28
Apr

Tips Membersihkan Oven, Kompor Dan Microwave

TIPS MEMBERSIHKAN OVEN, KOMPOR DAN MICROWAVE

Wallpaper Untuk Dapur?

ARSITEK INDO KONTRAKTOR | Membersihkan peralatan dapur memang sangat di wajibkan untuk kenyamanan anda dalam membuat makanan. Salah satu yang perlu di bersihkan adalah microwave kompor dan oven yang sering di pakai. Nah pada artikel di bawah ini akan di bahas mengenai bagaimana cara membersihkan peralatan dapur dengan tepat. Mari simak ulasan di bawah ini.

Cara membersihkan microwave:

  1. Lepaskan piring putar yang ada di dalam microwave dengan mengikuti petunjuk pelepasannya yang tertera dalam buku manualnya. Cuci piring putar dengan sabun pencuci piring dan keringkan.
  2. Masukkan satu buah lemon yang sudah dibelah dua ke dalam microwave tanpa piring putar.
  3. Nyalakan microwave tak lebih dari 1-3 menit hingga uap dari lemon menyebar ke seluruh bagian dalam microwave. Cairan lemon ini akan membantu menghilangkan lemak dan sisa makanan gosong yang menempel. Keuntungan lainnya, air lemon akan membuat microwave menjadi beraroma segar.
  4. Keringkan bagian dalam microwave dengan kain kering. Lalu masukkan kembali piring putar yang sudah Anda cuci.
  5. Bersihkan bagian luar microwave dengan spons lembut agar noda dan minyak di sekelilingnya hilang.

Baca Juga : Cara Merawat Peralatan Dapur

Cara Membersihkan Oven:

  1. Keluarkan rak berangka di dalam oven lalu rendam di dalam air sabun di dalam baskom.
  2. Semprotkan dinding dan bagian dalam oven dengan air yang dicampur sedikit sabun pencuci piring, lalu lap dengan kain bersih atau spons.Jika banyak noda makanan yang menempel di bagian dalam oven, Anda bisa menggosoknya menggunakan spons atau kain basah. Agar bagian dalamnya cepat kering, biarkan oven dalam keadaan terbuka.
  1. Masukkan kembali rak oven yang sudah dibersihkan.

Baca Juga : Plus Minus Dapur Outdoor

Cara Membersihkan Kompor

  1. Singkirkan kotoran bekas makanan yang menempel pada permukaan kompor.
  2. Semprotkan cairan pembersih ke seluruh permukaannya lalu seka dengan spons kering atau lap hingga seluruh nodanya hilang. Anda tak perlu membilasnya lagi dengan air.
  3. Jangan membersihkan tungku api dengan kain basah, gunakan saja sikat gigi bekas yang kering untuk membersihkan sela-sela tungku. Jika tungku dalam keadaan lembap atau basah, akan membuat api susah menyala.