05
Nov

Tips dan Trik Merancang Pencahayaan Ruang

Tips dan Trik Merancang Pencahayaan Ruang

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Bagi seseorang yang sedang merancang hunian terbaik untuk keluarganya, hal utama yang harus diketahui adalah bahwa pencahayaan ruangan menjadi salah satu elemen yang penting. Sayangnya hal ini kerap terlupakan. Padahal, penataan pencahayaan ruangan di rumah tak hanya mempengaruhi keseluruhan visual desain, tetapi juga kenyamanan hingga kesehatan penghuni. Sebagaimana dilansir dari Forbes, meski hal ini mungkin dianggap klise, pencahayaan yang baik di rumah sangat penting karena dapat memengaruhi suasana hati (mood) penghuninya. Pencahayaan ruangan harus dirancang sesuai dengan kebutuhan dan aktivitas di dalamnya. Sistem pencahayaan ruangan yang buruk, bisa memberikan sejumlah dampak buruk. Di antara dampak buruk itu adalah peningkatan kelembapan ruangan yang dapat berujung pada rusaknya perabotan, hingga tumbuhnya parasit dan bakteri penganggu kesehatan. Berikut ini tips dan trik merancang pencahayaan ruang.

Merancang Drop Ceiling

Langit-langit ruangan atau ceiling dapat dirancang agar memiliki ketinggian yang berbeda. Nah, selisih dari ketinggian langit-langit atau yang disebut sebagai drop ceiling ini dapat dimanfaatkan untuk menempatkan lampu Anda.

tips dan trik merancang pencahayaan ruang-pada furnitur atria apartment

Menyembunyikan lampu dalam drop ceiling berguna agar cahaya tidak memancar langsung ke ruangan. Rancangan seperti ini cocok bagi Anda yang menginginkan ruang tamu yang agak tenang ataupun untuk pencahayaan kamar tidur.

tips dan trik merancang pencahayaan ruang-pada furnitur 11A Residence

Menempatkan Pencahayaan pada Furnitur

Furnitur Anda dapat dirancang agar memiliki fungsi tambahan untuk menempatkan sumber cahaya. Hal ini dapat dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya dengan merancang headboard tempat tidur Anda menjadi sumber cahaya redup untuk menemani Anda sebelum tidur.

tips dan trik merancang pencahayaan ruang-pada furnitur Margonda Residence

Begitu pula dengan kabinet dapur Anda. Kabinet dapur dapat dirancang sebagai tempat perletakan lampu. Selain menambah keindahan ruangan, sumber cahaya ini dapat membantu Anda dalam kegiatan memasak dan mempersiapkan makanan!

READ  Cara Mudah Memasang Lantai Kayu

tips dan trik merancang pencahayaan ruang pada furnitur G Vienna Residence

Menempatkan Pencahayaan pada Dinding

Dinding rumah Anda pun dapat menjadi tempat sumber cahaya berada. Jika Anda bosan dengan dinding yang datar, Anda dapat mencoba merancangnya dengan trik yang sama seperti merancang langit-langit: membuat kedalaman yang berbeda pada dinding Anda dan memanfaatkan perbedaan kedalaman itu untuk meletakkan sumber cahaya.

tips dan trik merancang pencahayaan ruang pada dinding Verde Apartment

Pada ruang tidur, penempatan cahaya tidak langsung pada dinding seperti ini memberikan cahaya temaram untuk menerangi kamar and sebelum tidur. Selain itu, penempatan pencahayaan seperti ini juga bisa menjadi opsi untuk mempercantik ruangan Anda.

tips dan trik merancang pencahayaan ruang pada dinding Permata Mediterania Residence