25
Jan

Simak Cara Membuat Tangga Dari Baja Ringan

Simak Cara Membuat Tangga Dari Baja Ringan

Simak Cara Membuat Tangga Dari Baja Ringan –  Tangga pada umumnya di buat dar semen dan batako. Namun, tangga juga daat dibuat dengan baja ringan. Model tangga baja ringan ini cukup menarik, tangga ini bisa dijadikan sebagai elemen rumah yang dapat menjadi focal point juga dalam ruangan. Untuk membuat tangga baja ringan , beriku hal yang perlu anda siapkan.

  • Pastikan bahwa rencana pembuatan tangga ini dipikirkan secara matang. Sediakan pula gambar perencanaannya, agar proses pelaksanaan berjalan dengan mudah. Untuk merancang tangga yang sesuai, Anda dapat menggunakan tenaga ahli seperti arsitek, ahli sipil dan sebagainya.
  • Pembuatan tangga harus mengacu pada standar yang telah berlaku. Sebab tangga ini tidak hanya digunakan oleh orang dewasa saja, namun juga anak-anak hingga lansia. Untuk anak tangga idealnya menggunakan ketinggian 15-20 cm, agar aman dan tidak cepat merasa lelah. Untuk lebar anak tangga sendiri berukuran 28-30 cm, menyesuaikan dengan ukuran umum telapak kaki orang Indonesia. Point terakhir adalah minimal lebar tangga yakni 70 cm. Jika kurang dari angka tersebut, tangga akan cenderung terasa sempit dan tidak aman ketika digunakan.

Setelah memahami beberapa kriteria pembuatan tangga tersebut, sekarang sampailah pada langkah-langkah membuat tangga dari baja ringan yang dapat Anda lakukan. Berikut ini adalah detailnya, yakni:

  1. Mempersiapkan alat dan bahan

Sebelum membuat tangga dari baja ringan, Anda perlu menyiapkan alat dan bahan terlebih dahulu. Diantaranya adalah baja ringan itu sendiri, scaffolding atau tangga dan berbagai alat lain yang menunjang kegiatan pelaksanaan.

  1. Membuat garis acuan

Setelah semua alat telah dipersiapkan, pada area kerja Anda dapat membuat garis acuan tangga dengan menggunakan bantuan benang atau spidol, yang digoreskan pada dinding. Ukuran ini harus menyesuaikan dengan gambar kerja yang telah dirancang sebelumnya. Sebelum memulai proses perakitan, ukuran ini terlebih dahulu di cek menggunakan meteran.

  1. Merakit baja ringan

Selanjutnya, material baja ringan dalam bentuk tangga ini sebenarnya sudah dapat dipesan melalui pabrik. Namun Anda dapat menyesuaikannya kembali dengan ukuran tangga di rumah. Baja ringan tersebut kemudian dipasangkan ke posisi tangga.

  1. Proses finishing

Tara! Tangga baja ringan Anda telah siap digunakan! Apabila Anda ingin menyesuaikan warna tangga dengan warna cat rumah yang indah dan sejuk, hal ini tentunya dapat Anda lakukan. Jangan lupa untuk membersihkan kembali sisa pekerjaan Anda dengan alat kebersihan rumah.

 ARSITEK INDO KONTRAKTOR – KONTRAKTOR JOGJA | JASA BANGUN RUMAH JOGJA | KONTRAKTOR JOGJA | JASA ARSITEK JOGJA | KONTRAKTOR DI JOGJA | JASA GAMBAR 3D JOGJA | JASA DESAIN RUMAH JOGJA | BANGUN RUMAH JOGJA merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624