26
Okt

Tips Agar Rumah Siap Hadapi Musim Hujan

Tips Agar Rumah Siap Hadapi Musim Hujan

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Musim hujan segera tiba. Apakah rumahmu sudah siap menghadapi musim ini? Jika belum, yuk siapkan beberapa hal penting ini sebelum terlambat. Musim hujan yang segera tiba berarti kamu harus menyiapkan berbagai hal. Mulai dari membuat tubuh menjadi lebih sehat sampai menyiapkan rumah agar dapat menghadapi musim ini. Hal tersebut karena penyakit dan kerusakan rumah lebih mudah menghampiri ketika musim ini datang. Berikut ini tips agar rumah siap hadapi musim hujan.

Atap

6 Tips Agar Rumah Siap Hadapi Musim Hujan

Area ini tentu yang paling berisiko terkena dampak musim hujan. Nok atau sambungan atap yang sebelumnya diterpa panas matahari saat kemarau berisiko mengalami retak. Retakan inilah yang menjadi sumber masalah kebocoran saat musim hujan tiba. Untuk mencegahnya, Anda bisa melapisi area ini dengan waterproofing atau pelapis anti bocor. Jangan lupa, perhatikan juga posisi genting di atap. Pastikan genting dalam posisi rapat dan tidak ada genting yang rusak atau pecah.

Dinding Berlumut

6 Tips Agar Rumah Siap Hadapi Musim Hujan

Dinding berlumut biasanya menjadi masalah yang disebabkan oleh atap bocor. Bukan cuma karena air bocor yang mengalir langsung ke dinding, udara lembap ketika musim hujan juga berisiko membuat jamur dan lumut muncul pada dinding. Sama seperti atap, untuk mencegah dinding berlumut, Anda bisa melapisi dinding rumah dengan cat pelapis anti bocor.

Perhatikan juga area-area pada dinding yang sudah memiliki bekas-bekas jamur. Jika ada, cari tahu area bocor atau tempat air merembes. Atasi penyebab bocor atau rembes tersebut dan kikis terlebih dahulu area yang berjamur ini. Kemudian, lapisi dengan anti bocor lalu cat ulang dinding tersebut.

READ  Ide Rak Sepatu Minimalis

Taman Becek

Area outdoor adalah area yang paling rentan bermasalah ketika musim hujan. Pastikan taman di rumah Anda memiliki sumur resapan untuk menampung debit hujan lebat. Apabila taman dibuat di atas lantai semen atau beton, pastikan saluran air taman tidak mampat dan bebas dari endapan. Agar taman tidak terkesan becek, penuhi area taman dengan rumput. Bila ada area yang tidak terkena matahari dan tidak memungkinkan rumput untuk tumbuh, Anda dapat menggunakan batu koral sebagai penutup tanah untuk menghindari becek.

Saluran Air 

Area ini biasanya luput dari perhatian ketika mempersiapkan rumah hadapi hujan. Sebaiknya rutin bersihkan saluran air di sekeliling rumah Anda dari sampah dedaunan maupun sampah lainnya. Bila ada kotoran yang menyumbat, maka ketika hujan turun, air akan tersumbat dan berisiko meluap. Bila sumbatan cukup parah, area sekitar rumah Anda bisa banjir dan akan menghambat kegiatan sehari-hari.

Tempias pada Teras

Selain bocor, tempias juga jadi salah satu masalah pada teras rumah ketika hujan. Tempias sering terjadi apabila tritisan tidak dilengkapi dengan talang hujan. Tanpa talang, air hujan yang jatuh dari tritisan biasanya deras dan akan menjadi tempias yang membasahi area pada teras sehingga rentan licin dan mudah kotor. Tempias juga dapat semakin diantisipasi dengan memasang kerai pada batas tritisan. Pastikan kerai yang dipasang menggunakan bahan yang tahan air.

Lampu Eksterior

6 Tips Agar Rumah Siap Hadapi Musim Hujan

Perhatikan kabel dan lampu untuk taman dan teras Anda. Pastikan tidak ada kabel yang terkelupas untuk mencegah terjadinya korsleting listrik ketika kabel terkena air hujan. Bila ada kabel yang mulai rusak, segeralah ganti dengan yang baru. Lampu-lampu di taman juga perlu dicek keamanannya. Pastikan kap lampu terpasang sempurna, jangan sampai ada celah yang dapat dimasuki air.

READ  Tips Memilih Meja Ruang Tamu Minimalis