18
Mei

Tata Cara Pemlesteran Agar Rata

TATA CARA PEMLESTERAN AGAR RATA

kontraktor jogja

ARSITEK INDO KONTRAKTOR | Sering di jumpai pemlesteran yang tidak rata sehingga membuat hasilnya tidak sesuai harapan. Nah mari simak ulasan di bawah ini tata cara pemlesteran agar rata dengan hasil yang memuaskan. Selamat membaca !

BACA JUGA : Tips memilih semen berkualitas baik

Alat dan bahan :

  • Semen
  • Pasir
  • Air
  • Benang nilon
  • Selang ukur
  • Waterpas
  • Penggaris kayu
  • Cetok

Langkah-langkah :

  1. Ruangan yang akan dibuat lantai plester di dalamnya harus disiapkan terlebih dahulu. Singkirkan benda-benda yang dapat mengganggu jalannya pekerjaan.
  2. Bersihkan permukaan tanah dari sampah, kotoran, dan kerikil. Lalu buatlah tanah tersebut mempunyai permukaan yang rata.
  3. Kini waktunya melakukan pengukuran tingkat kerataan tanah menggunakan selang air. Anda bisa menandai titik-titik batas ketinggian di mana lantai plester akan dibuat.
  4. Pasang benang nilon di titik pertama, kemudian tarik lagi ke titik kedua. Benang inilah yang nantinya akan membantu kita membuat lantai dengan permukaan yang rata.
  5. Campurkan semen dan pasir dengan perbandingan yang tepat. Aduk sampai tercampur rata. Tambahkan air secukupnya, lalu aduk sekali lagi.
  6. Terapkan adukan beton di permukaan tanah di bawah benang nilon. Aplikasikan adukan ini dari titik pertama ke titik kedua agar membentang segaris ke dinding yang berlawanan.
  7. Ratakan adukan beton tersebut ke depan dan belakang. Pastikan permukaannya sudah rata dengan benang nilon di atasnya.
  8. Pasang benang nilon lagi untuk membantu proses pengerjaan pembuatan lantai ini pada jarak 1 m di samping benang pertama.
  9. Aplikasikan juga adukan beton di bawah benang kedua sebagaimana langkah-langkah di atas. Pastikan permukaannya rata.
  10. Kini sudah terbentuk dua garis beton di dalam ruangan. Tuangkan adukan beton lagi di tengah-tengah kedua garis tersebut. Lalu ratakan memakai penggaris kayu. BACA JUGA : Memilih Lantai Kayu Yang Berkualitas

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, sekarang sudah terbentuk lantai plester selebar 1 m2 di dalam ruangan. Setelah itu, Anda tinggal meneruskan lagi pekerjaan tersebut supaya seluruh permukaan tanah di dalam ruangan tadi tertutupi oleh adukan beton secara merata. Langkah berikutnya ialah Anda tinggal menunggu sampai kondisi adukan beton ini benar-benar mengering. Barulah kemudian lakukan proses pengacian untuk menghaluskan permukaannya. Kini lantai plester buatan Anda pun sudah selesai