13
Mei

Teknik Menggunakan Gergaji

TEKNIK MENGGUNAKAN GERGAJI

ARSITEK INDO KONTRAKTOR | Memotong kayu dengan menggunakan gergaji ternyata terdapat tekniknya sobat. Hal ini bertujuan agar kayu yang anda potong secara manual menggunakan gergaji rapi dan sesuai dengan ekspetasi anda. nah mari intip ulasan di bawah ini yang akan membahas mengenai teknik menggunakan gergaji yang baik dan benar. Mau tahu apa saja ? Simak ulasan berikut ini. Selamat membaca !

Cara Menggunakan Gergaji :

Cara Menggunakan GergajiSebagaimana alat pertukangan lainnya gergaji juga mengharuskan cara-cara yang tepat saat menggunakannya. Adapun cara-cara tersebut ialah sebagai berikut:

  • Membuat alur di mana dalam proses ini tinggi mulut harus disamakan seperti pada waktu mengikir. Bagian yang akan digergaji haruslah mungkin dengan mulut ragum. Pada awal menggergaji tahanlah Sisi gergaji menggunakan ibu jari. Tetapi untuk pemotongan yang dianggap lebih presisi, sebelum digergaji benda tersebut harus ditandai terlebih dahulu menggunakan kikir segitiga sebagai patokan dalam penggergajian.
  • Selanjutnya melakukan yaitu dengan memposisikan gergaji membentuk sudut 30 derajat. Gergaji lah terlebih dahulu bagian sisi yang semakin lama sudutnya akan semakin mengecil.
  • Selanjutnya adalah pemotongan benda kerja yang menjadi langkah akhir dari penggunaan gergaji. Saat memotong, pekerja harus menerapkan prinsip kehati-hatian agar terhindar dari kecelakaan kerja. Meskipun tidak terlalu membahayakan, namun prosedur yang salah bisa saja membuat suatu insedan terjadi.
  • BACA JUGA : Perlengkapan Menata Teras Rumah Kayu

Cara Kerja Gergaji :

Cara kerja gergaji ini dikaitkan dengan prinsip kerjanya yang Salah satu bentuk bidang miring sehingga secara prinsip yang dengan cara kerjanya ialah daun gergaji menggunakan mata gigi maupun profil menghadap ke bagian depan kemudian ikat benda kerja di bagian kuat dan kokoh. Berikutnya lukislah garis dimana tempat gerigi gergaji akan melakukan pemotongan. Saat melakukan awalan menggergaji tempat kalah daun gergaji pada sisi kanan. Setelah itu dengan gergaji dibentuk sudut 45 derajat terhadap permukaan benda kerja.

BACA JUGA : Beragam Manfaat Minyak Kayu Putih Untuk Rumah

Tariklah daun gergaji ke bagian belakang hingga menggores kira-kira dalam 3 mm terhadap sisi muka benda kerja. Pada saat mendorong gergaji gigi gergaji akan menjadi benda kerja langkah ini. Potonglah benda kerja dengan cara mendorong kemudian menarik daun gergaji secara berulang-ulang. Hal yang perlu diperhatikan dan diperiksa selalu tegak lurus dan permukaan benda kerja. Pada akhir pemotongan peganglah ujung yang terpotong agar benda kerja tidak pecah pecah atau robek.