kelenihan dan kekurangan kusen alumunium
28
Jul

Sudah Tahukah Kamu Tentang Kelebihan dan Kekurangan Kusen Alumunium?

KELEBIHAN KUSEN ALUMINIUM

Harganya Lebih Murah

Dengan kualitas yang sama, harga kusen aluminium bisa jauh lebih murah loh jika dibandingkan dengan kusen kayu. Perlu Anda ketahui nih, harga kusen dari aluminium ini sekarang berkisar antara Rp 500.000 sampai Rp1.500.000 tergantung model dan ukurannya. Sedangkan harga kusen kayu sendiri bisa tembus hingga lebih dari angka tersebut. Walaupun tidak menutup kemungkinan ada kusen kayu yang harganya setara dengan kusen aluminium, namun dapat dipastikan kualitas kusen kayu tersebut lebih rendah. Bila kualitasnya seragam, harga kusen aluminium lebih murah.

Masa Pakai Lebih Lama

Kusen aluminium merupakan kusen yang memiliki usia pakai yang lama. Kusen ini terbilang awet karena tidak mudah keropos, lapuk, berkarat, maupun berjamur. Sehingga kusen aluminium dapat diletakkan di ruangan-ruangan yang memiliki suhu ekstrem. Rata-rata usia pakai kusen aluminium ini mencapai lebih dari 20-30 tahun. Kusen ini sama sekali tak akan dirusak oleh serangga. Anda tak usah khawatir terhadap rayap, kutu bubuk, dan serangga lainnya karena tidak dapat merusak kusen aluminium. Selain itu, kusen aluminium pun tidak akan berkarat loh.

READ  Tips Penataan Ruang Tamu Minimalis

Tak Akan Diserang Hama

Sekali lagi aluminium bukan merupakan makanan rayap. Jadi Anda tidak usah khawatir kusen aluminium kepunyaan Anda tersebut bakal dirusak oleh rayap sebab tak mungkin terjadi deh. Sebab pada dasarnya memang tidak ada serangga yang memakan aluminium. Coba bandingkan dengan kusen kayu, di mana Anda harus memberikan treatment tertentu secara berkala pada kusen tersebut supaya terbebas dari serangan rayap untuk sementara waktu. Yap, treatment ini memang mesti Anda kerjakan secara terus-menerus. Sedangkan kusen aluminium tidak perlu treatment sama sekali.

Bentuk dan Ukuran Stabil

Aluminium adalah material yang sukar memuai. Bentuk dan ukurannya tidak langsung dipengaruhi oleh kondisi cuaca sekitarnya. Hal ini menguntungkan sehingga Anda tidak perlu khawatir ukuran kusen ini bakal mengembang atau menyusut. Sebab pada dasarnya kusen aluminium memang mempunyai ukuran dan bentuk yang stabil. Baik ketika musim kemarau maupun musim penghujan, ukuran kusen ini tidak terpengaruh cuaca. Dengan kelebihan yang dimilikinya tersebut, pintu dan jendela yang dipasang pada kusen aluminium tak akan mengalami masalah di kemudian hari.

Mempunyai Bobot Ringan

Kusen aluminium memiliki bobot yang ringan sehingga mudah dalam membawa ataupun memasangnya. Maka tidak membutuhkan tenaga yang banyak dalam pekerjaan pemasangan kusen ini. Meskipun begitu, kusen aluminium ini sangat kokoh serta sanggup menahan beban di atasnya dengan baik. Cobalah bandingkan dengan kusen kayu, terutama kusen kayu kalimantan yang notabene memiliki bobot yang berat sekali. Perawatannya pun terbilang sangat mudah kok. Anda cuma perlu mengelap permukaannya saja secara rutin untuk menghapus partikel-partikel debu maupun kotoran.

BACA JUGA :

Inspirasi Ruang Keluarga Super Nyaman dan Homey by. Kontraktor Jogja

READ  Begini Cara Hitung RAB Pasangan Pondasi Batu Kali

Desain Kamar Tidur dengan Bukaan Jendela Mempengaruhi Semangat Bangun Pagi

KEKURANGAN KUSEN ALUMINIUM

Desainnya Membosankan

Ketersediaan pilihan model kusen aluminium sangat terbatas. Bentuk kusen ini juga seperti itu-itu saja dan cenderung monoton. Kusen aluminium umumnya tersedia dalam desain yang kotak solid tanpa ada bentuk dekoratif sama sekali. Jika tidak diantisipasi dengan baik, tampilan akhir pintu atau jendela Anda bakal terlihat kurang menarik. Hal tersebut lantaran kusen aluminium ini dibuat menggunakan standar dari pabrik yang biasanya mengadopsi gaya minimalis dan klasik. Kita tunggu saja semoga ke depannya ada pabrik yang melakukan inovasi terhadap desain kusen ini.

Butuh Keterampilan Tinggi

Kejelian merupakan faktor yang sangat penting pada saat memasang kusen aluminium. Sebab pada dasarnya, memasang kusen aluminium memerlukan keterampilan yang tinggi. Prosesnya agak berbeda dengan memasang kusen kayu konvensional. Yang terpenting ialah Anda harus teliti dalam menanam sekrup fischer ke tembok. Kesalahan sedikit saja dapat mengakibatkan kusen tersebut bakal terpasang kurang rapi. Namun sayangnya kusen aluminium yang sudah terlanjur terpasang tidak mungkin bisa Anda perbaiki lagi. Kalau Anda memaksakannya, maka pasti bakal ada bekas kerusakannya.

Rentan Mengalami Bocor

Memasang kusen aluminium memang berbeda dari proses pemasangan kusen kayu. Salah satu faktor yang membedakan di sini yaitu adanya karet sealant yang harus kita pasang. Fungsi karet sealant ini sebagai ganjalan untuk mencegah kebocoran. Penyambungan karet sealant antara kusen jendela dan kaca ini harus sempurna. Sebab kalau tidak, air hujan akan tampias masuk ke rumah Anda. Gantilah karet sealant penahan tersebut secara berkala agar tetap dapat berfungsi secara normal. Bagaimanapun juga kusen aluminium harus dilengkapi karet sealant yang erat supaya tidak bocor.

READ  Inspirasi Desain Fasad Rumah

MELANJUTKAN MEMBACA ARTIKEL :

8 Solusi Atasi Rumah Terasa Panas

5 Desain Dapur Cantik Tanpa Kitchen Set

Demikianlah sedikit ulasan mengenai kelebihan serta kekurangan dari kusen alumunium. Semoga bermanfaat untuk Anda, dan nantikan informasi-informasi menarik lainnya hanya di website KONTRAKTOR JOGJA ini.