12
Sep

Tanaman Ampuh Mengusir Nyamuk

Tanaman Ampuh Mengusir Nyamuk

Tanaman Ampuh Mengusir Nyamuk – Nyamuk memang menjadi salah satu masalah apalagi bagi kita. Hewan ini sering juga mengganggu kenyamanan dan kesehatan Anda dan keluarga. Namun Anda jangan khawatir ada beberapa jenis tanaman yang dapat mengusir nyamuk. Yuk simak apa saja jenis tanaman yang dipercaya dapat mengusir nyamuk, dan bisa Anda tanam juga pada rumah Anda.

1. Bawang Putih

Tahukah Anda, bawang putih merupakan salah satu tanaman pengusir nyamuk yang paling ampuh? Baunya yang khas membuat nyamuk enggan dekat-dekat dengan tanaman ini. Bawang putih memang tanaman yang luar biasa karena mudah ditemukan, mudah ditanam, dan banyak gunanya pula.

2. Sereh

Selain berguna sebagai bumbu masakan, sereh juga dapat digunakan sebagai pengusir nyamuk, lho. Tanaman serbaguna ini mengandung banyak zat sitronnellol dan geraniol yang mengeluarkan aroma yang tidak disukai nyamuk. Bahkan, zat sitronnellolnya juga bisa membuat nyamuk mati, lho.

3. Lemon Balm

Lemon balm, yang terkenal sebagai bahan minuman, juga bisa berfungsi sebagai anti nyamuk. Tanaman yang berasal dari keluarga mint Lamiaceae ini mengandung zat citronellal yang tidak disukai oleh nyamuk.

4. Bunga Lavender

Tanaman yang satu ini juga pasti sudah tidak asing bagi kita semua. Selain enak dipandang mata, aroma lavender yang harum ternyata malah dibenci nyamuk, sehingga tanaman berbunga ungu ini merupakan salah satu tanaman pengusir nyamuk yang paling efektif. Karena aromanya inilah lavender juga populer sebagai bahan dasar lotion anti nyamuk.

5. Bunga Rosemary

Rosemary merupakan salah satu pilihan tanaman yang bisa Anda rawat di dalam rumah atau di halaman. Bagi manusia, rosemary sering dijadikan bumbu masak, aromatherapy, atau pengharum ruangan. Tapi aromanya yang cukup kuat membuat indra penciuman nyamuk kacau, sehingga nyamuk biasanya menjauh dari area yang ditumbuhi rosemary. Rosemary juga adalah tanaman yang sangat kuat karena tahan terhadap panas matahari, penyakit, dan hama.

6. Kecombrang

Satu lagi bahan masakan yang bisa kamu gunakan sebagai pengusir nyamuk adalah kecombrang. Terkenal karena rasanya yang enak, kecombrang biasanya ditemukan di dalam masakan sayur atau sup. Meskipun aromanya tak menjadi masalah untuk kita, namun nyamuk akan merasa sangat terganggu sehingga ingin jauh-jauh.

7. Kayu Putih

Tak hanya bermanfaat sebagai bahan dasar minyak gosok, kayu putih juga bisa digunakan sebagai tanaman pengusir nyamuk. Aromanya yang khas dan kuat dijamin membuat nyamuk jauh-jauh dari rumah Anda. Cukup letakkan pot berisi tanaman kayu putih di dalam ruangan. Tanaman ini akan bekerja sepanjang waktu menangkal nyamuk di dalam rumah.

8. Tea tree

Populer sebagai bahan dasar minyak yang serbaguna, tanaman tea tree atau melaleuca merupakan salah satu tanaman yang paling efektif dalam mengusir nyamuk. Aromanya yang kuat membuat nyamuk enggan dekat-dekat. Meski aromanya dibenci nyamuk, Anda dan keluarga malah akan merasa semakin nyaman karena aroma kayunya yang wangi.

 

Itulah beberapa tanaman pengusir nyamuk yang bisa Anda tanam di dalam rumah atau di halaman, supaya nyamuk tidak datang lagi. Yang mana yang jadi favorit Anda?