24
Des

Tips Memilih Kursi Kerja yang Tepat

Tips Memilih Kursi Kerja yang Tepat

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Menghabiskan waktu seharian di kantor memang cukup menguras energi. Maka agar meminimalisir kelelahan dan ketegangan selama bekerja, Anda sebaiknya membuat segala sesuatu yang berhubungan dengan pekerjaan menjadi nyaman dan aman baik dari segi fisik maupun mental. Di sini coba kita ulas tips memilih kursi kantor yang sebaiknya Anda pergunakan selama bekerja. Berikut ini tips memilih kursi kerja yang tepat.

Perhatikan ketinggian kursi kerja

Memperhatikan tinggi rendah kursi yang hendak digunakan merupakan faktor penting untuk kenyamanan dan kesehatan.  Posisi ini dapat membuat duduk dengan nyaman. Apalagi terlalu lama duduk dengan kaki menggantung akan mempengaruhi seluruh postur tubuh. Pasalnya, posisi kaki yang menggantung membuat aliran darah hanya berpusat pada area tubuh yang berada di atas kursi. Kondisi ini tentu saja dapat mengganggu kesehatan.

Pilih kursi kantor yang memiliki sandaran lengan

Langkah selanjutnya yang perlu diperhatikan saat memilih desain kursi adalah sandaran lengannya. Akan sangat baik apabila Anda memilih kursi kantor yang bisa diatur ketinggian sandaran lengannya.  Pada saat bekerja di depan komputer maupun laptop, umumnya sisi badan yang seringkali bergerak yakni tangan. Kursi kerja berlengan dapat dijadikan sebagai sandaran tangan pada saat tangan merasa pegal maupun lelah.

Gunakan kursi kantor dengan sandaran badan sesuai bentuk tulang punggung

Selain sandaran lengan, sandaran badan di kursi kerja juga sangat penting untuk menjadi acuan dalam memilih kursi kantor. Sandaran badan dengan daya pegas merupakan pilihan terbaik sehingga dapat menyesuaikan dengan postur badan serta berat badan. Dengan kursi kantor ini Anda dapat menopang dan menempatkan posisi punggung senyaman mungkin. Pilihlah sandaran kursi kantor yang dapat mengakomodasi bentuk tulang punggung dan dapat mengikuti bentuk alami tulang punggung.

READ  Kelebihan Memasang Wallpaper Dinding Pada Rumah Anda

Perhatikan posisi dudukan dan bantalan kursi kerja

Tips selanjutnya yang harus diperhatikan saat memilih kursi kerja adalah posisi dudukan dan bantalannya. Sebisa mungkin bagian panggul pada saat duduk berada tepat pada dudukan sesuai dengan lekukan anatomi tubuh. Karenanya, jika Anda ingin bekerja secara maksimal, ada baiknya memilih kursi kerja yang punya bantalan empuk. Untuk itu ada baiknya Anda memperhatikan dulu bantalan kursi kantor sebelum membeli, apakah empuk atau keras. Bantalan kursi kantor yang nyaman dipengaruhi oleh bahan busa dan bahan pembungkusnya. Bantalan kursi kantor keras membuat pinggang akan menjadi mudah sakit, tentunya nggak nyaman kan?

Pilih kursi kantor yang berkaki roda

Untuk kenyaman, pilihlah kursi kantor yang mempunyai kaki roda. Hal itu agar Anda lebih fleksibel dalam bergerak. Mobilitas dapat terbantu tanpa harus sering berdiri pada saat beraktifitas di ruang kerja. Desain kursi kantor ini juga memudahkan untuk bergeser dari tempat satu ke tempat yang lain dalam ruangan yang sama. Selain itu, upayakan pula untuk memilih kursi kantor yang dapat diatur. Fitur ini akan memudahkan untuk memperoleh ketinggian kursi yang sesuai dengan meja kerja dan membuat Anda dapat duduk dengan nyaman.

Pastikan kursi kerja cocok dengan meja kerja

Kursi kerja tentu harus cocok dengan meja kerja. Oleh karena itu, ketika ingin membeli kursi kantor, jangan pernah melupakan meja kerja. Hal ini bukan berarti harus membeli meja kerja baru, melainkan perhatikanlah detail meja yang dipakai untuk bekerja.