26
Okt

Tips Agar Rumah Tetap Sejuk di Musim Kemarau

Tips Agar Rumah Tetap Sejuk di Musim Kemarau

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Di musim kemarau seperti ini, semua orang merasa kepanasan. Entah itu di luar ruangan atau di dalam rumah, udara yang mengalir sama saja, panas. Namun, apa yang harus dilakukan agar rumah tetap dingin sementara kita tidak memiliki AC? Jangan khawatir, sains memiliki jawaban untuk memecahkan masalah ini. Dengan sedikit trik dan penyesuaian anda bisa mencoba tips agar rumah tetap sejuk di musim kemarau.

Gorden

Inilah cara tersimpel untuk menghalau panas di rumah ketika kemarau. Anda bisa memasang gorden berupa kain maupun roller blind. Untuk gorden, ada beberapa jenisnya, yakni vitrase, semi-blackout, dan blackout. Vitrase dan semi-blackout biasanya terbuat dari kain tipis yang tembus pandang sehingga lebih cocok untuk ruangan yang intensitas sinar mataharinya tidak terlalu kuat. Sementara untuk ruangan yang terpapar matahari langsung, pilih gorden blackout yang berbahan lebih tebal untuk menutup jendela.

7 Tips Agar Rumah Tetap Sejuk di Musim Kemarau

Hindari Lampu Pijar

Lampu pijar memancarkan cahaya kekuningan yang hangat. Lampu ini sebenarnya memberikan efek temaram yang nyaman untuk ruangan. Namun, lampu pijar mengeluarkan panas yang bisa meningkatkan suhu ruangan. Oleh karena itu sebaiknya hindari penggunaan lampu ini. Anda bisa menggunakan lampu jenis LED sebagai alternatif yang juga lebih hemat listrik.

Perbanyak Tanaman di Rumah

Meletakkan tanaman di dalam rumah maupun di sekitar rumah adalah cara paling mudah dan ampuh untuk menyejukkan rumah. Tanaman rindang di halaman akan menghalau sinar matahari menembus masuk ke dalam rumah. Sedangkan tanaman dalam pot bisa menyegarkan ruang dalam lewat warna hijaunya. Untuk tanaman dalam rumah, pastikan Anda memilih tanaman yang tepat. Jenis yang bisa dipilih misalnya lidah mertua, monstera, dan filodendron.

READ  Inspirasi Desain Fasad Rumah: Ciptakan Tampilan Rumah yang Minimalis

7 Tips Agar Rumah Tetap Sejuk di Musim Kemarau

Rutin Ganti Seprai

Cara yang sederhana tapi cukup ampuh menyegarkan suasana ruang adalah dengan rutin mengganti seprai dan sarung bantal di kamar. Kain seprai yang jarang diganti akan hilang kelembutannya dan akan membuat gerah ketika terkena kulit. Mengganti seprai dan sarung bantal juga sekaligus menjaga kebersihan tempat tidur. Suasana kamar pun jadi lebih segar dengan wewangian kain yang baru dicuci.

Warna Cat

Pilihan warna dinding juga bisa berpengaruh pada kesejukan ruang. Sebaiknya pilih cat berwarna muda untuk ruangan Anda,  misalnya putih, biru muda, dan hijau muda. Warna muda dari cat akan memberikan kesan teduh pada ruang sehingga hawa panas di dalam rumah pun akan berkurang.

Basahi Lantai

Cara sederhana berikutnya untuk mendinginkan rumah adalah dengan membasahi atau mengepel lantai. Air akan membantu menurunkan suhu panas ruangan. Lantai yang sudah dipel pun akan terlihat bersih dan nyaman dipijak. Dengan begitu meski udara di luar sedang panas, penghuni rumah akan tetap merasa nyaman di dalam rumah.

Kurangi Penggunaan Barang Elektronik

Barang elektronik yang dihidupkan memancarkan gelombang panas yang turut meningkatkan suhu ruangan. Usahakan menggunakan barang elektronik seminimal mungkin dan matikan lampu bila tidak diperlukan. Selain menghalau panas, konsumsi listrik di rumah Anda pun akan lebih hemat.