14
Jul

Tips Membuat Taman Tropis

Tips Membuat Taman Tropis!

Kontraktor JogjaTips Membuat Taman Tropis. Salah satu jenis taman yang cocok dibuat untuk rumah di wilayah tropis tidak lain adalah taman tropis. Taman tropis tersusun dari aneka jenis tanaman, mulai dari pohon, semak, bunga tropis hingga rerumputan, yang tahan terhadap panas matahari dan curah hujan yang intens. Tanaman yang juga dinamai sebagai tanaman tropis ini sengaja dibiarkan tumbuh rimbun sehingga menyerupai tampilan hutan tropis.Tertarik untuk membuat taman tropis di rumah? Yuk intip tips membuat taman topis berikut ini.

 

Pertama-tama yang perlu kamu persiapkan sebelum membangun taman tropismu adalah membuat background-nya terlebih dahulu. Background taman dapat berupa dinding, sekat, maupun partisi, yang mana berfungsi sebagai kanvas. Persiapkan background dengan mengecatnya menggunakan warna gelap seperti gradasi warna hijau tua. Hal tersebut bertujuan untuk menimbulkan efek visual taman yang lebih rimbun. Selain warna-warna tua, elemen-elemen alam seperti kayu dan batu juga bisa dikombinasikan untuk membuat background taman tropismu. Kamu bisa menggunakan material kayu bekas atau daur ulang sebagai partisi dinding pada taman tropismu. Kesan rustik dari kayu bekas akan berpadu baik dengan rimbunnya tanamanmu.

Selanjutnya adalah pemilihan tanaman untuk mengisi taman tropismu. Tanaman yang bisa kamu gunakan antara lain jenis pisang-pisangan, perdu, anthurium, dan berbagai tanaman tropis dengan daur lebar dan berbentuk unik. Buatlah sketsa atau desain taman tropis yang ingin kamu wujudkan terlebih dahulu, agar memudahkan dalam memilih jenis tanaman dan menyusunnya.

– Mulai dari tanaman besar ke kecil

Tanam terlebih dahulu tanaman berukuran besar seperti beberapa jenis pisang-pisangan dan pepohonan tropis. Heliconia bisa menjadi pilihan yang bagus karena ukurannya yang besar dan tumbuh cukup cepat hanya butuh 4-6 bulan hingga dewasa. Mengapa menyusun tanaman dari yang besar ke kecil? Karena akan memudahkanmu penataan serta memberi layer pada taman tropismu. Setelah tanaman-tanaman besar sudah tertanam, lalu susun tanaman yang berukuran lebih kecil hingga taman tropismu terlihat lebat.

READ  Pengertian Balok Dan Jenisnya

– Gunakan tekstur

Taman tropis akan didominasi oleh warna hijau maka untuk mempercantik visualnya kombinasikan tanaman dengan berbagai bentuk daun yang lebar dan unik. Beri jarak yang dekat antar tanaman tropismu. Dengan demikian taman tropismu akan juah terlihat lebih dinamis dan eksotis.

– Beri sedikit warna cerah

Selain dari tekstur kamu juga bisa, penggunaan warna-warna cerah dari tanaman seperti beberapa jenis aglonema dan anggrek bisa menjadi pilihan yang tepat. Dikarenakan taman tropis hampir tidak menggunakan bunga sama sekali, maka dengan memberikan sedikit warna cerah dari beberapa tanaman akan membuatnya semakin hidup.

– Tentukan focal point

Focal point atau titik fokus mempunyai peran yang penting sebagai pusat perhatian dari tamanmu. Dalam mendesain taman tropismu usahakan terdapat satu atau dua titik yang menjadi pusat perhatian dan memberi tamanmu karakter yang menarik. Kamu bisa memadukan beberapa tanaman bertekstur unik, perabotan yang terbuat dari tanah liat, maupun ukiran atau patung. Gabungkan mereka dengan susunan seestetik mungkin!

Menggunakan taman vertikal atau green wall bisa menjadi opsi untuk mengisi space dinding. Taman vertikal juga dapat menjadi opsi bagi kamu dengan lahan hijau yang terbatas atau ingin menciptakan taman tropis indoor. Kombinasikan tekstur, layer, dan warna seperti membuat taman tropis pada area outdoor.

Keberadaan kolam pada taman tropis sebenarnya bukan sesuatu yang wajib, tetapi akan memberi sentuhan yang manis. Gabungkan kolam dengan elemen batu alam agar lebih menghadirkan nuansa segar dan natural. Suara gemercik air juga akan membuat perasaanmu lebih damai dan betah berlama-lama menghabiskan waktu di taman tropismu.

READ  Mengenal Jenis Pintu Folding Gate

5. Pilihlah dekorasi taman yang unik

Pemilihan dekorasi juga tidak kalah penting dibanding dengan penataan tanaman. Gunakan elemen bernuansa natural agar menyatu dengan tamanmu. Untuk alas taman, kamu bisa mengombinasikan rumput, pijakan batu alam, serta batu koral. Pemilihan lampu juga bisa menggunakan elemen batu maupun kayu dengan desain yang unik dan eksotis. Dekorasi kerajinan gerabah dan pot juga bisa kamu gunakan untuk melengkapi nuansa tropis pada tamanmu. Usahakan pot juga diberi warna gelap agar dapat menyatu dengan rimbunnya tanaman di sekitar.

Terakhir adalah tempat untuk bersantai dan menikmati keindahan tamanmu. Kamu bisa menggunakan kursi, meja taman, ataupun gazebo baik outdoor maupun semi-outdoor. Gunakan desain bohemian atau rustik dengan pemilihan meja dan kursi taman yang unik. Tidak lupa memanfaatkan elemen alam seperti kayu, bambu, dan batu alam agar kegiatan bersantai jadi lebih nyaman dan hangat.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah. Dan jangan lupa bagikan artikel ini kepada kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.