19
Mei

Tips Memasang Lampu LED Underwater Kolam Renang

Tips Memasang Lampu LED Underwater Kolam Renang

kontraktor jogja

ARSITEK INDO KONTRAKTOR | Tujuan pemasangan lampu LED underwater pada kolam renang untuk menambah keindahan dan elegannya kolam renang anda. Namun dalam pemasangan lampu LED underwater kolam renang ada berbagai tips yang perlu di perhatikan. mari simak ulasan di bawah ini. Selamat membaca !

1. Pastikan Kabel Terpasang dengan Baik

Untuk memasang lampu LED underwater berilah sealen pada kabel yang masuk pada lampu LED supaya bagian kabel tersebut rapat. Ini dilakukan supaya tidak ada air yang masuk pada kabel dan tidak terjadi konsleting listrik. Sesudah kabel diberi sealen selanjutnya dapat anda pasang tempat lampu.  Untuk pemasangannya yaitu dengan cara mengebor bagian dinding kolam guna memasang baut. Jadi lampu dapat menempel dengan kuat pada dinding kolam.

Sebaiknya, pasang lampu pada kedalaman 50 sampai dengan 75 cm dari permukaan air. Untuk memasang lampu LED underwater, sebaiknya anda menarik kabel lampu lewat dalam dinding kolam renang atau dibawah keramik dinding. Jadi, tidak tampak ada kabel menempel pada dinding. Selain itu supaya kabel tidak mudah geser atau tersenggol apabila ada yang berenang.

2. Sambung Kabel Di Dalam Tee Dus

Dalam memasang lampu underwater ini, anda juga harus menyambung kabel di dalam tee dus. Jangan lupa, pada sambungan kabel tersebut sebaiknya anda beri selotip. Tujuannya supaya sambungan lebih kuat serta tidak gampang terkena air. Guna memperoleh hasil terbaik, pakailah selotip yang memiliki ukuran 3M yang relatif lebih kuat dari pada dengan jenis yang lain. Sesudah itu, tutup tee dus dengan rapat.

BACA JUGA : Cara Cerdik Mempercantik Taman Rumah Dengan Biaya Rendah

3. Menghubungkan Kabel pada Trafo

Selanjutnya, hubungkan kabel ke trafo. Pemakaian trafo ini merupakan step down yang fungsinya untuk menurunkan tegangan listrik.  Ini semu dibutuhkan sebab pada umumnya tegangan listrik PLN yaitu 220 volt.  Kemudian untuk tegangan pada lampu LED underwater biasanya hanya 12 volt. Sebaiknya tegangan diturunkan agar bisa sesuai dengan tegangan lampu supaya lampu bisa menyala.

BACA JUGA : Model Keren Lampu Untuk Taman Anda

4. Hubungkan Pada Sumber Listrik

Untuk cara memasang lampu LED underwater kolam renang yang selanjutnya yaitu dengan menghubungkannya pada sumber listrik. Dan sesudah melewati trafo, selanjutnya anda bisa hubungkan kabel tersebut pada sumber listrik. Apabila lampu LED underwater itu menyala, berarti pemasangannya memang sudah benar. Namun apabila lampu tersebut tidak juga menyala, anda harus memeriksa lagi instalasi  lampu LED underwater tersebut.

Dalam memasang lampu LED underwater kolam renang  sebaiknya di balik balik lampu LED, terdapat kabel yang digulung. Sebab, apabila lampu rusak atau dilepas untuk diperbaiki, anda semua dapat melakukannya dari atas kolam. Selain itu, sebaiknya lampu jangan ditanam di dinding kolam renang. Sebab, bisa mempersulit anda pada waktu akan melepas lampu serta dapat merusak dinding kolam.