24
Nov

Tips dan Trik Merawat Lantai Rumah Sesuai Material

Tips dan Trik Merawat Lantai Rumah Sesuai Material

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Memilih material lantai rumah memang proses yang menyenangkan, terutama ketika memikirkan tampilan akhir interior rumah. Namun, setiap material akan memiliki cara perawatan yang berbeda pula.Kesalahan dalam perawatan lantai rumah tidak hanya akan merusak tampilan dari material lantai tersebut, namun bisa menimbulkan kerusakan yang mengharuskanmu untuk mengganti material atau menjalankan renovasi rumah secara kecil-kecilan. Berikut ini tips dan trik merawat lantai rumah sesuai material.

Cara Merawat Lantai Ubin Keramik

Tips dan Trik Merawat Lantai Rumah Sesuai Material yang Harus Sobat KetahuiMaterial ubin keramik merupakan salah satu material yang paling populer untuk digunakan di lantai rumah. Selain karena memang pemasangannya yang praktis, perawatannya juga tidak kalah praktis lho.

Cukup dengan disapu dan dipel setiap hari sudah bisa menjamin terjaganya kebersihan pada lantai. Sehingga tidak heran apabila material lantai dari ubin keramik menjadi pilihan paling favorit kebanyakan orang. Saya sarankan sih gunakan kain pel yang bersih. Kain sebaiknya juga memiliki daya serap tinggi. Apabila air sudah kotor lebih baik ganti air tersebut. Hindarilah pembersih lantai berbahan asam. Kandungan pembersih yang mengandung asam tinggi dapat menyebabkan lapisan keramik mudah terkikis. Dan hal ini juga akan membuat lantai keramik menjadi terlihat kusam.

Selain itu sebagai tambahan, sobat juga perlu menyikat bagian sambungan atau nat keramik sesekali. Bagian nat pada lantai rumah yang menggunakan keramik adalah bagian yang paling mudah kotor dan ditumbuhi jamur. Maka dari itu pastikan untuk sikat sekali dalam sebulan atau maksimal tiga bulan sekali ya sobat! agar lantai keramik tetap terjaga dengan baik.

Cara Merawat Lantai Parket Kayu

Tips dan Trik Merawat Lantai Rumah Sesuai Material yang Harus Sobat KetahuiLantai dengan material parket kayu memang dipercaya dapat memberikan kesan hangat dan suasana rumah yang lebih homey. Sentuhan unik dalam hunian yang diberikan lantai parket kayu juga dapat memberikan kesan positif dalam ruangan Namun, sayangnya material parket kayu ini merupakan material yang kurang ramah terhadap genangan air karena akan membuatnya mudah rapuh dan ditumbuhi jamur.

READ  4 Inspirasi Lampu LED untuk Desain Lemari Masa Kini dan Manfaatnya

Maka dari itu cara pertama untuk merawat lantai dengan material kayu ini adalah dengan memastikan bahwa lantai rumah dari parket kayu tetap kering. Ketika diperlukan mengepel lantai, pastikan sobat menggunakan kain pel yang lembap dan tidak terlalu basah. Selain itu kekurangan lantai parket ini sangat rentan terhadap permukaan tajam dan mudah tergores, maka ada baiknya apabila sobat memberikan karet pelindung tambahan pada semua perabot yang akan diletakan pada ruangan dengan lantai parket. Selain itu cara merawat lantai dengan material parket kayu adalah dengan menghindari memindahkan perabot dengan cara diseret atau didorong, melainkan diangkat untuk menghindari lantai rumah tergores dan rusak.

Beberapa noda yang tertinggal pada lantai parket kayu bisa menyebabkan tampilannya kurang menarik. Dan apabila tidak ditangani dengan benar, noda tersebut akan semakin sulit untuk dibersihkan. Tips dari saya gunakanlah cairan pembersih jendela untuk menghilangkan noda di lantai parket. Berbeda dengan noda lemak atau bekas makanan, sobat bisa menggunakan es batu untuk membersihkan noda tersebut agar tidak berbekas saat di bersihkan.

Cara Merawat Lantai Vinyl

Tips dan Trik Merawat Lantai Rumah Sesuai Material yang Harus Sobat KetahuiMeskipun lantai rumah dari vinyl memiliki tampilan seperti parket dan memiliki daya tahan lebih baik terhadap air, faktanya  juga perlu berhati-hati terhadap genangan air karena mampu merusak lem yang digunakan untuk merekatkan lembaran vinyl ke lantai.

Sama halnya dengan lantai parket kayu, material lantai vinyl juga lemah terhadap permukaan yang tajam. Sehingga karet pelindung untuk furniture rumah juga diperlukan apabila sobat memilih material lantai rumah satu ini. Maka cara merawat lantai vinyl agar tetap terjaga keindahannya yaitu dimulai dengan menyapu lantai vinyl secara rutin. Dengan menyapu, selain akan membuat lantai vinyl lebih bersih, sapu juga bisa meminimalisir tergoresnya permukaan lantai akibat gesekan antara partikel kotoran dengan permukaan lantai.

READ  Desain Ruang Tamu Memanjang

Selain menggunakan sapu, sobat juga bisa menggunakan vacuum cleaner atau alat penyedot debu untuk pembersih lantai. Atur vacuum ke moder “beater bar” agar vacuum cleaner dapat bekerja maksimal hingga ke sudut yang sulit dijangkau oleh sapu biasa. Ketika diperlukan untuk mengepel lantai, gunakan larutan pembersih khusus mengepel vinyl.  Saat mengepel pastikan permukaan kain pel tidak terlalu basah karena dapat menyebabkan lantai vinyl lembab dan mudah rusak. Tidak perlu juga menggosok permukaan terlalu keras untuk mencegah kerusakan lantai vinyl. Setelah mengepel selesai segera keringkan lantai dengan kain lap kering agar lantai vinyl lebih awet namun tetap bersih secara maksimal.

Cara Merawat Batu Alam Marmer atau Granit

Tips dan Trik Merawat Lantai Rumah Sesuai Material yang Harus Sobat KetahuiSerupa dengan lantai keramik, merawat lantai dari batu alam marmer atau granit juga memiliki cara perawatan yang sama dengan lantai keramik. Untuk sobat yang menginginkan tampilan mewah dan elegan pada lantai rumah, material batu marmer atau granit bisa menjadi pilihan.

Namun, sifat material batu alam ini memiliki pori-pori yang membuatnya memerlukan perawatan ekstra jika dibandingkan dengan material lantai rumah sebelumnya. Pertama, sobat perlu memastikan lantai rumah dari marmer dan granit ini bebas dari genangan air. Jadi apabila ada tumpahan air,perlu segera mengeringkan genangan tersebut dengan kain pel. Lakukan pembersihan lantai marmer dan granit sobat minimal 2 minggu sekali, dengan begitu lantai marmer sobat akan terhindar dari noda yang membandel dan meresap hingga ke dalam permukaan lantai batu alam marmer dan granit.

Campurkan sedikit pembersih lantai ke dalam ember yang berisi air hangat. Pilih produk yang memiliki pH netral dengan label yang mencantumkan material marmer atau granit. Jika sedang kehabisan, sobat bisa menggunakan cairan pencuci piring dengan pH rendah. Jangan lupa juga untuk memberikan lapisan ekstra pada batu marmer dan granit untuk memberikan perlindungan tambahan pada lantai rumah. Bila perlu, lakukan pelapisan atau coating ulang secara berkala.

READ  Cara Menyiasati Ventilasi Udara dan Akses Cahaya Alami

Cara Merawat Lantai Karpet

Tips dan Trik Merawat Lantai Rumah Sesuai Material yang Harus Sobat KetahuiPada umumnya, ruangan yang menggunakan lantai dengan material karpet sangat rentan terhadap bakteri dan juga jamur. Jadi, menurut saya sih selalu pastikan karpet dalam keadaan kering dengan membersihkannya menggunakan vacuum cleaner secara rutin.

Perlu, lakukanlah pembersihan terhadap tungau dengan alat vacuum khusus secara berkala. Tips dari saya apabila ingin menghilangkan aroma bau dari karpet bisa dengan menghisap debunya terlebih dahulu. Hal tersebut dilakukan untuk mengangkat serat dan melonggarkan kotoran, kemudian lakukan pengisapan. Selain itu sobat juga bisa membuat campuran penghilang bau.

Karpet bisa secara efektif dibersihkan dengan menggunakan produk yang mungkin sudah ada di dapur sobat. Taburkan campuran tepung jagung di karpet. Sebarkan secara merata di sekitar karpet dan tinggalkan ruangan dan biarkan campuran meresap ke dalam karpet. Tunggu dalam satu jam, setelah itu sedot debu karpet sekali lagi. Jalankan vakum beberapa kali di atas karpet untuk membersihkan campuran tepung jegung. Setelah selesai buang kantong vakum. Meskipun terkesan rumit, perawatan rutin terhadap lantai rumah sebenarnya adalah hal sederhana yang tidak boleh disepelekan. Dengan perawatan yang baik dan benar, material lantai rumah milik sobat akan jadi lebih bersih dan keindahan tetap terjaga.