24
Feb

Tips Cara Merawat Dinding Rumah

Tips Cara Merawat Dinding Rumah

Cukup Pakai Cuka, Ini Cara Membersihkan Dinding Rumah yang Kotor - Semua  Halaman - Nova

Kontraktor JogjaDinding merupakan salah satu elemen bangunan yang berfungsi memisahkan dan membentuk ruangan. Kebersihan dinding sudah sepatutnya menjadi prioritas, khususnya dari segi kebersihan. Jengkel kan kalau tiba-tiba kita melihat kotoran membandel pada dinding? Dalam banyak situasi, kita akan membiarkan sedikit demi sedikit kotoran menempel hingga akhirnya permukaan yang kotor meluas dan satu-satunya jalan keluar adalah dengan mencat ulang dinding. Nah supaya dinding anda tetap terlihat bagus dan tidak merusak mood. Berikut kami berikan tips cara merawat dinding di rumah. Yuk, baca tipsnya bersama!

 

1. Cara Merawat Dinding Rumah – Bersihkan Secara Berkala

Cara Merawat Dinding Rumah - Bersihkan Secara Berkala

Agar dinding rumah selalu bersih, bersihkan secara berkala. Singkirkan jaring laba-laba dan debu menggunakan vacuum cleaner yang memiliki sikat halus. Atau gunakan kain lembap. Meski ada noda di dinding, hindari menggosok dengan kain atau sikat terlalu bersemangat.

Noda memang hilang, tapi warna dinding bisa jadi belang. Jika ada noda oleh benda yang mengandung minyak, seperti percikan minyak goreng, lipstik, atau crayon warna, Anda bisa membersihkannya menggunakan kain lembap dan sabun cuci piring.

2. Cara Merawat Dinding Rumah – Perhatikan Kelembapannya

Cara Merawat Dinding Rumah - Perhatikan Kelembapannya

Tingkat kelembapan yang tinggi, baik karena cuaca, rembesan air, atau kondisi dalam rumah, akan membuat cat dinding memudar dan mengelupas. Bahkan dinding jadi rentan ditumbuhi lumut. Tak hanya tak enak dipandang, ini juga tak baik untuk kesehatan penghuni rumah.

Selalu perhatikan segala yang berhubungan dengan air di sekitar dinding, seperti talang air, pipa pembuangan air. Air yang merembes ke dinding lama kelamaan akan membuat dinding rapuh.

Jika Anda menemukan lumut, gunakan cairan pembersih lumut yang dijual di toko. Jika iklim dan kondisi udara di tempat Anda sangat lembap, Anda bisa menggunakan alat dehumidifiers untuk mengurangi kelembapan udara.

READ  Cara Mengurangi Pembengkakan Biaya Renovasi

3. Cara Merawat Dinding Rumah – Jangan Lukai Dinding

Seperti kulit, dinding juga bisa tergores, gompel, dan terkelupas karena banyak hal. Salah satunya karena bersinggungan dengan perabot. Hindari hal ini dengan memberi jarak antara dinding dan perabot. Atau gunakan karet atau selotip pada bagian perabot yang bersentuhan dengan dinding.

Gunakan teknik seperti merekatkan selotip pada daerah yang akan dipasangi paku, agar tak gompel saat dipaku. Kalau dinding sudah terlanjur tergores dan gompel, tambal menggunakan dempul dan cat kembali.

4. Cara Merawat Dinding Rumah – Beri Perhatian Ekstra untuk Dinding Dapur dan Kamar Mandi

Cara Merawat Dinding Rumah - Beri Perhatian Ekstra untuk Dinding Dapur dan Kamar Mandi

Ventilasi yang baik hingga membuat sirkulasi udara lancar tak hanya membuat udara di dalam rumah lebih segar, tapi juga membuat dinding lebih baik. Untuk ruangan seperti kamar mandi dan dapur, ventilasi yang memadai sangat disarankan.

Usahakan memasang exaust fans di dapur dan kamar mandi, serta buat jendela agar sirkulasi udara baik. Aktivitas memasak sering menghasilkan uap, gunakan kain untuk menangkap uang air agar dapur tidak terlalu lembap.

Selain itu, jika di atas kompor Anda menggunakan hood, bersihkan dan ganti filternya secara rutin.

5. Cara Merawat Dinding Rumah – Cegah Retak

Cara Merawat Dinding Rumah - Cegah Retak

Retak pada dindng bisa disebabkan banyak hal. Lakukan pemeriksaan berkala untuk menemukan retakan pada dinding. Gempa bumi yang bisa membuat retak dinding mungkin tak bisa kita hindari, tetapi faktor lain yang mungkin jadi pemicu seperti akar tanaman besar di dekat dinding dan galian di sekitar dinding bisa kita hindari.

Usaha pencegahan retak dinding bahkan seharusnya dimulai sejak pembangunan rumah, yaitu dengan membuat fondasi dan rangka rumah yang kokoh, serta bahan pembuat dinding yang berkualitas sehingga tak mudah retak.

READ  Perawatan Teralis Jendela Agar Tahan Lama

6. Cara Merawat Dinding Rumah – Lindungi Dinding Bagian Luar

Lindungi Dinding Bagian Luar

Dinding bagian luar memiliki tantangan yang sangat besar, terutama karena harus berhadapan langsung dengan panas, hujan, polusi udara, angin, atau suhu yang sangat dingin.

Di negara tropis yang memiliki curah hutan tinggi seperti Indonesia, terpaan air hujan yang terus menerus bisa membuat dinding lembap dan retak. Buka cuma terlihat pada dinding luar, ini juga memberi efek pada sisi dalam dinding.

Untuk memberi proteksi sempurna, mulai sejak membuat plester dinding menggunakan bahan berkualitas. Jika perlu gunakan lapisan anti-bocor sebelum mengecat dinding. Selain itu, buat kanopi atau teritisan yang cukup lebar sehingga dapat melindungi dinding dari tampias air hujan. Jangan tunggu rusak, segera lakukan perawatan dinding sejak awal, ya.

7. Cara Merawat Dinding Rumah – Mengecat Dinding

Cara Merawat Dinding Rumah - Mengecat Dinding

Dalam memilih cat dinding, jangan cuma peduli soal warna dan harga. Pilih cat yang memiliki spesifikasi terbaik sesuai kebutuhan Anda. Cat dinding kini sudah banyak yang diperkaya teknologi seperti mengandung silikon dan bahan kedap air, yang membuat dinding terlindung dari kelembapan yang bisa mengancam kekokohan dinding.

Jika Anda memiliki balita, gunakan cat semi-gloss atau gloss yang mengandung latex polymer. Tak hanya membuat dinding tampak bercahaya, ini juga akan membuat debu tak mudah menempel, selain itu dinding lebih mudah dibersihkan dengan menggunakan kain lembap saja.

Debu yang menempel di dinding bisa menyebabkan iritasi kulit dan mengganggu pernapasan, lho. Bersihkan selalu permukaan dinding dari debu, jaring laba-laba, atau apapun yang menempel di dinding sebelum mengaplikasikan cat. Ini akan membuat cat melekat lebih baik. Lakukan pengecatan saat cuaca cerah, tidak saat musim hujan.

READ  Dekorasi Cantik dari Lukisan Alam

Cat masa kini sudah dibuat lebih cepat kering dalam cuaca mendung sekalipun, tapi ini akan memengaruhi kualitas hasil pengecatan. Cat akan melekat lebih baik dan warna cat rata sempurna.

Semoga informasi ini bermanfaat ya, Janga lewatkan tips & inspirasi desain hanya di Arsitek Indo Kontraktor.