19
Okt

Teras Batu Alam di Depan Rumah Mempercantik Halaman

Teras Batu Alam di Depan Rumah Mempercantik Halaman

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Selama ribuan tahun orang-orang mempercantik tampilan rumah mereka dengan material batu alam. Meskipun sejak dahulu batu alam harus digali dan disusun menjadi dinding masif, hari ini kita bisa mendapatkannya dengan mudah dan bahkan bisa menggunakannya dengan atau tanpa finishing dan coating apa pun. Hasil akhirnya? Anda bisa memilih material batu alam yang memiliki variasi warna dan tekstur yang Anda inginkan dengan harga lebih murah untuk tampak depan rumah minimalis Anda. Material batu alam cocok untuk gaya dan lokasi mana pun, memberikan nuansa kepadatan, keabadian, dan kekuatan. Entah digunakan secara utuh atau lapisan wall cladding, batu bisa menghasilkan spektrum warna maupun tekstur yang lengkap. Selain itu, berbagai pilihan batu alam yang Anda gunakan dan bagaimana cara menggunakannya sungguh tidak terbatas.Berikut ini teras batu alam di depan rumah untuk mempercantik halaman anda.

Manfaat Batu Alam

Namun apa daya, lahan yang terbatas mengharuskan kita untuk lebih cermat dalam penggunaannya. Jika ukuran rumah memadai, biasanya teras dan taman rumah melengkapi nilai guna dan estetika hunian bagi penghuninya. Namun apabila lahannya terbatas, teras cukup menjadi penyejuk Anda di rumah. Sebaiknya teras dirancang nyaman untuk menikmati waktu senggang. Merupakan ruang semi terbuka, letaknya dapat di depan maupun di belakang rumah. Biasanya areanya lebih tinggi dibandingkan dengan area sekitarnya.

Apabila terletak di depan rumah, letaknya berada di dekat pintu masuk sehingga dapat dibillang bahwa  teras yang menjadi wajah dari sebuah rumah. Oleh karena itu, kesan pertama yang terlihat dari luar bergantung pada teras rumah. Seringkali kita lihat teras beralaskan lantai atau bebatuan. Namun agar lebih kental dengan suasana di luar rumah, teras rumah dengan batu alam menjadi pilihan favorit. Batu alam untuk teras ada bermacam-macam jenisnya diantaranya dengan menggunakan batu andesit, batu koral, batu alam putih, hijau, karang pilang, cupang merah, candi, breksi, paras, pacitoroso, coble stone, batu granite, travertine, dan sebagainya.Bebatuan alam sangat penting sebagai elemen bangunan karena multifungsi.  Selain itu, ada pula bebatuan alam utuh yang ditumpuk sehingga menghasilkan tekstur tembok yang tak beraturan. Penggunaan ornamen batu alam malah membuat kesan bangunan rumah Anda kian asri.

Aplikasi ornamen batu alam menciptakan kesan asri dan natural

Batu alam untuk dinding teras juga menimbulkan kesan yang semakin alami sehingga terasa seperti menyatu dengan alam. Selain artistik, teras batu alam memancarkan kesan alami sehingga dapat menjadi penyeimbang diri Anda ditengah kesibukan sehari-hari. Uniknya lagi, teras dengan batu alam cukup fleksibel karena bisa diaplikasikan untuk gaya modern minimalis maupun gaya rumah pedesaan, tinggal bagaimana Anda mengatur penggunaan batu pada arsitektur teras tersebut.

contoh batu alam untuk dinding teras dengan kesan pedesaan

eras batu alam bisa mencakup batu alam untuk dinding teras hingga diaplikasikan pada permukaan dasarnya. Bentuknya variatif, mulai dari dibentuk menjadi lantai, maupun masih berbentuk kerikil halus. Berbeda dengan lantai di dalam rumah yang bertekstur lembut dan licin, batu alam untuk teras lebih banyak memberikan tekstur yang kesat dan kasar. Penggunaan oranamen batu alam bertujuan untuk memisahkan suasana interior dalam rumah dengan luar rumah.

Jenis-jenis ornamen batu alam untuk lantai teras

  1. Lantai teras batu alam menghadap langsung ke pantai

Untuk masalah harga, ornamen batu alam ini juga tak mahal jika dibandingkan dengan elemen lainnya. Apalagi keunggulannya ialah dapat memberikan sentuhan kesan mewah ketika diaplikasikan pada arsitektur tegas khas desain modern dan minimalist. Begitupula dengan gaya pedesaan, ornamen batu alam menjadikannya semakin natural dan menyejukkan. Sebagai pelengkap, jangan lupa letakkan kursi atau sofa sesuai dengan taste Anda. Selain memilih kursi yang nyaman untuk sekadar duduk-duduk bersantai sambil menikmati secangkir kopi, pilih juga model dengan material yang sesuai. Alhasil, perpaduan antara kursi dengan arsitektur dapat semakin mempercantik teras Anda.

2. Kursi besi untuk menikmati secangkir kopi sambil membaca koran

3. Sofa di teras untuk bercengkrama bersama keluarga.

Selain membentuk sebuah bangunan secara keseluruhan, batu juga sangat cantik untuk dibentuk menjadi sebuah karya seni. Elemen keras ini menjadi sasaran bagi pekerja seni untuk menghasilkan ornamen batu alam untuk teras. Pajangan batu alam untuk teras diukir atau kemudian dibentuk oleh tangan-tangan pekerja seni sehingga bisa menjadi sebuah pemanis di teras rumah Anda. Kegunaannya juga tak terbatas sebagai pajangan yang menambah nilai estetika, namun juga memiliki fungsi ganda. Beberapa diantaranya ialah ornamen batu alam yang  berfungsi sebagai tempat lampu, pot, tempat duduk, hingga tangga menuju ke teras. Bagaimana, tertarik untuk menggunakan batu alam untuk teras rumah?