16
Mei

Cara Membuat Vertical Garden dari Botol Bekas

Cara Membuat Vertical Garden dari Botol Bekas

ARSITEK INDO KONTRAKTOR | Membuat taman vertikal dengan menggunakan botol bekas memang unik sobat. Selain itu anda dapat menghemat biaya dalam pembuatannya. nah dalam artikel di bawah ini akan di bahas mengenai bagaimana membuat taman yang terbuat dari botol bekas. Selamat membaca !

1. Persiapan

Alat dan bahan yang diperlukan tidaklah banyak, bahkan bisa kita peroleh dengan mudah di kehidupan sehari-hari, berikut diantaranya.

Alat

  • Gunting atau pisau
  • Palu

Bahan

  • Botol bekas, diutamakan botol plastik karena pengolahannya lebih mudah dari pada botol kaca
  • Paku, besar kecilnya ditentukan oleh ukuran botol yang akan kita pakai
  • Bibit Tanaman
  • Tanah sebagai media tanam

BACA JUGA : Cara Cerdik Mempercantik Taman Rumah Dengan Biaya Rendah

2. Bersihkan Alat dan Bahan

Karena botol bekas ini akan kita gunakan untuk menanam tanaman, maka sebaiknya Anda mencuci botol-botol tersebut sebelum digunakan. Demikian halnya pula dengan gunting atau pisau, sterilkan terlebih dahulu agar tidak ada lagi kuman atau penyakit yang terbawa dan nantinya akan merugikan tanaman kita.

3. Bentuk botol sesuai keinginan

Untuk lebih mempercantik tampilan vertical garden Anda, maka Anda dapat membentuk botol bekas terlebih dahulu. Aneka bentuk botol dapat pula menyesuaikan dengan jenis tanaman yang akan Anda tanam. Biasanya pula sebagai pemanis, botol-botol tersebut dapat diwarnai sesuai selera, bahkan digambari karakter kartun yang lucu. Namun jika Anda ingin suatu tampilan yang alami, maka botol tidak perlu dicat, Anda cukup memotongnya jadi dua secara sejajar, atau memotong secara horisontal.

BACA JUGA : Keuntungan Limbah Rumah Tangga Untuk Taman

4. Isi botol dengan tanah

Karena media yang kita gunakan untuk menanam adalah tanah, maka untuk mendukung sumber nutrisi tanaman, kita perlu menambahan pupuk kompos atau kandang pada tanah tersebut sebelum memasukkannya pada botol.

Campurkan tanah dan kompos dengan perbandingan 1 : 1, lalu diamkan selama kurang lebih 1 hari agar pupuk benar-benar meresap pada tanah. Selepas itu, Anda dapat mengisi botol-botol yang telah dibentuk tersebut dengan tanah.

5. Masukkan bibit

Pastikan bibit tanaman yang Anda eroleh adalah bibit unggulan. Untuk mendapatkannya, Anda dapat berbelanja di toko pertanian atau pun mendapatkannya secara langsung dari tanaman induk.

Lubangilah tanah sedalam kurang lebih 5 cm dari permukaan, lalu letakkan bibit tanaman yang sudah tersedia, tutup kembali dengan tanah.

BACA JUGA : Keuntungan Limbah Rumah Tangga Untuk Taman

6. Tempel pada dinding

Proses penanaman telah selesai, kini saatnya menempelkan botol berisi bibit tanaman tersebut pada dinding ruangan yang telah Anda tentukan. Sebagai saran, pilihlah tempat yang mendapat cukup pancaran sinar matahari agar tanaman Anda tumbuh dengan baik.

Lakukan perawatan dengan baik seperti menyiram secara teratur, serta segera atasi jika ada gulma atau hama yang mengancam.

Ide Kreatif Vertical Garden

Beberapa ide di bawah ini adalah inovasi dari para gardener yang tidak dapat membiarkan sudut-sudut rumahnya kosong tanpa sentuhan alam.

BACA JUGA : Panduan Menamam Tanaman Di Taman

  • Digantung pada Pagar

Tidak melulu di dinding, vertical garden pun dapat diterapkan pada pagar rumah Anda. Jenis tanaman yang tumbuh menjulur sangat cocok ditanam dengan cara ini. Ketika tumbuh dan telah rimbun, maka pagar rumah Anda akan tampak lebih hidup, terlebih jika tanaman yang diletakkan memiliki aneka warna maka selain nampak segar, pemandangan yang tercipta pun semakin indah.

  • Digantung pada Tali

Rangkai dan gantungkanlah botol-botol bekas berisi tanaman Anda pada tali atau kawat yang dibentangkan dengan kuat.

Ide ini sangat cocok untuk menanam berbagai tanaman hias seperti bunga atau tanaman sukulen, namun tidak menutup kemungkinan juga untuk ditanami berbagai macam tanaman sayuran yang segar.

BACA JUGA : Cara Memasang Rumput Sintetis Untuk Taman

  • Diletakkan pada Rak Vertical

Jika tidak ada lagi dinding yang tersisa untuk dimanfaatkan, maka Anda dapat memakai rak vertical sebagai tempat meletakkan botol-botol bekas tersebut. Rak vertikal yang dipakai tidak harus rak baru yang terbuat dari besi, Anda daat merangkai sendiri rak vertikal tersebut dari bahan kayu bekas atau bilah bambu. Tampilan akan lebih unik dan terkesan alami jika vertical garden dihadirkan pada rak bambu hasil kreasi Anda sendiri.

  • Digantung pada Tiang Rumah

Tiang rumah Anda terkesan kosong dan membosankan? Hiasi saja dengan Vertical garden. Beberapa tanaman yang cocok untuk diletakkan pada tiang rumah adalah bunga hias, atau bisa juga tanaman buah hias seperti tomat atau cabe hias yang berwarna kuning. Akan sangat menarik jika melihat tanaman tersebut tumbuh dan siap panen di tiang rumah Anda.

BACA JUGA : Panduan Menamam Tanaman Di Taman

  • Dengan Menggunakan Galon Bekas

Tanaman umbi-umbian seperti bawang-bawangan, wortel, atau kentang bisa juga dibudidayakan dalam vertical garden. Pakailah galon bekas air minum dan isi hingga penuh dengan media tanam. Tentu saja metode ini akan sangat menolong bagi Anda yang memiliki lahan sempit.

Masih banyak lagi ide lainnya yang bisa Anda praktekkan dalam bertani secara vertical, silahkan berinovasi dan berkreasi sesuai selera dan ruang yang Anda miliki.