13
Mei

Cara Membuat Pagar Tanaman

TATA CARA MEMBUAT PAGAR TANAMAN

ARSITEK INDO KONTRAKTOR | Ada berbagai jenis pagar yang dapat digunakan sebagai pembatas rumah anda dengan jalan umum. Salah satu jenis pagar tersebut adalah pagar hidup yaitu yang terbuat dari tanaman. Nah jika anda ingin membuatnya, mari simak ulasan di bawah ini yang akan di bahas mengenai bagaimana membuat pagar tanaman yang baik dan benar. mau tahu bagaimana ? Mari simak ulasan di bawah ini. Selamat membaca !

  1. Pilih tanaman

Seperti yang sudah dijabarkan sebelumnya, Anda perlu menentukan jenis tanaman yang akan gunakan sebelum hendak membuat pagar tanaman. Dalam hal ini Anda dapat membangun pagar tersebut dari nol atau memulai dari bibit. Atau juga Anda dapat langsung membeli tanaman yang sudah jadi. Disarankan untuk membeli yang langsung jadi supaya pagar lebih cepat terpasang.

BACA JUGA : Cara Ampuh Mengusir Tawon di Rumah dengan Bahan Alami

  1. Siapkan area

Setelah selesai memilih tanaman, hal yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan area kerja. Berilah batasan pada area pagar yang akan di bangun supaya tidak terjadi kekurangan atau kelebihan. Gali area tersebut pada kedalaman yang cukup menggunakan cangkul. Setelah selesai, tanah sisa galian jangan langsung dibuang, tetapi disimpan di wadah.

  1. Memasang pagar

Cara pemasangan pagar dapat dilakukan dengan langsung menanam tanaman tersebut pada area yang telah disediakan. Jangan lupa berikan pupuk pada tanaman tersebut supaya tetap tumbuh subur. Pemupukan dilakukan minimal satu kali dalam waktu satu bulan. Untuk tanaman yang memiliki bunga, Anda dapat menggunakan pupuk dengan kandungan P yang tinggi. Sedangkan jika tanaman Anda merupakan tanaman berdaun lebat, Anda dapat menggunakan pupuk yang memiliki kandungan N yang tinggi.

BACA JUGA : Cara Benar Agar Pagar Besi Tetap Cantik

  1. Perawatan pagar

Perawatan pagar dapat dilakukan dengan cara melakukan penyiraman minimal sehari satu kali. Selain itu, jika tanaman sudah mulai terlihat berantakkan dengan banyak terdapat daun lebat membandel, Anda dapat mengambil langkah untuk merapikannya. Caranya adalah dengan memangkas daun tersebut hingga tumbuh rapi dan indah di pandang.

 

Memiliki rumah minimalis  dengan ukuran mungil menuntut pemiliknya untuk kreatif menghadirkan kesan hijau. Selain membuat taman yang ditata secara vertikal, area pagar rumah juga bisa dimanfaatkan sebagai media tanaman rambat.

BACA JUGA : Cara Merawat Pagar Kayu Rumah

Tips merawat pagar hidup

Jangan lupa, pangkas tanaman yang tumbuh tak beraturan setidaknya sekali dalam seminggu supaya bentuk tanaman rambat Anda terlihat rapi. Akar tanaman juga terkadang perlu dipotong jika mulai merusak tembok pagar rumah.

Beberapa orang memilih untuk mengikat tanaman rambat untuk mengatur arah rambatan sesuai keinginan. Terakhir, letakkan tanaman di lokasi yang mendapat asupan sinar matahari langsung. Sebab tanaman jenis ini biasanya sangat menyukai cahaya matahari yang maksimal.

Meski begitu, kebanyakan pengembang saat ini membangun perumahan tanpa pagar. Bagi Anda yang merasa kurang nyaman, Anda bisa gunakan pagar hidup untuk memberikan batas antara ruang umum dan rumah Anda, tanpa harus mencolok.