Makan sederhana

Jika Anda ingin membeli rumah maka Anda pun wajib berusaha keras untuk hidup sederhana, baik dalam melakoni gaya hidup ataupun dalam memilih menu makan. Cara menabung untuk beli rumah akan terasa makin ringan dengan kebiasaan Anda makan di rumah, tidak jajan di luar. Selain hemat, makan di rumah juga terbukti sehat bagi Anda.

9. Kurangi pengeluaran untuk bersenang-senang

Jika kamu hobi nonton bioskop, berlibur, karaoke, dan sebagainya untuk hiburan atau bersenang-senang maka Anda harus menghentikan kebiasaan tersebut sejenak. Gantikan cara hiburan Anda dengan hal yang sifatnya lebih murah, seperti jalan-jalan ke pantai, gunung, dan sebagainya. Jika terasa sulit menghentikan, Anda bisa mengurasi intensitas Anda untuk bersenang-senang. Lebih baik uang untuk bersenang-senang, Anda alokaskan sebagai tambahan tabungan Anda membeli rumah. Cara menabung untuk beli rumah ini harus Anda ikuti dengan disiplin.

10. Memanfaatkan kendaraan umum

Salah satu hal yang mendukung cara menabung untuk beli rumah adalah dengan selalu memanfaatkan angkutan umum, bukan motor atau mobil pribadi. Selain irit dalam mengeluarkan biaya transportasi. Melakukan perjalanan dengan menggunakan angkutan umum maka akan membuat Anda makin sehat dan bugar karena telah melakukan aktivitas fisik.a