10
Nov

Tips Dekorasi Interior Cantik dengan Tangga Melayang

Tips Dekorasi Interior Cantik dengan Tangga Melayang

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Tangga sering kali menjadi kebutuhan untuk desain rumah pada masa sekarang, terlebih bila rumah dibangun secara bertingkat. Penghubung antarruangan atau antarlantai tersebut merupakan elemen fungsional dalam rumah. Namun, tangga kini pun tidak hanya dapat menjadi fungsional, loh. Mempercantik interior juga bisa dengan desain tangga yang tidak biasa. Floating staircase, misalnya. Desain tangga “melayang” ini dapat membuat ruangan terlihat lebih atraktif, unik, dan modern. Floating staircase juga dapat tampil menarik untuk rumah dengan minimalist décor. Tidak heran banyak rumah yang kini menerapkannya. Untuk membuatnya pun ada beragam pilihan material dan cara sehingga dapat disesuaikan dengan keperluan. Berikut ini tips dekorasi interior cantik dengan tangga melayang.

Konstruksi yang Kuat

Desain tangga melayang memang cocok jika dikombinasikan dengan interior rumah minimalis sederhana. Hal yang harus Anda perhatikan adalah struktur atau rangka yang akan digunakan. Soal rangka, tangga melayang menggunakan konstruksi kantilever dari beton. Selain kuat, rangka ini memungkinkan pijakan anak tangga tak disangga tiang. la hanya tertanam pada dinding. Tentu saja di dalam tembok ada tulangan besi yang saling mengikat erat.

Saat menapaki anak tangga, mungkin akan timbul rasa ragu dan sempat khawatir jika tangga itu tidak kuat menahan beban tubuh. Memang, tangga ini sedikit bergetar saat setiap kaki melangkah ke setiap pijakan. Namun, rasa khawatir itu sirna, saat tangan bertumpu pada handrail besi.

Terkadang, orang tetap merasa khawatir bila tidak ada railing, karena itu rasa aman bisa tetap dihadirkan dengan penggunaan railing berbahan kaca atau transparan di kedua sisi tangga. Dengan begitu, kesan “melayang” tetap dapat dipertahankan. Namun, apa pun desainnya, pastikan struktur pemasangan tangga kuat untuk menahan beban.

READ  Cara Membersihkan Furniture Rotan

Material Tangga Melayang

Sementara untuk material, kayu merupakan bahan yang sering digunakan. Selain itu, ada kaca dan plastik yang memang dibuat khusus untuk tangga. Tidak perlu khawatir, masih banyak material lain yang bisa dipilih, seperti baja. Lalu, percantik tampilan tangga dengan menambahkan lighting, misalnya indirect lighting. Tangga akan tampil lebih menawan, bercahaya, dan dramatis.

Bagaimana menurut Anda? Tertarik untuk membuat tangga melayang di rumah? Pastikan untuk selalu memperhatikan faktor keamanan dari tangga ini ya, supaya pengguna tangga tidak merasa cemas nantinya.

Sedikit tips yang berguna, Anda bisa menggunakan bagian bawah tangga yang kosong menjadi tempat penyimpanan atau rak display karya seni Anda. Semoga menjadi inspirasi bagi Anda!