10
Mar

Solusi Menata Kantor Anda Agar Nyaman

sumber : propertyinside.id

SOLUSI MENATA KANTOR ANDA AGAR NYAMAN

Arsitek Indo Kontraktor – Tidak dipungkiri, memang kantor merupakan rumah kedua bagi seorang karyawan bukan? Oleh karena itu, selain kita mendesain rumah kita agar nyaman. Sangat disarankan juga kita bahwa mendesain rumah kedua kita atau kantor itu penting. Agar terciptanya kantor yang nyaman juga bukan? Untuk itu, perlu Anda ketahui beberapa tips dan solusi berikut ini mengenai menata kantor.

Tips Menata Kantor Agar Nyaman

Nah, jika Anda sedang berencana untuk menata ruangan kantor menjadi nyaman berikut akan dibahas mengenai 15 Cara Jitu Menata Ruang Kerja Kantor Agar Nyaman. Seperti apakah ulasannya? Ini Dia ulasannya!

1. Memasang wallpaper di ruang kerja

Rata-rata disetiap kantor cat dinding yang mendominasi adalah warna putih atau pun warna kaku lainnya yang terkadang membuat jenuh.

Jika Anda ingin ruang kerja tampil beda bisa menambahkan wallpaper yang menarik dan bergambar namun masih dalam batas yang wajar.

Dengan adanya tampilan yang berbeda pada dinding ruang kerja biasanya akan membuat fresh dan semangat dalam berkerja.

Cara menata ruang kerja dengan memasang wallpaper ini sudah banyak dilakukan di beberapa tempat kerja. Dengan begitu ruangan kerja tak terlihat kaku serta “menakutkan”.

2. Tempatkan layar komputer dengan sesuai di meja kerja Anda

Saat ini hampir di seluruh perusahaan, instansi, dan lembaga menggunakan komputer atau laptop untuk bekerja.

Hanya saja, banyak yang menempatkan komputer tersebut dengan posisi yang tidak sesuai. Seperti meja terlalu tinggi atau posisi komputer di bawah posisi mata Anda ketika duduk.

Baca juga : Alamat Kantor Kami

Hal tersebut bisa mengakibatkan sakit leher atau tidak nyaman pada anggota tubuh lainnya saat bekerja.

Oleh karena itu, Cara menata ruang kerja selanjutnya adalah dengan mengubah posisi layar komputer atau meja untuk komputer atau laptop Anda.

Posisi ideal untuk menempatkan layar komputer Anda adalah dengan posisi setinggi mata Anda. Jika memang tidak memungkinkan bisa menggunakan keyboard bluetooth untuk bisa mengetik di tempat yang nyaman. Dengan begitu, tak akan ada lagi keluhan sakit leher lelah mata, dan sebagainya.

3. Atur tempat duduk senyaman mungkin

Tempat duduk atau kursi adalah fasilitas terpenting untuk Anda yang bekerja di sebuah ruangan. Karena itu ketika Anda ingin menata ruangan kerja jangan lupa untuk mengubah tempat duduk Anda dengan nyaman.

Ruang kerja yang nyaman
Ruang kerja yang nyaman

Tempat duduk yang Anda miliki bisa ditambahkan dengan bantal duduk yang pas dengan Anda. Ataupun jika tempat duduk sudah rusak Anda bisa mengajukkan untuk menggantinya dengan yang lebih baik dan nyaman menurut Anda.

Cara menata ruang kerja dalam hal tempat duduk ini wajib masuk dalam daftar list Anda ketika ingin merenovasi ruangan. Karena tanpa tempat duduk yang nyaman, Anda tak akan bisa bekerja dengan baik.

Ingat! Ketika membeli atau memilih tempat duduk, usahakan kursi yang Anda pilih memiliki busa yang pas dan posisi kursi tidak terlalu tinggi atau terlalu pendek.

4. Rapikan alat tulis dalam sebuah tempat

Tak aneh memang bila di atas meja terdapat banyak alat tulis yang meliputi pulpen, pensil, penggaris, lem, sticky notes, dan lain sebagainya. Alat tulis tersebut biasnaya selain disimpan di atas meja juga ditaruh di sebuah laci meja.

Tak heran alat tulis ini sering kali hilang karena lupa menaruhnya ataupun dipinjam orang lain. karena itu untuk membuat alat tulis lebih rapih dan tak berceceran sebaiknya disimpan di sebuah kotak penyimpanan khusus.

Dengan merapikannya di sebuah tempat khusus akan tampak lebih rapih, mudah dicari, dan tentu saja enak dipandang.

Terkadang cara menata ruang kerja yang dimulai dari merapikan alat tulis kantor ini luput dari perhatian. Oleh karenanya segera masukan list daftar belanja Anda ketika akan menata ruangan kerja dengan nyaman.

5. Mengatur dan memperbaiki pencahayaan ruangan kantor

Cara menata ruang kerja berikutnya adalah dengan mengatur atau memperbaiki pencahayaan ruangan kantor. Hal ini sangat penting karena akan berdampak pada kesehatan Anda terutama kesehatan mata.

Jika Anda merasa ruangan kantor Anda sangat minim pencahayaan bisa ditambahkan dengan memasang lampu yang sesuai.

Mengatur atau memperbaiki pencahayaan pun tidak selalu harus menggunakan listrik. Barangkali ada lemari atau benda lainnya yang menghalangi pencahayaan yang masuk ke ruangan kerja Anda.

Karena itu bisa mengubah posisi lemari, tempat duduk atau meja agar pencahayaan alami dari luar bisa masuk ke ruangan kerja Anda.

Namun, jika tidak memungkinkan alternatif lain yang bisa dilakukan adalah dengan memasang lampu meja yang kecil agar pencahayaan di meja kantor Anda bisa teratasi dengan baik.

6. Buat papan tambahan di tempat strategis

Tidak dipungkiri, sesoerang yang bekerja di dalam ruangan memerlukan banyak catatan untuk memulai pekerjaannya.

Catatan tersebut biasanya memo untuk diri sendiri, dari orang lain, dan juga atasan Anda. Karena itu agar tidak lupa menyimpan catatan penting tersebut buatlah sebuah papan yang bisa disimpan di tempat yang strategis.

Tempat strategis yang dimaksud bisa dipasang di sisi meja Anda atau dipasang di depan meja kerja Anda apabila dekat dengan dinding. Jangan lupa sebelum ditempelkan ke dinding pastikan tidak merusak dinding kantor dan sudah seizin pihak yang bertanggung jawab.

Apabila sudah ditempatkan di tempat yang strategis, papan tersebut bisa diisi dengan memo atau catatan penting untuk panduan Anda ketika melaksanakan pekerjaan.

Cara menata ruang kerja ini akan efektif dilakukan bersama-sama dan masuk dalam instruksi atasan Anda. Karena dengan begitu atka akan ada lagi kesalahapahaman dalam bekerja.

7. Menambahkan kaca pada ruangan kerja

Cara menata ruang kerja dengan ukuran  minimalis bisa dilakukan dengan menambahkan kaca di ruangan tersebut.

Dengan memasang kaca pada ruangan kerja Anda akan berefek meluasnya ruangan minimalis . Hal tersebut juga bisa menghindari kejenuhan selama bekerja karena yang dipandang tidak hanya dinding saja melainkan kaca yang memantulkan seisi ruangan.

8. Menambahkan foto keluarga

Cara menata ruang kerja selanjutnya bisa menambahkan sebuah foto keluarga. Foto tersebut bisa dijadikan sebagai unsur penyemangat dan motivasi ketika Anda bekerja.

Untuk menyimpan photo keluarga bisa disimpan di atas meja dengan menggunakan figura. Atau menempelkannya di papan kerja yang Anda taruh di dinding.