28
Feb

Syarat Dinding Sebelum Dipasang Wallpaper

Syarat Dinding Sebelum Dipasang Wallpaper

  1. Syarat Dinding Sebelum Dipasang Wallpaper – Dinding rumah adalah elemen terpenting di dalam berdirnya sebuah bangunan. Dinding ini berfungsi untuk menopang beban diatas atau sebagai sekat suatu ruangan. Pada umumnya dinding di cat agar terlihat lebih berwarna serta menarik. Dengan dinding yang polos akan membuat seseorang merasa bosan dengan suasana itu – itu saja. Untuk mensiasati hal tersebut, anda dapat memasang wallpaper pada sebuah dinding. Sebelum memasang wallpaper, anda harus memperhatikan hal – hal dibawah ini.
  2. 1. Dinding Bersih

Syarat dinding yang akan dipasang wallpaper adalah dinding harus bersih. Untuk memasang wallpaper pada dinding rumah anda, maka pastikan dinding dalam keadaan bersih terlebih dahulu. Jika dinding masih kotor, maka bersihkan sampai benar-benar bersih. Adapun cara membersihkan dinding untuk dipasang wallpaper adalah:

  • Bersihkan dinding dengan lap kering agar bersih dari kotoran dan debu.
  • Lap dinding dengan kain basah agar kotoran yang menempel dan debu yang tersisa dapat terbawa kain lap basah.
  • Kalau masih ada kerak, lakukan pengerokan sampai kotoran yang menempel dapat lepas dan dinding menjadi rata tanpa kerak yang menempel.
  • Biarkan dinding mengering terlebih dahulu beberapa saat.
  • Dinding siap dipasang wallpaper.

2. Dinding Rata

warna cat rumah depan elegan

Untuk mendapatkan hasil pemasangan wallpaper yang sangat bagus maka pastikan dinding yang akan dipasang wallpaper dalam keadaan rata. Jika terdapat gelembung atau lekukan, maka usahakan untuk membuat gelembung/lekukan hilang terlebih dahulu. Anda bisa meratakan dengan mengerik gelembungan atau menghilangkan gelembungan dengan dempul. Lakukan hal ini sampai dinding benar-benar sama sekali. Anda juga dapat mempelajari macam-macam konsep desain interior.

Jika dinding yang tidak rata terbuat dari kayu atau tripleks, maka hilangkan lekukan atau gelembungan dengan menghaluskannya dengan amplas. Haluskan permukaan dinding kayu/tripleks sampai benar-benar rata agar layak dipasang wallpaper. Jika permukaan terdapat serat-serat kayu atau kasar, maka lakukan hal yang sama yaitu meng-amplas permukaan dinding agar lebih rata. Anda dapat melakukannya dengan amplas manual atau menggunakan mesin agar pengerjaan lebih cepat. Jika menggunakan mesin, lakukan dengan hati-hati agar tidak membuat cekungan kedalam karena terlalu diamplas.

3. Kering

Untuk mendapatkan hasil pemasangan yang baik maka syarat dinding yang akan dipasang wallpaper adalah dalam keadaan kering. Bila lokasi yang akan dipasang sering lembab, periksa penyebab kenapa sering menjadi lembab. Kalau memungkinkan hilangkan penyebab dinding menjadi lembab.Namun jika pada saat anda akan memasang dinding basah atau lembab karena anda bersihkan dengan kain basah, maka tunggulah sampai kering baru anda lanjutkan memasang wallpaper.

4. Bebas retakan

Sebelum memasang wallpaper pada rumah kesayangan anda, pastikan dinding tidak ada retakan sama sekali. Wallpaper yang berhasil dipasang dengan baik akan memperlihatkan sisi dinding yang sangat menarik. Namun, jika dinding yang dipasang terdapat retakan maka hasilnya akan memperlihatkan kerutan wallpaper atau terlihat menggelembung. Hasilnya tentu tidak baik jika dipaksakan untuk tetap dipasang wallpaper. Untuk itu jika dinding terdapat retakan maka dempul retakan terlebih dahulu agar dinding dalam kondisi rata dan kokoh.

5. Usia yang cukup

Khusus untuk dinding bangunan baru dapat dipasang wallpaper pada usia dinding yang cukup. Usia dinding yang dapat dipasang wallpaper pada rumah baru minimal berusia 3-4 bulan setelah di plester. Tujuan menunggu waktu yang tepat dalam hal ini untuk memastikan dinding benar-benar dalam keadaan kering. Pada bangunan baru apalagi baru di plester, dinding akan menghasilkan uap semen yang akan membuat dinding cenderung lembab. Kelembabah akan menurun seiring dengan waktu yang biasanya sesudah memasuki usia 3-4 bulan. Dalam arti lain dinding baru dapat dipasang wallpaper pada saat semen benar-benar sudah mati/kering.

6. Bukan dinding kaca

Salah satu syarat dinding yang akan dipasang wallpaper diantaranya bukan merupakan dinding kaca. Wallpaper tidak dapat dipasang pada dinding kaca, untuk itu hindari memasang wallpaper pada dinding kaca. Lem wallpaper tidak dapat menempel pada kaca untuk itu dinding kaca bukan tempat yang tepat memasang wallpaper. Khusus untuk dinding kaca, anda dapat memakai cutting stiker agar terlihat lebih menarik. Minta desainer membuat desain stiker yang bagus agar dinding kaca lebih cantik.

7. Sehat

Dinding sehat berarti dinding dalam keadaan yang layak untuk dipasang wallpaper. Layak pasang wallpaper dalam arti dinding tidak dalam keadaan berjamur, penuh retakan, terdapat sarang rayap, atau binatang lain. Jika terdapat rayap anda dapat mengatasinya dengan mengenali penyebab munculnya rayap di dalam rumah. Apabila kondisi dinding tidak sehat namun tetap dipasang wallpaper maka masalah yang ada pada dinding akan mempengaruhi kondisi wallpaper nantinya. Bisa saja wallpaper menjadi mudah rusak, dimakan rayap, atau bahkan wallpaper menjadi bergelembung atau bercak-bercak noda akibat adanya aktivitas binatang dibaliknya. Untuk itu sebelum memasang wallpaper pastikan semua bagian dinding dalam kondisi sehat atau layak pasang wallpaper.

Dengan memperhatikan kondisi dinding secara cermat sebelum memasang wallpaper maka anda akan mendapatkan hasil pemasangan yang sangat memuaskan. Pemeriksaan terhadap kondisi dinding harus sangat cermat mengingat setelah dipasang, wallpaper tidak mungkin untuk dilepas dan dipasang kembali. Setelah dipasang jika dilepas maka wallpaper akan rusak. Makanya perhatikan kondisi dinding dan rencana penempatan wallpaper harus sudah cukup jelas.

JASA ARSITEK DAN KONTRAKTOR  merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di  WA : 0857 4300 6666