14
Mei

Memilih Lantai Kayu Yang Berkualitas

TATA CARA MEMILIH LANTAI KAYU YANG BERKUALITAS

Sumber : catkayu.com

ARSITEK INDO KONTRAKTOR | Dalam memilih lantai kayu anda perlu memerhatikan beberapa hal, karena jenis lantai ini memiliki perawatan yang berbeda pula. Jenis lantai kayu ini memiliki daya tahan yang berbeda dengan jenis lantai lainnya. Nah pada artikel di bawah ini akan di bahas mengenai bagaimana memilih lantai kayu yang berkualitas. Mmau tahu apa saja ? Mari simak ulasan di bawah ini. Selamat membaca !

Jenis Lantai Kayu

Tidak ada banyak proyek-proyek perbaikan rumah yang meningkatkan tampilan rumah Anda sekaligus meningkatkan nilai rumah itu seperti menambahkan lantai kayu. Kayu meningkatkan penampilan setiap ruangan. Selain itu lantai kayu yang berkualitas dan terawat dengan baik akan memberikan manfaat bagi generasi yang akan datang. Bahkan, biaya lantai kayu dapat diamortisasi selama puluhan tahun.

BACA JUGA : Fungsi Bagian Kayu Bahan Bangunan

Lantai kayu mudah untuk dirawat, selain itu dia tidak mudah menunjukkan kotoran atau noda. Manfaat lainnya adalah penggunaannya sangat menguntungkan bagi orang-orang yang alergi terhadap karpet. Jika Anda memiliki anak atau binatang peliharaan, lantai kayu mungkin pilihan yang lebih baik daripada karpet.

Hari-hari ini, pilihan jenis lantai kayu hampir tak terbatas. Tapi pada dasarnya, ada tiga jenis lantai kayu. Untuk menentukan jenis yang terbaik untuk rumah Anda, Anda harus bertanya pada diri sendiri beberapa pertanyaan sederhana tentang seberapa sering lantai ini dilewati dan lama penggunaan yang anda anggap wajar.

Kayu Solid

 

Terbuat dari potongan-potongan kayu dengan ketebalan antara 1/4″ dan 1″ , lantai kayu solid jenis lantai kayu yang paling kuat dan awet. Papan kayu disusun menggunakan lidah dan sistem alur yang sudah disiapkan sebelumnya, dan kemudian dipaku ke 3/4″ multiplek dibawahnya. Karena Anda tidak bisa memakukannya ke dalam beton, lantai kayu solid tidak dapat dipasang langsung pada lantai beton tanpa memasang multiplek dulu dibawahnya. Inilah yang membuat harganya jadi mahal dan juga membuat lantai jadi lebih tinggi.

BACA JUGA : Hilangkan Noda Cat Pada Lantai Kayu

Jika Anda memiliki lantai beton, Anda lebih baik menggunakan lantai kayu engineered.Lantai kayu solid tersedia dalam berbagai panjang, lebar, warna, dan finishing. Jika Anda hendak memasang lantai kayu solid, saya sarankan pilih lantai yang belum difinishing dan setelah selesai dipasang anda dapat memfinishingnya sesuai selera anda. Untuk sebagian besar keadaan lainnya, lantai padat pra-selesai adalah pilihan yang lebih baik.

Kayu Engineered

 

Untuk membuat lantai kayu engineered, beberapa plys atau lapisan kayu direkatkan jadi satu. Ada dasar, inti, dan veneer atau memakai lapisan, yang tidak boleh kurang dari 3/16 inci.

Veneer lebih tebal dari 1/8 ” biasanya digergaji dan terlihat lebih seperti kayu solid dibandingkan veneers tipis yang dikupas dari kayu. Dengan veneer dari 5/16 inci atau lebih besar biasanya dapat diampelas dan difinishing sekali.

Butir dari kayu yang digunakan dalam inti diatur tegak lurus satu sama lain, sehingga lantai kayu engineered lebih stabil daripada lantai yang solid. Ini tidak akan warp dan karena itu dapat menempel, dijepit, atau melayang, dapat dipasang hampir di mana saja.

BACA JUGA : Rahasia Lemari Kayu Tahan Puluhan Tahun

Lantai kayu engineered biasanya didasari dengan beberapa lapis urethane. Dan ada banyak pilihan finishing yang tersedia. Bila dipasang dengan benar, lantai engineered yang hampir tidak mungkin dibedakan dari lantai kayu solid.

Kayu diresapi acrylic

Juga dikenal sebagai lantai Pergo, lantai kayu akrilik bahkan lebih tahan lama dibandingkan lantai kayu solid. Bahkan, karena resin akrilik yang dipanggang ke dalam bahan membuatnya menjadi 300% lebih keras. Lantai kayu jenis ini juga cepat diwarnai.

BACA JUGA : Beragam Manfaat Minyak Kayu Putih Untuk Rumah

Kemampuannya tahan air membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk dapur, kamar mandi dan pengaturan lain dengan banyak kelembaban. Dan karena hampir tidak menunjukkan goresan, itu juga ideal untuk daerah yang sering dilalui.