04
Mei

Tips Kayu Sengon Bebas Jamur

TIPS MEMBUAT KAYU SENGON BEBAS JAMUR

ARSITEK INDO KONTRAKTOR | Berbagai jenis kayu di jadikan sebagai bahan furniture rumah anda. Salah satu jenis kayu yang sering di jadikan bahan furniture rumah anda adalah kayu sengon. Sering anda temui bahwa furniture rumah anda yang berbahan dasar kayu sengon berjamur. Nah pada artikel di bawah ini akan di bahas mengenai tips membuat kayu sengon bebas jamur. Mari simak ulasan di bawah ini. Selamat membaca !

1. Rajin Dibersihkan

furniture kayu sengon harus rajin dibersihkan

Sumber: architectureartdesigns

Jangan malas untuk meluangkan waktu dan lebih rajin membersihkan furniture dari kayu sengon yang Anda miliki. Namun untuk membersihkannya pun ada cara khusus agar kayu tetap awet dan kuat. Gunakan spons yang dibasahi dengan air hangat dan berikan sedikit sabun. Untuk sudut yang sulit dijangkau, Anda bisa menggunakan sikat gigi bekas. Setelah itu, lap dengan kain basah ke seluruh permukaan furniture hingga bersih dan kering. Pastikan furniture bebas dari debu dan tidak ada noda tertinggal yang bisa membuat jamur lebih mudah menyerang furniture Anda.

2. Jangan Biarkan Furniture Terkena Matahari Langsung

Jangan biarkan furniture terkena matahari langsung

Sumber: thehoneycombers

Sebelum menempatkan furniture, ketahui terlebih dahulu arah datang cahaya ke dalam ruangan. Furniture yang terlalu sering terkena sinar matahari langsung justru akan membuatnya menjadi lebih rapuh. Cat dari furniture juga bisa menjadi cepat pudar, mengelupas, atau retak-retak. Selain cahaya matahari, hindari juga meletakkan furniture dekat dengan sumber panas seperti kompor atau perapian karena kayu akan mudah terbakar.

Baca Juga : Desain Tempat Tidur Tanpa Ranjang

3. Jauhkan dari Tempat yang Lembap

jauhkan furniture kayu sengon dari tempat yang lembap

Sumber: ecvv

Walaupun tidak boleh terlalu sering terkena sinar matahari langsung, Anda juga tetap harus menjaga kelembapan dari kayu sengon ini. Jangan meletakkan furniture terlalu mepet dengan tembok agar tidak mudah terserang jamur dan lebih mudah dibersihkan. Jangan terlalu sering mengangkat, menggeser, atau memindahkan furniture karena kayu sengon ini termasuk kayu yang lunak dan tidak sekeras kayu jati. Pastikan juga ada sirkulasi udara dari jendela yang bisa dibuka agar ruangan tidak lembap dan menjaga kayu agar tetap kuat.

4. Gunakan Obat Anti Jamur

Gunakan obat anti jamur

Sumber: hgtv

Apabila furniture dari kayu sengon yang Anda miliki sudah terlanjur terkena jamur, maka solusi terakhirnya Anda harus menggunakan obat anti jamur. Gunakan obat yang khusus dibuat untuk furniture kayu agar hasil yang didapatkan bisa lebih maksimal. Anda bisa menggunakan obat seperti Biocide SFP. Caranya, campurkan Biocide SFP dengan air, lalu usapkan pada permukaan furniture yang sudah dibersihkan.

Jika furniture sudah terlihat kusam, Anda juga bisa mengecat ulang dengan cat khusus kayu agar tampilannya bisa kembali bagus dan indah dipandang mata. Untuk perawatan dari dalam, Anda bisa memoles furniture dari kayu sengon dengan wax. Anda dapat memoleskannya menggunakan kain bersih ke permukaan kayu. Cobalah lakukan perawatan ini sesering mungkin untuk hasil yang lebih maksimal.

5. Gunakan Alas

Gunakan alas karpet lantai

Sumber: wazofurniture

Kebanyakan furniture dari kayu memiliki beban yang berat karena bahannya yang terbuat dari kayu yang tergolong keras. Nah untuk menekan berat, Anda bisa menggunakan kain keset atau karpet pada kaki furniture agar pergeseran tidak menimbulkan bekas pada lantai. Hal ini sangat disarankan jika rumah Anda menggunakan lantai kayu yang rentan terhadap goresan.