08
Mei

Tips Memilih Bak Mandi Untuk Bayi

Tips Memilih Bak Mandi Untuk Bayi

ARSITEK INDO KONTRAKTOR | Dalam pemilihan bak mandi untuk bayi anda perlu memerhatikan kenyamanan untuk bak mandi bayi anda. Tentu hal ini untuk kenyamanan anda dan bayi anda dalam memandikan bayi anda dan tak luput dari keamanannya. Nah pada artikel dibawah ini akan di bahas mengenai tips memilih bak mandi untuk bayi anda. Mau tahu apa saja ? mari simak ulasan di bawah ini. Selamat membaca !

1. Pertimbangkan bahan pembuat bak mandi

Perhatikan bahan utama pembuat bak mandi bayi. Sebaiknya anda memilih bak mandi yang terbuat dari plastik yang kuat dan juga ringan. Bak mandi yang ringan memudahkan anda  untuk memindahkan dan membersihkannya.

Bak mandi bayi juga harus aman dan tidak mengandung bahan yang berbahaya, contohnya bahan polypropylene plastic. Saat ini terdapat bak mandi tipe vinyl yang dapat diisi dengan angin sebelum dipakai. Namun tipe ini kurang kokoh, dikhawatirkan akan membahayakan bayi anda.

Baca Juga : Jenis Kelambu Untuk Kamar Tidur

2. Perhatikan ukuran yang pas untuk bayi

Kedalaman dan besar ukuran bak mandi bayi harus cukup. Bak mandi jangan terlalu dalam karena dikhawatirkan bayi dapat tenggelam.

Pilih juga bak mandi yang tidak terlalu besar dan sebanding dengan ukuran bayi. Sehingga bayi tidak mengalami kesulitan untuk memegang pinggiran bak ketika ingin berdiri.

Harap diingat, bak mandi hanya penting digunakan untuk bayi di bawah 1 tahun. Bahkan setelah bayi bisa berdiri, ia akan lebih suka mandi tanpa bak.

3. Sesuaikan modelnya dengan kebutuhan

Ada begitu banyak model bak mandi bayi yang bisa anda  pilih. Misalnya, bak standar dari bahan plastik, bak mandi yang bisa dilipat, bak tiup, bak berbentuk kursi yang memiliki sandaran, atau bak mandi berdiri dengan standar kaki. Bak mandi yang memiliki kaki akan memudahkan anda  jika mengalami kesulitan untuk berjongkok.

Bak mandi lipat atau tiup cocok untuk dibawa saat bepergian dengan bayi. Di rumah, bak mandi lipat juga akan menghemat ruang karena bisa disimpan dalam lemari.

Namun, setiap bentuk bak memiliki kelebihan dan kekuarangannya. Seperti sudah disebutkan di atas, bak mandi tiup mungkin tidak terlalu baik karena kurang kokoh. Bak mandi dengan kaki juga tidak kuat menopang bayi yang sudah banyak bergerak.

Baca Juga : Pemakaian Kaca Untuk Kamar Mandi

4. Perhatikan alas dan sudut bak mandi

Tidak sedikit alas bak mandi bayi yang licin saat terkena air. Ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan bayi tergelincir saat mandi. Karena itu sebaiknya anda membeli bak mandi bayi yang anti slip. Kaki bayi juga masih sangat halus, jika menggunakan bak mandi bayi yang memiliki alas licin dapat membuat bayi mudah tergelincir.

Tidak semua produsen bak mandi bayi memperhatikan hal ini. Pilihlah sudut-sudut bak mandi bayi yang tidak tajam. Sudut tajam berisiko melukai bayi bila tergelincir.

Permukaan bak mandi bayi juga berpotensi menggores kulit bayi karena bahannya yang kasar

5. Pilih kaki bak mandi yang kokoh

Seringkali kaki bak mandi bayi luput dari perhatian. Padahal kaki bak mandi bayi merupakan bagian vital dalam bak mandi itu sendiri. Kaki yang kokoh membuat bak mandi tidak mudah bergeser.

Pilihlah bak mandi bayi yang memiliki kaki-kaki anti slip atau paling tidak berdiri di atas keramik kamar mandi anti slip. Beberapa bak mandi bayi ada yang memiliki kaki berbahan karet sehingga anda dapat memandikan bayi tanpa khawatir bak akan bergeser-geser.

6. Pertimbangkan perbandingan harga dan kualitas

 

Jangan memaksakan diri untuk membeli bak mandi yang mahal. Usahakan membeli bak mandi bayi yang sesuai dengan budget yang anda miliki. Pilihlah dengan bijak bak mandi bayi sesuai dengan kualitas dan kebutuhan.

Jika dengan budget terbatas namun Mama bisa mendapatkan bak mandi sesuai kebutuhan bayi, kenapa harus memilih tipe bak mandi bayi yang jauh lebih mahal?

Baca Juga : Cara Agar Kamar Mandi Bebas Bau

7. Pilih bak dengan cara membersihkan yang mudah

Sebelum anda  membeli bak, pikirkan betapa mudah atau sulitnya dalam membersihkan bak mandi bayi. Semakin banyak celah atau detail yang dimiliki sebuah bak, semakin lama waktu yang diperlukan untuk membersihkannya. Bak mandi harus selalu bersih untuk menghindari bayi dari risiko terkena penyakit kulit.

Sebaiknya pilih bak yang mudah dibersihkan dan mudah kering untuk mencegah pertumbuhan jamur atau lumut. Bak mandi yang dilengkapi dengan lubang dan tali penggantung juga membuatnya mudah kering dan terhindar dari jamur.

8. Periksa fungsi dan kegunaan lainnya

Kemajuan teknologi juga berpengaruh pada peralatan bayi, salah satunya bak mandi bayi. Banyak bak bayi yang tak hanya menjadi tempat mandi bayi, tapi juga memiliki fungsi lainnya. Misalnya, untuk menimbang berat badan bayi dan memiliki termometer untuk mengukur suhu air yang akan digunakan. Apakah terlalu panas atau terlalu dingin buat si kecil.