06
Mei

Tips Memilih Paving Block Berkualitas

Tips Memilih Paving Block Berkualitas

ARSITEK INDO KONTRAKTOR | Ada beberapa hal yang harus di perhatikan dalam memilih paving block. Karena ada beberapa paving block yang memiliki kualitas kurang sehingga pada saat pemasangan mudah pecah. Agar anda tidak rugi dlam memilih paving blcok mari simak ulasan di bawah ini yang akan membahas mengenai cara memilih paving block yang berkualitas. Mau tahu apa saja ? Mari simak ulasan di bawah ini. Selamat membaca !

Memiliki Bentuk yang Presisi

Paving block yang baik mempunyai bentuk yang benar-benar presisi. Semua bagian permukaan material tersebut rata dan rapi, tanpa adanya lubang sama sekali. Bentuk sudut-sudutnya pun lancip. Perhatikan dengan baik-baik, paving block yang bagus tersusun oleh material yang sangat padat dan rapat. Hindari memilih paving block yang mempunyai kerikil di bagian luarnya, sebab kemungkinan besar produsen telah berbuat nakal dengan mencampurkan kerikil cukup banyak.

Baca Juga : Jenis Paving Block dan Ukuran

Teksturnya Terasa Kasar

Paving block terbuat dari pasir yang telah diayak sehingga ukurannya pun relatif kecil. Jika diraba menggunakan telapak tangan, paving block yang bagus terasa kasar dan agak sakit di tangan. Paving block yang terasa halus menandakan kalau pasir yang dipakai tidak murni karena masih banyak mengandung tanah. Sedangkan bila partikel-partikel penyusun paving block mudah terlepas saat digores menggunakan suatu benda yang tajam artinya semen yang dipakai terlalu sedikit sehingga strukturnya mudah keropos.

Seragam dalam Ukuran

Pembuatan paving block dilakukan dengan mencetak bahan-bahan yang telah tercampur ke dalam suatu cetakan. Tujuannya untuk memadatkan bahan-bahan pembentuk tersebut sekaligus membuat bentuknya. Karena menggunakan cetakan yang sama persis, jadi dipastikan kalau ukuran suatu paving block tidak jauh berbeda dengan paving block lainnya. Alangkah lebih bagus lagi kalau ukuran semua paving block yang Anda beli seragam karena akan berpengaruh dalam hal kemudahan pemasangan dan kerapian hasil akhirnya.

Baca Juga : Mengenal Lebih Dekat Paving Block

Kuat dan Kokoh

Tidak perlu sungkan untuk bertanya kepada penjual yang mempunyai toko bangunan mengenai kualitas paving block yang dijualnya. Bila perlu, tantanglah dia untuk menguji mutu material tersebut di depan Anda. Anda bisa meminta penjual untuk menjatuhkan beberapa paving block secara acak. Produsen yang yakin kalau produknya kuat dan kokoh pasti dengan tenang akan mempersilakan Anda untuk menguji coba kualitas paving block buatannya. Adapun uji coba terhadap kualitas paving block yang paling sederhana dapat dilakukan dengan menjatuhkannya secara bebas dari ketinggian 1 meter.