22
Apr

Tips Membersihkan Sofa Kain

TIPS MEMBERSIHKAN SOFA KAIN

ARSITEK INDO KONTRAKTOR | Salah satu jenis sofa yang berbahan dasar kain pasti akan sering menjumpai masalah seperti kusamnya pada kain sofa.Tentu hal ini membuat tidak nyaman anda dan keluarga. Tetapi tenang sobat ada banyak cara untuk membersihkan sofa anda. Nah pada artikel di bawah ini akan di bahas mengenai cara mudah membersihkan sofa kain dengan mudah. Mau tahu apa saja ? Mari simak ulasan di bawah ini.

1. Gunakan Cairan Pembersih

Sumber: pinterest.com

Umumnya, kotoran yang terdapat pada sofa kain dikarenakan adanya debu yang menempel. Namun, jika debu tersebut dibiarkan begitu saja, pasti akan ada noda membandel yang akan menempel pada sofa kain kamu. Cara pertama untuk membersihkannya adalah dengan menggunakan cairan pembersih, seperti cuka dan deterjen cair. Kamu tidak akan sulit menemukan kedua cairan tersebut, karena banyak ditemukan di supermarket. Langkah-langkah membersihkan dengan cuka dan deterjen cair berbeda, ya. Jika menggunakan cuka, kamu hanya perlu meneteskan cuka di permukaan sofa, kemudian didiamkan beberapa saat , lalu bersihkan dengan air sabun. Sedangkan jika menggunakan deterjen, kamu hanya perlu mencampur sedikit deterjen dengan air hangat saja.

2.  Gunakan Penyedot Debu

Sumber: pinterest.com

Jika sofa kain kamu terkena remahan makanan atau debu, cara membersihkannya mudah, lho. Kamu bisa gunakan alat penyedot debu. Tentunya, gunakan penyedot debu yang memang dikhususkan untuk sofa kain. Lakukan pembersihan dengan satu arah dan setel penyedot dengan kekuatan ringan. Bersihkan secara perlahan hingga ke sudut-sudut sofa agar debu yang menempel hilang secara sempurna.

3. Gunakan Tisu Basah

Sumber: everydayfamily.com

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan tisu basah. Sofa kain yang hanya terkena tumpahan minuman sangat mudah untuk dibersihkan dengan menggunakan cara ini. Tisu basah memiliki kandungan yang lembut sehingga tidak akan membuat sofa kain menjadi rusak. Setelah menggunakan tisu basah, keringkan sofa kain.

Baca Juga : Jenis Tanaman Untuk Taman Atap Rumah

4. Gunakan Pasta

Sumber: sunlightcarpetcare.co

Kamu juga bisa menggunakan pasta untuk membersihkan sofa kain, lho. Kamu bisa temukan pasta ini toko peralatan kebersihan rumah. Peralatan yang harus disiapkan untuk membersihkannya adalah kain lap dan semprotan. Untuk caranya, kamu hanya perlu semprotkan pasta di atas permukaan sofa kain. Lalu, diamkan sebentar agar kotoran terangkat. Setelah itu, usapkan dengan kain lap.

Baca Juga : Manfaat Memiliki Jendela Rumah

5. Gunakan Air Sabun

Sumber: pinterest.com

Cara terakhir adalah dengan menggunakan air sabun. Kamu bisa gunakan sikat yang lembut untuk membersihkan noda kotoran. Namun, kamu juga harus memperhatikan sofa kain tidak terlalu basah karena nanti akan meresap ke bantalan sofa kain. Langkah-langkah menggunakan air sabun adalah usapkan secara menyeluruh, kemudian diamkan beberapa saat. Lalu, keringkan dengan kain lap bersih yang lembab.