cara memilih bel rumah
13
Jul

Tips Memilih Bel Rumah Sesuai Kebutuhan

Tips Memilih Bel Rumah Sesuai Kebutuhan

KONTRAKTOR JOGJACV ARSITEK INDO KONTRAKTOR – Setujukah Anda bahwa bel rumah penting keberadaannya di rumah? Bel rumah merupakan suatu alat yang dapat membantu memberikat tanda atau peringatan kepada penghuni rumah bahwa ada tamu datang atau sesuatu yang terjadi pada area rumah khususnya depan rumah. Dengan berbagai fitur yang tersedia dari bel rumah ini akan memudahkan Anda untuk menjaga keamanan rumah setiap saat. Termasuk menjaga rumah dari orang-orang yang berniat buruk terhadap penghuni rumah. Maka dari itu perlu anda ketahu terlebih dahulu Tips Memilih Bel Rumah Sesuai Kebutuhan.

BUF Tembaga Murni Super Indah Bunga Matahari Angin Berpadu Menggantung  Dekorasi Toko Bel Pintu Logam Tembaga Bel Pintu Korea|Lonceng angin &  Menggantung Dekorasi| - AliExpress

Pilih berdasarkan tipe bel

Secara garis besar, ada tiga tipe bel rumah, yaitu bel konvensional, bel yang menggunakan kabel, dan bel nirkabel. Silakan pilih tipe bel yang paling sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda.

Tipe konvensional, hadirkan nuansa klasik di rumah Anda

Tipe bel konvensional biasanya tersedia dalam bentuk lonceng, dan akan berbunyi ketika digetarkan. Umumnya bel konvensional terbuat dari kayu, kuningan, dan logam campuran. Bel tipe ini dapat menghadirkan suasana vintage dan klasik pada rumah Anda.

Selain dapat menjadi dekorasi rumah yang unik, bel tipe ini tidak memerlukan listrik atau baterai. Bel konvensional juga biasanya lebih tahan dalam berbagai cuaca, baik panas maupun hujan. Namun, suara yang tidak sekeras bel bertipe kabel atau nirkabel.

Tipe wired dan wireless, suaranya lebih terdengar

Tips Memilih Bel Rumah Sesuai Kebutuhan

Seiring dengan kemajuan zaman, bel rumah yang semula berbentuk lonceng juga turut mengalami perkembangan. Awalnya, muncul bel rumah dengan kabel atau wired door bell. Bel rumah tipe ini dihubungkan dengan baterai atau listrik. Namun, beberapa tahun terakhir sudah banyak tersedia bel rumah nirkabel atau wireless door bell yang lebih praktis.

READ  6 Cara Menghadirkan Sentuhan Rumah Bergaya Jepang
Baca Juga :
Kedua tipe bel rumah ini memiliki suara yang lebih kencang dibandingkan tipe konvensional. Selain itu, Anda bisa memilih sendiri nada yang diinginkan.
Tak hanya itu, kini sudah ada bel rumah yang dilengkapi kamera menyerupai CCTV. Meski begitu, ingatlah untuk mengecek apakah bel rumah pilihan Anda terbuat dari bahan antiair. Jika tidak, pastikan Anda memasangnya di tempat yang aman.

Perhatikan fitur bel rumah secara keseluruhan

Poin lain yang perlu Anda perhatikan dalam memilh bel rumah adalah fitur yang terdapat dalam produk. Makin banyak fitur yang ditawarkan, tentu harganya makin mahal. Oleh sebab itu, pilihlah produk yang fiturnya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Carilah informasi mengenai bunyinya

Tips Memilih Bel Rumah Sesuai Kebutuhan

Fitur utama dari sebuah bel rumah adalah suara yang dihasilkannya. Karena itu, Anda perlu memeriksa seperti apa bunyi bel rumah yang akan dipilih. Jangan lupa untuk mengecek area jangkaunya juga, ya. Bel konvensional tentu memiliki bunyi dan jangkauan yang lebih terbatas daripada tipe lain.

Baca Juga :

Salah satu bunyi bel yang populer adalah nada ‘ding-dong‘ yang menyerupai suara lonceng. Namun, kini sudah banyak produk yang menawarkan belasan bahkan puluhan nada yang bisa Anda pilih. Pastikan bunyi bel sesuai dengan keinginan Anda ya. Selain itu, perhatikan level suara yang agar tidak mengganggu tetangga Anda.

Cek keberadaan fitur tambahan lainnya

Tips Memilih Bel Rumah Sesuai Kebutuhan

Sejumlah bel rumah kini lengkap dengan fitur tambahan yang dapat menambah daya tariknya. Selain menyediakan beragam pilihan nada dering, beberapa produk menawarkan pengguna untuk mengatur sendiri level volume suara. Nah, Anda bisa menyesuaikannya bila ingin bel rumah berbunyi lebih kecil atau besar.

READ  Manfaat Dan Kelebihan Karpet Lantai

Selain itu, ada juga bel rumah yang dilengkapi sensor tambahan. Sebagai contoh, ada yang indikatornya dapat menyala saat bel berbunyi. Jika Anda menginginkan produk yang lebih canggih, ada pula bel rumah dengan fitur perekam gambar dan suara. Fitur tersebut tentu memberi pengamanan ekstra untuk rumah Anda.

Perhatikan cara pemasangannya

Tips Memilih Bel Rumah Sesuai Kebutuhan

Jangan lupa untuk memeriksa cara pemasangan bel rumah. Umumnya, penjual menyertakan saran pemasangan dalam kemasan atau keterangan produk. Ada bel rumah yang cara pemasangannya sebaiknya dengan paku, sekrup, atau perekat dua sisi.

Selain cara pemasangannya, perhatikan pula lokasi pemasangan bel rumah. Usahakan untuk memasangnya di dekat pintu masuk, serta di tempat yang mudah terlihat. Anda juga sebaiknya menghindari area yang rawan terkena hujan, debu, dan panas matahari langsung. Dengan begitu, bel rumah Anda akan lebih tahan lama.

Sesuaikan dengan kondisi rumah Anda

Tips Memilih Bel Rumah Sesuai Kebutuhan

Poin yang tidak kalah penting untuk dipertimbangkan saat memilih bel adalah menyesuaikannya dengan kondisi rumah. Anda bisa menyesuaikan bel dengan nuansa yang Anda inginkan, misalnya memilih bel konvensional bernuansa vintage.

Penggunaan bel tidak hanya sebagai penanda jika ada tamu yang datang ke rumah, namun juga sekaligus untuk keamanan rumah Anda dengan fitur tertentu yang ada pada bel tersebut. Semoga pengetahuan yang kami bagikan kali ini dapat bermanfaat untuk Anda.