15
Apr

Tips Memasang Pintu Rumah Menurut Feng Shui

Tips Memasang Pintu Rumah Menurut Feng Shui

Tips Memasang Pintu Rumah Menurut Feng Shui – Pintu masuk rumah menjadi elemen yang penting. Karena ketika akan menuju rumah seseorang pasti akan melewati pintu. Tidak hanya dijadikan sebagai akses keluar masuk saja, pintu juga bisa dijadikan sebagai focal point. Memasang pintu rumah juga harus memperhatikan trik – trik yang tepat.

Memasang Pintu Menurut Feng Shui

  • Pertimbangkan akses udara, cahaya dan energi

Mempertimbangkan pintu masuk rumah sama seperti mengatur feng Shui rumah agar rejeki lancar. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa pintu masuk rumah terutama pintu depan memiliki peran yang sangat penting. Anda bisa membiarkan udara, cahaya dan energi yang masuk secara bebas atau terbatas. Dalam hal ini feng shui meminta untuk akses ketiga elemen ini bisa masuk ke rumah secara bebas.

Karena itu pintu masuk utama harus dibuat dengan ukuran yang cukup longgar. Dengan ukuran yang tepat maka pertukaran cahaya dan energi bisa terjadi secara bebas. Dalam hal ini kemudian bisa membuat energi rumah menjadi sangat baik. untuk memberi kesan seperti ini maka bisa menambahkan interior di depan pintu rumah seperti sisi samping pintu dari kaca, warna cat harus berwibawa seperti warna kayu atau  warna cerah, berikan tambahan pot di kedua sisi dan tambahkan hiasan seperti nama pemilik rumah dan nomer rumah.

  • Aksen warna alami di depan pintu

Untuk memberi kode kepada tamu maka Anda harus memberi sebuah aksen yang sangat jelas. Tentu jika Anda mendapatkan rumah dengan cara membeli rumah pesan bangun maka desain ini bisa ditentukan. Yang dimaksudkan dengan memberi warna aksen alami adalah dengan memberi nuansa alam di sekitar pintu. Anda bisa menerapkan elemen penting dalam feng shui yaitu air, kayu, api, tanah dan logam.

Untuk itu membuat sebuah taman kecil bisa membuat akses pintu masuk tidak hanya indah tapi benar-benar alami. Anda bisa memberikan tanaman yang kecil berwarna cerah dan mengatur tata letaknya dengan baik. Taman ini bisa membuat semua penghuni rumah menjadi lebih nyaman.

  • Beri pemisah bagian tengah dan ruang tamu

Semua pintu masuk rumah pasti mengutamakan pintu depan. Dengan cara ini maka Anda bisa membuat desain pintu depan dengan tata letak yang tepat. Hal yang terpenting adalah membuat pintu depan tidak berhubungan langsung dengan ruang tengah. Hal ini juga karena ruang tengah biasanya dekat dengan kamar mandi, dapur dan kamar pribadi.

Dengan cara ini Anda bisa menerapkan tata letak yang sesuai. Privasi sangat penting untuk ditutupi, sehingga jika tidak ada dinding maka bisa menggunakan tirai atau dinding pembatas buatan. Jika memang Anda memiliki rumah berkonsep minimalis maka pertimbangkan hal ini juga dan ikuti desain rumah minimalis.

  • Tempatkan desain bagus

Dalam falsafah Tiongkok maka sangat penting untuk memasukkan unsur diagram bagua dalam sebuah rumah. Desain ini bisa diterapkan dengan cara yang sangat sederhana. Yaitu dengan menambahkan hiasan kecil yang berisi air pada bagian kiri pintu kemudian menempatkan pot kecil berisi tanaman pada sisi kanan pintu. Lalu di atas titik bejana air kecil dan pot ini maka pasang lampu malam yang redup. Meskipun ini diterapkan untuk bagian luar sebenarnya juga bisa mempengaruhi cara menata ruang tamu .

  • Perhatikan warna pada pagar dan pintu gerbang

Akses pintu masuk rumah yang lain adalah dari gerbang utama atau pagar rumah. Jika Anda memiliki rumah minimalis maka perhatikan juga untuk tetap memasang gerbang kecil. Ini bagian rumah yang mewakili simbol dari aliran chi. Dimana orang atau anggota rumah akan merasakan energi yang luar biasa berhubungan dengan penyakit atau kesehatan.

Bagian ini bisa diberi warna yang redup tapi tidak gelap, boleh terang tapi tidak terlalu mencolok. Biasanya beberapa warna yang bisa dipilih seperti kuning, putih, coklat kayu, atau abu muda. Supaya tidak salah memberi warna maka gunakan jasa khusus yang berpengalaman karena memang ada perbedaan dengan cara mengecat dinding.

  • Bentuk daun pintu

Desain untuk daun pintu utama memang harus dipikirkan dengan baik. Anda bisa memilih model pintu yang terdiri dari dua pintu. Dua pintu harus dibuat membuka ke dalam sehingga sesuai untuk fungsinya sebagai pintu masuk rumah. Arah buka pintu ini juga sangat mempengaruhi aliran rejeki dan kesehatan dalam rumah. Dan hal yang sangat penting adalah hindari menggunakan model satu daun pintu, karena ini akan memberi kesan sempit. Kemudian jika Anda ingin menerapkan konsep modern namun tetap memperhitungkan feng shui maka pilih model satu pintu geser. Sehingga jalan untuk masuk rumah tetap berkesan lebar.

  • Pemilihan letak tangga

Jika Anda memiliki rumah dengan pekarang yang luas maka tempatkan tangga untuk memberi petunjuk pada pintu masuk. Ini bukan hanya membuat rumah menjadi menarik tapi juga bisa membimbing tamu dimana tempat untuk masuk ke dalam rumah Anda. Anda bisa membuat desain tangga berkelok yang juga menggambarkan energi halus ke dalam rumah. Setelah itu tempatkan bunga-bunga dalam pot di sisi kanan dan kiri tangga. Perpaduan energi air dan udara dalam desain ini sangat seimbang sehingga baik untuk kedamaian dan ketenangan rumah.

  • Penerangan di sekitar pintu

Faktor lain yang sangat penting untuk dipertimbangkan adalah adanya penerangan di sekitar pintu masuk. Ini hal yang sangat penting karena tidak hanya menerangi depan rumah Anda tapi juga memberi rasa nyaman untuk tamu. Cara menentukan desain ini adalah jika Anda memiliki dua tiang utama di kanan atau kiri pintu maka tempatkan lampu malam di bagian ini. Jika tidak maka cukup tambahkan lampu di sisi kanan dan kiri samping pintu.

JASA ARSITEK DAN KONTRAKTOR  merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di  WA : 0857 4300 6666