19
Feb

Sebelum diaplikasikan, Ketahui Fakta Desain Dapur Terbuka!

Sebelum diaplikasikan, Ketahui Fakta Desain Dapur Terbuka!

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Bosan dengan konsep interior dapur Anda yang ‘gitu-gitu’ saja? Mengapa tidak mengubah dapur Anda dengan konsep desain terbuka alias open kitchen? Desain dapur terbuka ini terbilang populer digunakan oleh banyak restoran dan cafe-cafe guna menarik para pelanggan yang datang, namun kini banyak rumah modern yang menerapkan konsep ini. Nah sebelum diaplikasikan, yuk ketahui dulu fakta desain dapur terbuka.

 

Kelebihan Desain Dapur Terbuka: Adanya Ruang Gerak yang Lebih Luas

Hasil gambar untuk Kelebihan Desain Dapur Terbuka: Adanya Ruang Gerak yang Lebih LuasDesain dapur terbuka yang didesain menyatu dengan ruang lainnya akan membuat ukurang area tersebut lebih luas. Dengan tersedianya ruangan yang lebih luas, aktivitas Anda di dapur akan lebih leluasa. Desain dapur terbuka memudahkan Anda saat ingin meletakkan masakan yang sudah matang ke area meja makan tanpa harus membuat Anda berpindah ruangan melewati sekat pembatas antara dapur dengan ruangan lainnya. Begitu juga ketika Anda harus meletakkan kembali peralatan makan ke dapur sehabis melakukan aktivitas makan bersama. Dapur dengan gaya desain terbuka sangat membantu Anda melakukan aktivitas di dapur tanpa merasa berada di ruangan yang sempit.

Kekurangan Desain Dapur Terbuka: Buat Aroma Masakan Menyebar ke Ruang Lain

Hasil gambar untuk Kekurangan Desain Dapur Terbuka: Buat Aroma Masakan Menyebar ke Ruang LainKarena dapur didesain dengan konsep terbuka, saat Anda melakukan aktivitas memasak di dapur, asap dan aroma masakan akan dengan mudah menyebar ke ruangan lain. Tentu saja, terkadang hal ini akan menganggu anggota keluarga atau tamu Anda yang berada di rumah Anda, misalkan saja di ruang tamu dan ruang keluarga. Tetapi tenang saja, Anda bisa mengatasi masalah tersebut. Anda bisa memasang cooker hood pada desain dapur Anda. Dengan alat tersebut, asap dan aroma masakan yang berada di dapur Anda dapat langsung tersedot saat Anda memasak. Hal tersebut tidak lagi menjadi masalah untuk Anda, apalagi untuk tamu dan keluarga Anda yang lain.

READ  Memilih Lahan Yang Baik

Kelebihan Desain Dapur Terbuka: Sirkulasi Udara dalam Dapur Lebih Lancar

Hasil gambar untuk Kelebihan Desain Dapur Terbuka: Sirkulasi Udara dalam Dapur Lebih LancarUmumnya, dapur yang didesain dengan konsep terbuka dilengkapi dengan bukaan besar atau jendela yang menuju taman atau area luar rumah. Jika Anda mendesain dapur terbuka dengan penataan seperti itu, udara dan cahaya matahari bisa masuk ke dalam ruang dapur dengan leluasa. Sirkulasi udara dan cahaya yang baik pun dapat Anda rasakan di dalam ruang dapur minimalis Anda dan akan membuat dapur terhindar dari suasana lembap, apalagi bau ruangan.

Kekurangan Desain Dapur Terbuka: Adanya Risiko Hama Masuk

Tidak semua desain dapur terbuka akan dimasuki oleh hama, tetapi risiko ini terjadi dan sering dialami pada dapur terbuka yang memiliki desain menyatu dengan halaman belakang.Anda tentu tidak ingin dapur terbuka Anda dimasuki hama. Hama tikus dan kecoak akan sangat menganggu aktivitas Anda bila Anda tidak menjaga dapur dengan baik. Apalagi saat hujan turun, cacing tanah yang ada di halaman bisa saja naik ke dapur jika Anda mendesain lantai dapur terlalu berdekatan dengan halaman. Untuk menghindar dari risiko hama, Anda perlu menyimpan makanan ataupun bahan makanan di tempat yang benar-benar tertutup dengan rapat. Selain itu, Anda juga harus langsung rajin membuang sampah ke tempat lain dan pastikan ada jarak yang cukup antar ruang dapur dan taman Anda agar hama yang ada di taman bisa Anda halau.

Kelebihan Desain Dapur Terbuka: Lebih Merasakan Suasana Keluarga yang Hangat

Hasil gambar untuk Kelebihan Desain Dapur Terbuka: Lebih Merasakan Suasana Keluarga yang HangatDapur dengan desain terbuka memiliki konsep yang ruangannya dibuat menyatu dengan ruang lainnya. Ruangan dengan desain terbuka akan memudahkan Anda berkomunikasi antara anggota keluarga yang sedang ada di dapur dan yang berada di ruangan lainnya. Pastinya desain ruangan tanpa sekat massif akan memberikan kesan yang lebih hangat antar penghuni rumah. Tidak hanya Anda saja, anggota keluarga Anda juga bisa merasa nyaman membantu anggota keluarga yang lain saat sedang melakukan aktivitas memasak di dapur.

READ  Ketahui Penyebab Kelapukan Meja Dapur

Kekurangan Desain Dapur Terbuka: Risiko Ruang Dapur Cepat Kotor

Biasanya desain dapur terbuka relatif lebih cepat kotor karena debu dari luar bisa saja mudah masuk ke ruang dapur tanpa Anda perhatikan dengan detail. Dengan begitu, banyak yang merasa khawatir karena dapur berisiko cepat kotor jika menerapkan kosenp terbuka pada dapur di dalam rumah. Apalagi jika musim hujan datang. Tempias air hujan bisa membasahi area dapur Anda. Untuk masalah tersebut, Anda bisa mengatasinya dengan memasang kanopi atau atap yang didesain dengan ukuran yang cukup untuk menutupi area perbatasan antara ruang dapur Anda dengan taman. Jadi, Anda tidak perlu khawatir saat musim hujan datang, dapur terbuka Anda akan tetap bersih dan terhindar dari kotor.

Kelebihan Desain Dapur Terbuka: Buat Ruangan Lebih Praktis

Ketika Anda memilih untuk menerapkan konsep terbuka pada desain rumah Anda. Terutama untuk ruang dapur, Anda bisa menggunakan satu furnitur yang bisa memiliki fungsi dalam dua ruangan. Misalkan saja adanya kitchen island fungsinya bisa melebur untuk dua ruangan. Anda bisa memanfaatkan kitchen island untuk tempat menghidangkan makanan atau menyiapkan makanan. Fungsi tersebut tergantug dengan kebutuhan Anda. Gaya desain dapur terbuka juga tidak perlu dipasang sekat masif yang didesain untuk membagi ruangan. Dengan tidak mendesain sekat di dalam rumah Anda, tentunya Anda memiliki menfaat dalam anggaran biaya Anda untuk mendesain rumah. Anda bisa saja menghemat anggaran dalam jumlah yang cukup banyak. Jika begitu, menerapkan konsep desain terbuka pada rumah patut Anda pertimbangkan.

Kekurangan Desain Dapur Terbuka: Dapur Perlu Perawatan Ekstra

Masih berhubungan dengan kebersihan dapur. Jika Anda memutuskan untuk menerapkan desain terbuka pada dapur Anda. Berarti Anda sudah siap meluangkan waktu untuk rutin memberishkan ruang dapur Anda. Anda tentu tidak ingin membiarkan dapur terbuka Anda menjadi kotor. Ruangan tersebut tidak akan nyaman dipandang, apalagi dapur terbuka bisa terlihat oleh tamu Anda dari ruangan lainnya. Jika Anda malas untuk membersihkan dapur, risiko karat akan muncul pada peralatan masak Anda. Belum lagi adanya debu dalam waktu lama yang bisa saja mengintai. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda rutin membersihkan dapur dan pastikan dapur Anda selalu dalam keadaan kering saat Anda tidak sedang menggunakannya.

READ  Desain Kamar Tidur Utama Membuat Rebahan Anda Semakin High Class