07
Okt

Tanaman Pembersih Udara di Kamar yang Paling Bagus

Tanaman Pembersih Udara di Kamar yang Paling Bagus

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Tanaman hias adalah salah satu pilihan dekorasi rumah yang bisa dimanfaatkan untuk menghadirkan tampilan rumah yang lebih asri. Selain dikenal dengan kecantikannya, terdapat jenis tanaman yang mampu membuat lingkungan rumah menjadi lebih sehat, yakni tanaman hias pembersih udara. Varian yang ditawarkan bisa disimpan baik di dalam dan di luar ruangan sehingga tanaman ini dapat melindungi kualitas udara di sebuah rumah secara menyeluruh. Berikut ini tanaman pembersih udara di kamar yang paling bagus:

1. Bunga Krisan 

Bunga Krisan atau yang dinamakan juga sebagai Chrysanthemum juga terkadang disebut sebagai Seruni. Banyak para peneliti membuktikan bahwa ia memiliki kemampuan untuk menyerap berbagai jenis polutan yang berbahaya.

Beberapa polutan yang mampu diserap oleh bunga yang satu ini antara lain:

  • Benzena (kandungan yang terdapat di dalam bensin)
  • Xylene
  • Amonia
  • Formalin atau Formaldehyde
  • Dan beberapa polutan lainnya.

Selain itu, kelebihan bunga krisan bukan hanya dilihat dari kemampuan untuk menyerap udara. Bunga ini memiliki keindahan yang tidak perlu anda ragukan lagi.

Krisan hadir dengan warna-warni yang cerah seperti merah, pink, dan kuning. Namun perlu diperhatikan bahwa seperti bunga pada umumnya, krisan harus memiliki pasokan sinar matahari yang cukup agar supaya bunga ini mampu mengeluarkan bunga.

Maka dari itu, biasanya bunga krisan akan diletakkan di taman terlebih dahulu. Ketika sudah berbunga, maka langsung diletakkan di kamar. Dengan meletakkan tanaman ini, kamar anda selalu segar dan semakin membuat anda nyaman berada di dalamnya.

2. Lidah buaya

Pernah melihat orang meletakkan tanaman lidah buaya di kamar? Lidah buaya atau aloe vera merupakan tanaman yang mungkin lebih kita kenal manfaatnya untuk menumbuhkan rambut.

Bahkan ada juga yang menjadikan lidah buaya sebagai makanan dengan memanfaatkan jel yang ada di dalamnya. Selain itu, tanaman ini juga ternyata mampu menyerap polutan udara yang menyebabkan kamar anda terlihat pengap.

Dari segi bentuk memang kaku, namun ketika anda menanamnya di pot, maka anda akan melihat lidah buaya akan tumbuh subur dan akan menyejukkan kamar anda.

Tanaman yang juga bisa anda jadikan sebagai tanaman hias gantung merupakan salah satu pilihan terbaik untuk anda yang ingin membuat kamar anda segar dan selalu memberikan kenyamanan bagi anda maupun siapapun yang berada di kamar.

3. Pakis

Pakis juga merupakan tanaman pembersih udara di kamar yang bisa menjadi pilihan tepat. Memiliki nama lain yaitu Boston Ferns yang mudah anda temukan dimana pun.

Ketika anda terpaksa harus membelinya pun tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal. Dengan harga yang murah, tanaman ini ternyata mampu memberikan manfaat yang besar.

Salah satu kelebihan dari pakis adalah melembapkan udara dimana pun anda meletakkannya. Anda bisa meletakkan Boston Ferns di kamar, ruang keluarga, dan beberapa ruangan lain yang memang sesuai dan pas untuk tempat pakis.

Selain itu, tanaman ini juga bisa anda gunakan untuk melembabkan kulit kering sehingga membuat kulit terlihat lebih mulus dan memberikan rasa percaya diri untuk anda.

NASA juga membuktikan bahwa pakis mampu melahap formaldehida. Untuk itulah anda bisa menjadikan pakis sebagai salah satu tanaman hias terbaik di kamar yang akan membuat kamar anda selalu segar.

4. Lidah Mertua

Mungkin anda sering menemukan tanaman yang satu ini. Namun banyak orang yang belum tahu bahwa tanaman ini memiliki nama lidah mertua. Tanaman lidah mertua memiliki nama lain Trifasciata Laurentii yang merupakan salah satu tanaman hias yang banyak digunakan.

Tanaman lidah mertua berbentuk agak kaku dengan ujung yang runcing. Jika ditanam tanpa pot memang tanaman yang satu ini kurang enak dilihat. Namun ketika anda sudah menanamnya di pot, maka anda akan langsung jatuh cinta dengan lidah mertua.

Ketika anda meletakkan di kamar, pemandangan yang anda dapatkan tidak kalah dibandingkan dengan tanaman hias lainnya yang mungkin memiliki harga lebih mahal. Tidak sampai di situ, tanaman lidah mertua juga bisa menyerap polutan udara di kamar. Dengan begitu, udara di kamar akan tetap segar dan membuat anda semakin nyaman berlama-lama di kamar.

5. Lili Paris

Tanaman pembersih udara di kamar yang juga tidak kalah menarik adalah Lili Paris. Tanaman yang satu ini sering anda temukan di rumah-rumah dan merupakan salah satu tanaman yang mudah dirawat.

Harganya yang murah juga menjadi kelebihan lain yang dimilikinya dan akhirnya menjadi salah satu tanaman favorit yang bisa membantu menghias ruangan, salah satunya adalah desain kamar ala cafe yang berhasil dihias dengan tanaman.

Sebagai salah satu tanaman pembersih, tanaman laba-laba ini diketahui memiliki kemampuan menyaring benzena, karbon monoksida, formalin, dan xylene.

Bagaimana kemampuan tanaman ini? Hebat kan? Anda bisa mendapatkannya dengan harga yang murah. Meskipun tanaman ini jarang digubris, namun manfaatnya besar dan bisa membuat kamar anda selalu segar.

6. Reed Palm

Tanaman terakhir yang juga bisa anda gunakan untuk menghias kamar sekaligus menyerap udara kotor adalah Reed Palm. Dengan nama yang bagus tersebut, sayangnya di Indonesia hanya dikenal dengan sebutan tanaman Palem.

Padahal ia memiliki nama yang cukup keren, yakni Reed Palm atau Chamaedorea SefritziiSelain tiga nama tersebut, tanaman ini juga memiliki sebutan lain yaitu Bamboo Palm yang sebenarnya habitat aslinya ada di Amerika Tengah dan Meksiko.

Beberapa polutan yang mampu diserap oleh palem antara lain: formalin, benzene, dan trichloroethylene. Anda disarankan untuk meletakkan tanaman ini di dinding kamar atau bisa dekat dengan jendela kamar untuk semakin memberikan udara yang selalu segar.